Home News BBC Beri Fasilitas Siaran Agama Islam di Tengah Lock Down

BBC Beri Fasilitas Siaran Agama Islam di Tengah Lock Down

Pemerintah Inggris menutup semua tempat ibadah per 23 Maret lalu, menyusul penyebaran virus corona COVID-19 yang semakin masif di wilayah itu, dengan jumlah korban mencapai 3.000 lebih.

Sementara itu, Dewan Masjid Inggris mengumumkan pihaknya telah menutup kegiatan di lebih dari 375 masjid di seluruh wilayah Inggris, termasuk shalat Jumat dan shalat jamaah.

“Melindungi keselamatan komunitas merupakan hal yang paling penting. Caranya, kami meyakinkan banyak pengurtus di banyak masjid dan fasilitas shalat untuk menaati aturan ini, demi memperkecil peluang penyebaran virus corona,” kata Sekertaris Jendral Dewan Masjid Inggirs Harun Khan, dilansir dari BBC, 3 April 2020.

Diketahui, Sejumlah masjid besar di Inggris menampung banyak jamaah. Masjid Londong Timur misalnya, kapasitas jamaahya mencapai 7.000 orang, Masjid Pusat Londong, jamaahnya mencapai 5.000 orang, sementara Masjid Pusat Birmingham dihadiri lebih dari 2.500 per minggu.

Mengantisipasi kekosongan masjid itu, komunitas muslim di Inggris telah memanfaatkan sarana digital untuk menggantikan praktik ibadah yang ditangguhkan. Meski tak bisa sepenuhnya menggantikan pertemuan fisik seperti sedia kala, namun hal ini cukup menjawab persoalan itu.

Diperkirakan, dampak penutupan masjid itu akan semakin terasa saat bulan Suci Ramadhan tiba. Sesuai prediksi, bulan Ramadhan tahun ini akan jatuh pada minggu ketiga bulan April.

Tak ketinggalan, British Broadcasting Corporation (BBC) juga melakukan inovasi untuk memfasilitasi praktik keagamaan bagi umat muslim di Inggris. Khususnya dalam menyeiarkan khutbah.

BBC telah menyiarkan sejumlah prosesi keagaaman termasuk menyiarkan shalat di 14 radio lokal di Inggris. Untuk hari Jumat, pukul 5.50 waktu setempat, seorang imam akan memimpin siaran, membacakan al-Quran, hadis. 

Selanjutnya, imam tersebut akan menyampaikan artinya dalam bahasa Inggris lalu memberi penjelasan dengan konteks yang relevan. Acara tersebut akan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh imam di setiap masjid yang berbeda.

Sesuai dengan visinya, radio lokal bertugas menguhubungkan antar komunitas di daerah. “Radio lokal adalah tentang menghubungkan komunitas. Kami berharap, dengan program refleksi mingguan ini akan membantu umat muslim untuk terus terhubung dengan komunitasnya saat terisolasi,” ucap Kepala BBC Radio Lokal, Chris Burn.

Meski demikian, acara ini tak semulus yang diharapkan, siaran seperti itu pun menuai kritik dari masyarakat. Menaggapi hal itu, salah satu wartawan BBC Radio 4, Harry Farley menyatakan bahwa BBC juga telah menyiarkan keagamaan Kristiani pada hari Minggu.

“Bagi mereka yang mengeluh atau mempertanyakan tayangan ini, saya ingatkan bahwa BBC telah menyiarkan acara keagamaan Kristiani setiap hari Minggu pukul 8 di 39 stasiun radio lokal,” tukas Chris dalam cuitannya di Twiiter.

Untuk diketahui, jumlah kasus corona COVID-19 d Inggris telah mencapai 38.168 pada hari Jumat (3/4/2020), dengan jumlah kematian mencapai 3.605 orang. Korban itu juga merenggut sejumlah muslim. Salah satunya Areema Nasreen, yang merupajan perawat berusia 36 tahun dinyatakan sebagai korban virus corona COVID-19 muslim pertama di Inggris. 

Must Read

Sejumlah Masjid di Belanda Didanai Kelompok Fundamentalis

Komite Parlemen Belanda memperingatkan adanya beberapa masjid yang didanai asing. Pendanaan ini dicurigai untuk mempromosikan Islam garis keras, menurut laporan India Blooms...

Dosakah Orang Mampu Tidak Berkurban?

Harian elbalad.news pada Senin (6/7) membagikan beberapa fatwa dan hukum keagamaan yang bersumber dari lembaga keagamaan resmi Mesir. Salah satu persoalan yang...

Biografi Ibnu Daqiq al-Ied

Beliau dijuluki Ibnu Daqīq al-Īed sama seperti ayahnya. Julukannya bermula ketika kakeknya yang mana pada saat hari raya mengenakan jubah putih.

9 Pesan Al-Azhar untuk Atasi Pelecehan Seksual

Al-Azhar Fatwa Global Center menegaskan bahwa sexual harrasement atau pelecehan seksual adalah tindakan agresif yang bertentangan dengan semua nilai agama dan kemanusiaan,...

Syekh Ali Jum’ah: Apa yang Harus Suami Lakukan, Jika Istrinya Belum Bisa Shalat?

Seorang suami yang tengah bingung dengan apa yang terjadi pada pasangannya, menanyakan sesuatu pada Maulana Syekh Ali Jum'ah hafizhahullah dalam sebuah majelis....