Berita

150 Keluarga Kerajaan Saudi Terjangkit Corona, Raja dan Anaknya Kabur

09 Apr 2020 02:38 WIB
2366
.
150 Keluarga Kerajaan Saudi Terjangkit Corona, Raja dan Anaknya Kabur

Sekurangnya 150 keluarga kerajaan Arab Saudi terinfeksi virus corona COVID-19. Satu di antaranya Pangeran Faisal bin Bandar bin Abdulaziz Al Saudi, yang juga merupakan Gubernur Riyadh.

Pangeran Faishal berusia 70 tahun. Saat ini sedang dirawat intenif di rumah sakit, dikutip dari New York Times, Kamis (9 April 2020), setelah melakukan klarifikasi kepada dokter, pihak rumah sakit serta keluarga terdekat pangeran.

Sementara itu, Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammad bin Salman dikabarkan telah mengasingkan diri untuk menghindari pandemi corona.

Tenanga medis kerajaan akan memprioritaskan pasien dari kaum elit kerajaan. Hal itu dikonfirmasi oleh petugas medis di fasilitas elit Rumah Sakit Spesialis Raja Faisal. “Kami belum bisa memastikan berapa jumlah kasus selanjutnya, yang jelas kami terus waspada,” katanya.

RS Spesialis Raja Faisal hanya menerima pasien dengan simpotomatis kronis, selebihnya akan dipindahkan ke rumah sakit. Hal itu bertujuan agar fasilitas elit itu siap menampung pasien dari kalangan bangsawan Saudi saja.

Diketahui, terdapat ribuan pangeran Arab Saudi yang bepergian secara teratur ke Eropa. Diyakini banyak dari mereka yang terjangkit lalu membawa virus itu ke dalam negeri. Hingga saat ini, dari 33 juta warga Arab Saudi, terdapat 2.932 kasus positif dan 41 orang dilaporkan meninggal dunia.

Sejak awal Maret lalu, pihak kerajaan telah mengummkan penutupan sementara ibadah umroh. kerajaan juga telah melarang keras perjalanan keluar dan masuk kenegara itu.

Di dalam negeri, bepergian antar provinsi pun telah diawasi dengan ketat. Terdapat empat provinsi dan lima kota penting di Saudi yang telah memberlakukan lockdown, menutup seluruh aktivitas selama 24 jam nonstop. 

Selanjutnya, mengenai keputusan haji tahun 2020, belum ada keputusan resmi yang dikeluarkan pihak kerajaan. Ibadah haji tahun ini dijadwalkan akan berlangsung pada Juli. Tahun lalu, Saudi menjamu sekitar 2,5 juta jamaah haji.

Dikutip dari Aljazeera (9/4/2020), sebagian besar warga yang terinfeksi virus corona COVID-19 di Arab Saudi merupakan pekerja kasar di sekitar Mekah dan Madinah.

Sementara itu, Masih dari sumber yang sama, Raja Salman yang berusia 84 tahun telah mengasingkan diri di sebuah pulau di dekat Jeddah. Sedangkan Putra Mahkota Mohammad bin Salman mengasingkan diri di salah satu wilayah terpencil di pantai Laut Merah.

Diperkirakan, terdapat 15.000-an jumlah anggota keluarga Kerajaan Arab Saudi.  

Redaksi
Redaksi / 440 Artikel

Sanad Media adalah sebuah media Islam yang berusaha menghubungkan antara literasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Mengampanyekan gerakan pencerahan melalui slogan "membaca sebelum bicara". Kami hadir di website, youtube dan platform media sosial. 

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: