Ibadah

Amalkan doa ini saat terdesak minum sambil berdiri

20 Jul 2022 08:04 WIB
291
.
Amalkan doa ini saat terdesak minum sambil berdiri Hindari minum dengan berdiri.

Di antara resep kesehatan dari Nabi Muhammad Saw adalah ketika minum dianjurkan duduk, sebab jika minum dengan berdiri, niscaya akan berdampak negatif pada kesehatan.

Rasulullah sendiri memang pernah minum dalam keadaan berdiri, namun hanya dalam keadaan mendesak. Beliau memerintahkan bagi mereka yang minum dengan berdiri, untuk memuntahkan minumannya.

Lebih lanjut, Ibnu qayyim al-Jauziyyah menyebutkan beberapa efek buruk yang didapat jika minum berdiri.

Beliau berkata:

وَلِلشُّرْبِ قَائِمًا آفَاتٌ عَدِيدَةٌ مِنْهَا: أَنَّهُ لَا يَحْصُلُ بِهِ الرِّيُّ التَّامُّ، وَلَا يَسْتَقِرُّ فِي الْمَعِدَةِ حَتَّى يَقْسِمَهُ الْكَبِدُ عَلَى الْأَعْضَاءِ وَيَنْزِلَ بِسُرْعَةٍ وَحِدَّةٍ إِلَى الْمَعِدَةِ فَيُخْشَى مِنْهُ أَنْ يُبَرِّدَ حَرَارَتَهَا، وَيُشَوِّشَهَا، وَيُسْرِعَ النُّفُوذَ إِلَى أَسْفَلِ الْبَدَنِ بِغَيْرِ تَدْرِيجٍ، وَكُلُّ هَذَا يَضُرُّ بِالشَّارِبِ، وَأَمَّا إِذَا فَعَلَهُ نَادِرًا أَوْ لِحَاجَةٍ لَمْ يَضُرَّهُ، وَلَا يُعْتَرَضُ بِالْعَوَائِدِ عَلَى هَذَا، فَإِنَّ الْعَوَائِدَ طَبَائِعُ ثَوَانٍ، وَلَهَا أَحْكَامٌ أُخْرَى، وَهِيَ بِمَنْزِلَةِ الْخَارِجِ عَنِ الْقِيَاسِ عِنْدَ الْفُقَهَاءِ.

Di antara efek buruk dari minum berdiri adalah:

1. Sirkulasi air tidak sempurna.

2. Air turun dengan cepat ke perut, maka dikhawatirkan akan mendinginkan suhu perut  dan bahkan bisa menganggu fungsinya.

3. Tidak adanya filter dari organ tubuh, sebab airlangsung turun menuju bagian bawah badan tanpa adanya gradual atau filter. Kesemuanya ini membahayakan badan, namun jika dilakukan dalam porsi yang jarang, maka potensi adanya dampak negatif itu sedikit. (Zad Al-ma’ad fi hady khair al-ibad juz 4 halaman 210 PDF)

Syekh Abu Bakar Syatha Ad-Dimyathi menjelaskan trik untuk mencegah dampak negatif dari minum berdiri, beliau mengatakan:

ويسن لمن شرب قائما أن يقول اللّهم صلِّ عَلَى سيِّدِنا محمّدٍ الذِي شَرِبَ الْمَاءَ قائِمًا وقاعِدًا

فإنه بسبب ذلك يندفع عنه الضرر. وذكر الحكماء أن تحريك الشخص إبهامي رجليه حال الشرب قائما يدفع ضرره.

Disunnahkan bagi orang yang minum dalam keadaan berdiri, untuk membaca shalawat:

اللّهم صلِّ عَلَى سيِّدِنا محمّدٍ الذِي شَرِبَ الْمَاءَ قائِمًا وقاعِدًا

Allahumma Shalli ala sayyidina muhammadin al-ladzi syariba al-ma'a qaiman wa qaidan

Niscaya ia akan terhindar dari dampak buruk minum dalam keadaan berdiri. Para ahli hikmah pun menyebutkan, bahwa dengan menggerak-gerakkan dua jempol kaki (kanan-kiri) ketika minum dalam keadaan berdiri, dapat mencegah efek negatif dari minum sambil berdiri. (Hasyiyah I'anah at-thalibin ala hall alfadz fath al-mu'in juz 3 halaman 417, PDF)

Demikianlah trik untuk mencegah dampak buruk minum sambil berdiri. Namun seyogyanya minum dalam keadaan berdiri tetap dihindari, agar terjauhkan dari efek dan dampak buruknya.

Ahmad Hidhir Adib
Ahmad Hidhir Adib / 63 Artikel

Asal dari Pasuruan. Sekarang menempuh studi program Double degree di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada program studi PAI dan Fikih Muqaran dan tinggal Wisma Ma’had Aly UIN Malang. 

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: