Grand Syeikh al-Azhar Prof. Dr. Ahmed at-Tayeb merayakan Hari Ibu lewat postingan yang beliau unggah di akun media sosial resminya, Facebook dan Twitter pada Minggu (21/3)

Beliau mengirim pesan kepada setiap anak dengan menulis, “Selalulah ada untuk ibu-ibu kalian sebagaimana mereka selalu ada untuk kalian.”

Di Twitter, Syeikh Ahmed at-Tayeb menulis, “Ibu adalah perwujudan dari makna tertinggi cinta, pemberian, pengorbanan dan kesetiaan. Ibu adalah tempat berlindung di kala gundah, benteng jiwa di kala ketakutan. Allah swt. mengangkat derajatnya; menjadikan surga berada di bawah telapak kakinya. Nabi Muhammad saw. pun menegaskan sebuah wasiat untuk melaksanakan bakti kepadanya, ‘Ibumu, ibumu dan ibumu kemudian ayahmu.’ Selalulah ada untuk ibu-ibu kalian sebagaimana mereka selalu ada untuk kalian.”

Dikutip dari youm7.com (21/3), Majma’ al-Buhuts al-Islamiyah al-Azhar telah mengirimkan salam penghormatan dan penghargaan kepada setiap ibu di Mesir yang telah mempersembahkan apa saja yang paling berharga dan bernilai di mata mereka demi membesarkan putra-putri mereka dan berkorban unuk mencetak generasi bangsa yang berbudi mulia dan berbakti untuk tanah air.

Sejalan dengan itu, Sekretaris Jenderal Akademi Riset Islam di Al-Azhar, Dr. Nazhir Ayyad juga menyampaikan penghormatan dan apresiasi kepada setiap ibu yang menanggung kepahitan berpisah dengan putra-putra mereka karena wafat sebagai syahid demi melindungi negara dan bangsa agar seluruh masyarakat bisa hidup dengan tenang dan damai.

Beliau menjelaskan bahwa dalam momen peringatan Hari Ibu, seluruh pihak mesti meneguhkan peran dan fungsi ibu di tengah-tengah masyarakat. Seorang ibu adalah partner asasi dalam proses pembangunan dan pengembangan masyarakat. Ibu adalah sosok yang mendidik dan mempersiapkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan dan tegar mengatasi kesulitan dalam dinamika kehidupan.