Buku

Misbah al-Dhalam, Kitabnya Para Pencari Syafaat Rasulullah

07 Aug 2021 09:00 WIB
2350
.
Misbah al-Dhalam, Kitabnya Para Pencari Syafaat Rasulullah

Judul lengkap kitab di atas adalah Misbah al-Dholam fi al-Mustaghitsin bi Khoir al-Anam 'alaih al-Shalah wa al-Salam fi al-Yaqdhoh wa al-Manam. Kalau diindonesiakan kurang lebih: "Pelita Kegelapan tentang Para Peminta Tolong kepada Hadhrotur Rosul Muhammad صلى الله عليه وسلم, baik di kala mereka sadar maupun di alam mimpi."

Kitab hebat ini ditulis oleh Imam Abu Abdullah Muhammad bin Musa bin Nu'man al-Mazali al-Marakisyi. Beliau diberi gelar akademisi sebagai al-Imam al-Muhaddits al-Faqih al-Qudwah. Setidaknya bisa kita tangkap bahwa beliau pakar hadits dan fikih sehingga sangatlah layak dijadikan imam dan panutan.

Sang penulis menggambarkan betapa heroiknya Hadhratur Rasul Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama dalam membela dan melindungi umatnya. Bahkan kehebatan beliau dalam melindungi umat ini tidaklah terbatas bagi kita sebagai manusia biasa yang bergelimangan dosa. Penulis menyebutkan bahwa Nabi Adam ‘alaihis salam ketika memohon maaf kepada Allah pun menyebut nama mulia Hadhratur Rasul sebagai wasilahnya.

Selanjutnya di bagian awal kitab tersebut, penulis menyebutkan hadits Syafaat ‘Udhma (pertolongan agung) Hadhratur Rasul Muhammad saw. di hari akhir nanti. Di saat nabi-nabi yang lain merasa tidak pantas memintakan syafaat untuk umat manusia, Hadhratur Rasul Muhammad saw. tampil sebagai al-Syafi' al-Musyaffa'.

Bahkan, masih di awal-awal kitab, penulis menceritakan penduduk neraka yang notabenenya masih memiliki iman, mengirimkan salam kepada Nabi Muhammad saw. melalui malaikat Jibril. Lalu malaikat penyampai wahyu itu melaporkan kepada Hadhratur Rasul bahwa masih ada orang mukmin yang berada di neraka. Kemudian kembalilah beliau sebagai penolong yang memintakan ampunan kepada Allah untuk mereka hingga tiada seorang mukmin pun yang tersisa di neraka. Mereka semua masuk surga walau hanya berbekal iman seberat biji sekalipun dengan wasilah Hadhratur Rasul Muhammad saw.

Lebih dalam kitab ini dibaca, akan kita temukan tidak hanya manusia saja yang membutuhkan pertolongan Nabi Muhammad saw., makhluk yang lain pun berwasilah kepada beliau. Tidak hanya di dunia ini saja, di akhirat nanti kita semua semakin membutuhkan beliau sebagai wasilah kita semua. Kita semua tidak akan pernah bisa lepas dari beliau.

اللهم صل على سيدنا محمد قد ضاقت حيلتي أدركني يا رسول الله

***

Deskripsi Kitab

Judul                   : Misbah al-Dholam fi al-Mustaghitsin bi Khoir al-Anam 'alaih al-Shalah wa al-Salam fi al-Yaqdhoh wa al-Manam.

Pengarang            : Imam Abu Abdullah Muhammad bin Musa bin Nu'man al-Mazali al-Marakisyi.

Penerbit                : Darul Kutub al-‘Ilmiyah, Beirut Lebanon

Link download     : klik di sini.


Ahmad Roziqi
Ahmad Roziqi / 32 Artikel

Alumni Al-Azhar Kairo Mesir Fakultas Syariah Islamiyah. Mudir Ma'had Ali Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang Jawa Timur.

Nurul hidayah
07 August 2021
Barokah masyayih pondok pesantren tebuireng

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: