Home Fatwa Fatwa Al-Azhar Soal Anak Kecil Jadi Imam Shalat

Fatwa Al-Azhar Soal Anak Kecil Jadi Imam Shalat

Melalui laman resmi Facebooknya, Al-Azhar Fatwa Global Center (Pusat Fatwa Al-Azhar) merilis jawaban atas pertanyaan seputar hukum anak kecil menjadi imam shalat.

Berikut jawabannya:

Para ulama fikih bersepakat bahwa anak kecil bukan termasuk orang yang dituntut untuk melakukan ibadah karena tidak tergolong mukallaf (orang yang dibebani untuk melakukan ibadah).

Akan tetapi kedua orang tua wajib mengajarkan shalat kepada anak-anaknya saat mereka menginjak tujuh tahun dan memukul (dengan kadar yang tidak sampai menyakitinya) mereka ketika enggan shalat saat menginjak usia 10 tahun, sebagaimana sabda Rasulullah Saw.,

مُرُوا أَوْلادَكُمْ بِالصَّلاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ

“Perintahkanlah anak-anak kalian ketika mereka berumur tujuh tahun, dan pukullah mereka (jika mereka tidak mau) shalat ketika mereka berumur sepuluh tahun, serta pisahkan tempat tidur di antara mereka.” (HR. Abu Dawud)

Mengenai anak kecil yang sudah mumayyiz menjadi imam dalam shalat, ada perbedaan pendapat di kalangan ulama fikih, tergantung pada shalat fardhu atau shalat sunnah. Mumayyiz atau tamyiz adalah anak kecil yang sudah mengerti hukum-hukum dasar dalam Islam dan bisa membedakan benar dan salah. Seperti anak usia 8 tahun sudah mengetahui kewajiban shalat dan puasa, lalu mengetahui keharaman berbohong, mencuri, dll.

Anak Kecil Menjadi Imam dalam Shalat Fardhu

Para ulama fikih dari kalangan Hanafiyah, Malikiyah, dan Hanbaliyah menyatakan bahwa anak kecil yang mumayyiz tidak sah menjadi imam bagi makmum yang sudah baligh dalam shalat fardhu, karena keimaman dalam shalat harus dalam keadaan sempurna, sementara anak kecil belum mencapai kesempurnaan itu karena terkadang ia melanggar sebagian dari syarat-syarat sahnya shalat.

Sedangkan menurut ulama fikih dari kalangan Syafi’iyah, kemudian Al-Hasan Al-Bashri, Ishaq, dan Ibnu Al-Mundzir, anak kecil mumayyiz sudah sah menjadi imam bagi makmum baligh, sesuai dengan keumuman sabda Rasulullah Saw.,

يَؤُمُّ الْقَوْمَ أَقْرُؤُهُمْ لِكِتَابِ اللهِ

“Yang menjadi imam adalah orang yang paling banyak hafalan Al-Qur’annya.” (HR. Muslim)

Dan juga sesuai riwayat Al-Bukhari yang menyebutkan bahwa salah seorang sahabat bernama Amr bin Salamah ra. pernah menjadi imam shalat bagi kaumnya sementara ia belum baligh (baru berusia sekitar 6 atau 7 tahun).

Anak Kecil Menjadi Imam dalam Shalat Sunnah

Mayoritas ulama fikih menyatakan bahwa anak kecil sah menjadi imam dalam shalat sunnah, karena ada unsur takhfif (peringanan) dalam shalat tersebut.

Akan tetapi menurut pendapat yang terpilih dalam kalangan Hanafiyah dan pendapat masyhur dalam kalangan Malikiyah, serta satu riwayat dari kalangan Hanbaliyah, anak kecil tetap tidak boleh menjadi imam dalam shalat sunnah, sama seperti dalam shalat fardhu.

Dari berbagai pendapat di atas, yang Al-Azhar pilih untuk dijadikan fatwa adalah pendapat ulama yang mengatakan bahwa anak kecil sah menjadi imam shalat jika bacaan Al-Qur’annya bagus sesuai tajwid serta mengetahui syarat-syarat sah shalat, terlebih lagi jika tidak ditemukan orang yang hafalan Al-Qur’annya lebih banyak daripada dirinya.

Arif Khoiruddin
Arif Khoiruddin, Lc., lulusan Universitas Al-Azhar Mesir. Pengajar di Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan. Tinggal di Pati. Penggila Real Madrid.

Must Read

Sejumlah Masjid di Belanda Didanai Kelompok Fundamentalis

Komite Parlemen Belanda memperingatkan adanya beberapa masjid yang didanai asing. Pendanaan ini dicurigai untuk mempromosikan Islam garis keras, menurut laporan India Blooms...

Dosakah Orang Mampu Tidak Berkurban?

Harian elbalad.news pada Senin (6/7) membagikan beberapa fatwa dan hukum keagamaan yang bersumber dari lembaga keagamaan resmi Mesir. Salah satu persoalan yang...

Biografi Ibnu Daqiq al-Ied

Beliau dijuluki Ibnu Daqīq al-Īed sama seperti ayahnya. Julukannya bermula ketika kakeknya yang mana pada saat hari raya mengenakan jubah putih.

9 Pesan Al-Azhar untuk Atasi Pelecehan Seksual

Al-Azhar Fatwa Global Center menegaskan bahwa sexual harrasement atau pelecehan seksual adalah tindakan agresif yang bertentangan dengan semua nilai agama dan kemanusiaan,...

Syekh Ali Jum’ah: Apa yang Harus Suami Lakukan, Jika Istrinya Belum Bisa Shalat?

Seorang suami yang tengah bingung dengan apa yang terjadi pada pasangannya, menanyakan sesuatu pada Maulana Syekh Ali Jum'ah hafizhahullah dalam sebuah majelis....