Artikel

Merenungi Ayat Al-Qur'an Untuk Menjadi Penenang Hati

11 Nov 2020 06:19 WIB
1624
.
Merenungi Ayat Al-Qur'an Untuk Menjadi Penenang Hati

Di kala hati merasa gundah, sedih, memiliki banyak kekhawatiran atau diri ini sedang menghadapi berbagai persoalan hidup, tidak ada yang bisa menenangkan hati selain mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Bagaimana cara untuk dekat pada-Nya?

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan, salah satu amalan terbaik adalah membaca Kalamullah. Kalamullah itu adalah kitab suci Al-Qur’an. Sesungguhnya di antara sebab yang bisa mendatangkan kecintaan Allah kepada seorang hamba adalah membaca Al-Qur’an dan memahami isinya.

Imam Ibnu Jauzi berkata, “Seseorang yang membaca Al-Qur’an, hendaknya melihat bagaimana Allah berlemah-lembut kepada makhluk-Nya dalam menyampaikan makna perkataan-Nya ke pemahaman mereka. Dan hendaknya ia menyadari, apa yang ia baca bukan perkataan manusia, hendaknya ia menyadari keagungan Dzat yang mengucapkannya dan hendaknya ia merenungi perkataan-Nya.”

Al-Qur’an merupakan bukti kecintaan-Nya. Karena Al-Qur’an memberikan petunjuk tentang Allah dan yang dicintai-Nya. Melalui Al-Qur’an, kita bisa mengetahui apa yang diperintahkan dan yang dilarang oleh Allah Swt, dan mengantarkan seorang hamba menuju cinta dan ridha-Nya.

Baca juga: Ayat-ayat Al-Qur’an dan Doa-doa untuk Memudahkan Persalinan

Ayat-ayat Yang Dapat Membuat Hati Tenang

Alkisah, ada hamba yang selalu bahagia dalam hidupnya. Tidak pernah terdengar keluhan, tidak pernah risau dan gelisah ketika cobaan datang. Ketika ditanya, bagaimana ia tetap merasa tenang, dia menjawab, “Aku belajar dari empat ayat Al-Qur’an dan dari sana aku belajar bahwa tidak ada tempat bagi kesedihan dan tidak ada waktu untuk mengeluh. Ayat tersebut adalah firman Allah Swt. berikut:

  • Surah Hud ayat 6

“Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)." (QS.Hud [11]: 6)

Tidak perlu cemas akan datangnya rezeki dari Allah Swt., karena Dia telah menjamin rezeki bagi seluruh umat-Nya. Yang perlu kita lakukan adalah berusaha dan bertawakal kepada-Nya.

  • Surah Fathir ayat 2

"Apa saja di antara rahmat Allah yang dianugerahkan kepada manusia, maka tidak ada yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan-Nya maka tidak ada yang sanggup untuk melepaskannya setelah itu. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana." (QS. Faṭhir [35]: 2)

Ketika Allah Swt., telah menurunkan rahmat untuk umat-Nya, maka tidak ada yang dapat mencegahnya.

  • Surah Al-Insyirah ayat 6

"Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan." (QS.Al-Insyirah [94]: 6)

Tidak usah khawatir, bersedih hati, ataupun menyerah, karena di setiap cobaan yang diberikan oleh Allah Swt. kepada umat-Nya pasti selalu ada jalan keluar yang Allah berikan. Tetaplah ikhtiar dan memohon pertolongan kepada Allah Swt.

  • Surah Al-An’am ayat 17

"Dan jika Allah menimpakan suatu bencana kepadamu, tidak ada yang dapat menghilangkannya selain Dia. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Mahakuasa atas segala sesuatu." (QS.Al-An‘ām [6]: 17)

Memiliki kebalikan dari surah Fathir ayat 2, bahwa sebaliknya ketika cobaan datang kepadamu, tidak ada yang dapat mencegahnya. Teruslah berikhtiar dan bertawakal, semua akan indah pada waktunya.

Percayalah bahwa Allah lebih mengetahui apa yang dibutuhkan oleh umat-Nya daripada umat-Nya sendiri.

Keutamaan Membaca Al-Qur'an

Adapun membaca Al-Qur'an memiliki banyak sekali keutamaan, antara lain sebagai berikut:

Pertama, Rasulullah SAW dalam sabdanya mengatakan bahwa orang yang membaca satu huruf ayat Al-Qur’an akan diberikan balasan oleh Allah Swt. 10 kali lipat.

Kedua, Allah Swt. akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Al-Qur’an, mempelajari isi kandungannya serta mengamalkannya setiap hari.

Baca juga: Ayat-ayat Langit dan Maknanya bagi Penduduk Bumi

Ketiga, Al-Qur’an diturunkan oleh Allah Swt. untuk menjadi obat segala macam penyakit kejiwaan. Sehingga, keutamaan membaca Al-Qur’an baik di rumah atau dimanapun akan mendapatkan ketenangan jiwa.

Keempat, akan mendapatkan syafaat atau pertolongan pada hari kiamat dan dimudahkan ketika menghadap Allah Swt. kemudian akan ditempatkan bersama malaikat-malaikat yang patuh kepada Allah dan selalu berbuat kebaikan.

Kelima, rumah yang digunakan untuk membaca Al-Qur’an akan dihadiri malaikat dan para penghuni rumah akan merasakan bahwa rumahnya luas.

Demikian itulah beberapa keutamaan membaca ayat-ayat Al-Qur’an dan inspirasi ayat yang dapat menjadi penenang hati, semoga banyak hikmah yang bisa dapat diambil dari tulisan ini agar selalu berbuat kebaikan yang disukai oleh Allah Swt. dan kita senantiasa rajin membaca serta mengamalkan isi Al-Qur’an karena Allah sendiri yang menjanjikan penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.

Nanda Annisa Ramadhani
Nanda Annisa Ramadhani / 1 Artikel

Mahasiswi Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IAIN Samarinda

Ryo
29 October 2021
Bagus bgt

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: