Kisah

Kisah Habib Ali Al-Habsyi Pengarang Simtud Duror Mendapat Ridha Ibunya

24 Feb 2021 11:13 WIB
4439
.
Kisah Habib Ali Al-Habsyi Pengarang Simtud Duror Mendapat Ridha Ibunya

Saat Habibana Ali bin Muhammad bin Husein al-Habsyi berusia 7 tahun, sang ibunda memanggil beliau dan berkata, "Hai Ali, engkau mau dapat ridhaku di dunia dan akhirat?"

"Iya, Ummi." Jawab beliau.

“Hai Ali, engkau mau dapat ridhaku di dunia dan akhirat.?”

“Iya, Ummi.” Jawab beliau.

“Kalau engkau mau dapat ridha dariku, ada syaratnya.” kata sang ibunda.

“Apa syaratnya, Ummi?”

“Engkau harus bertemu dengan datukmu, Rasulullah saw.” Jawab ummi beliau.

Habib Ali al-Habsyi yang masih kecil bingung. Dia tidak mengetahui bagaimana cara untuk bertemu dengan datuknya. Mulailah beliau mencari tahu dan belajar dengan guru-gurunya. Pergilah beliau ke salah satu tempat majelis ulama.

Kemudian dia berkisah tentang permasalahannya untuk mendapat ridha ibunya dengan cara seperti tadi.

Lalu gurunya berkata, “Hai Ali, kalau engkau ingin bertemu dengan Rasulullah saw. maka engkau harus mencintai beliau dahulu dan tak akan ada rasa cinta jika engkau tak kenal dengan yang dicinta.”

Belajarlah beliau tentang sejarah Baginda Nabi Muhammad saw.

Tidak hanya itu, setiap orang alim yang ada selalu ditanya tentang masalah ini. Walhasil, banyaklah guru beliau. Ada yang berkisah kalau guru beliau mencapai ribuan orang.

Seiring waktu berjalan, bertambahlah umur beliau sampai mencapai usia kurang lebih 20 tahun. Beliau akhirnya bermimpi bertemu datuknya, Rasulullah saw. Begitu terbangun dari tidurnya, beliau langsung memberitahu ibunya.

“Ya Ummi, Ali sudah bertemu Baginda Rasulullah saw.” Kata Habib Ali sambil menangis haru.

Tetapi, apa jawab ibunda beliau?

“Hai  Ali, di mana engkau bertemu beliau?” tanya ibunya.

“Di dalam mimpiku, Ummi.” kata Habib Ali.

“Hai Ali, pergi engkau dari hadapanku. Engkau bukan anakku!”

Menangislah beliau. Keinginan hati untuk menyenangkan sang ibu pupus sudah. Dalam kegelisahannya, beliau kembali bertanya kepada guru-gurunya, namun tak satu pun dapat menjawabnya. Mengapa ibu beliau justru marah setelah mendapat laporan beliau tentang mimpinya.

Pada suatu malam beliau kembali bermunajah untuk dapat bertemu datuknya, Rasulullah saw. Larut dalam tangisan tengah malam, tidurlah beliau. Dan alhamdulillah beliau kembali bertemu dengan Nabi Muhammad saw.

“Wahai kakekku, Rasulullah, anakmu ini ingin menanyakan tentang perihal ummi.” Kata Habib Ali kepada Rasulullah saw.”

“Duhai Ali anakku, sampaikan salamku kepada ibumu.” Jawab Rasulullah SAW di dalam mimpi Habib Ali.

Begitu bangun, beliau langsung mengetuk pintu kamar umminya sambil menangis tersedu-sedu.

“Duhai Ummi, anakmu telah bertemu lagi dengan Baginda Rasulullah saw. dan beliau kirim salam kepada Ummi.” Kata Habib Ali.

Tiba-tiba dari kamar, ibunda beliau keluar dan berkata,“Hai Ali, kapan dan di mana engkau bertemu datukmu saw.?”

“Aku bertemu beliau di dalam mimpiku.” Jawab Habib Ali dengan tangisan yang tak putus-putus.

“Pergi dari hadapanku, Ali! Engkau bukan anakku!” Jawabnya.

Jawaban sang ibu benar-benar meruntuhkan hati Habib Ali. Kemudian pintu kamar ibundanya tertutup lagi, meninggalkan beliau seorang diri.

Keesokan harinya beliau mengadu kembali kepada guru-gurunya namun tak satu pun dari mereka yang dapat menenangkan hati beliau. Semakin hari kegelisahannya semakin menjadi-jadi, setiap detik setiap saat beliau terus-terusan mengadu dan bermunajat serta bertawajuh kepada Allah dan Rasulullah saw.

Tibalah suatu malam, beliau hanyut jauh ke dalam lautan munajat dan mahabbah yang amat sangat dahsyat kepada Nabi Muhammad saw. Kemudian beliau sujud yang sangat lama, tiba-tiba dalam keadaan sujud beliau mendengar suara yang lemah lembut, “Hai Ali, angkat kepalamu! Datukmu ada di mata zhahirmu.”

Begitu Habib Ali al-Habsyi mengangkat kepalanya seraya membuka kedua pelupuk matanya perlahan-lahan, bergetarlah seluruh tubuh Habibana Ali. Beliau menangis dan berkata,“Marhaba bikum Ya Jiddi (Kakekku), Ya Rasulallah.”

Ternyata sosok tersebut adalah Rasulullah saw. berada di hadapan Habib Ali.

Kemudian Rasulullah saw. berkata, “Duhai anakku, sampaikan salamku kepada ummimu dan katakan kepadanya kalau aku menunggunya di sini!”

Seolah-olah gempa. Bergetar sekujur tubuh Habib Ali al-Habsyi. Beliau merangkak ke kamar ibundanya. “Ya Ummi, aku telah bertemu kembali dengan Rasulullah saw. dengan mata zhahirku dan beliau menunggu Ummi di kamar Ali.”

Ibunda beliau membuka pintu kamarnya seraya berkata, “Ini baru anakku, engkau telah mendapat ridha dariku.”

Masyaallah. Inilah didikan dari seorang ibu kepada anaknya untuk mencintai Rasulullah saw.

Ibnu Zen@
Ibnu Zen@ / 21 Artikel

Pernah nyantri di Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang di bawah asuhan KH. Maemun Zubair, Allahu Yarhamuh. Sekarang mengajar di di Pondok Pesantren An-Nasihun Kedungwuni Pekalongan.

NANANG SARWOAJI
15 February 2022
Saya sampai merinding berkali kali membaca dengan seksama cerita ini. Ingin rasanya air mata ini berlinang tapi sayang tak satupun yang menetes membasahi wajah yg kotor ini. Astaghfirullah astaghfirullah... Ya Allah ya rohman yaa Alloh ya rahim... Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian ini. Terima kasih wasalam.
Dee widayati
15 February 2022
‏اللهم صل وسلم وبارك علي سيدنا محمد وعلي اله وصحبه وسلم اجمعين 🌿🌺🌿 ‏اللهم صل وسلم وبارك علي سيدنا محمد وعلي اله وصحبه وسلم اجمعين 🌿🌺🌿 ‏اللهم صل وسلم وبارك علي سيدنا محمد وعلي اله وصحبه وسلم اجمعين 🌿🌺🌿
مغني
21 October 2022
اللهم صل على سيدنا محمد وآله و صحبه و سلم

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: