Youtube

Ulama Al-Azhar Terangkan Cara Menghadapi Paham Radikal

29 Mar 2021 08:42 WIB
1623
.
Ulama Al-Azhar Terangkan Cara Menghadapi Paham Radikal Syekh Usamah Sayyid al-Azhari

Ulama Al-Azhar Asy-Syarif menerangkan bagaimana menghadapi paham radikalisme seperti Kelompok Khawarij yang gemar mengkafirkan.

Syekh Usamah Sayyid al-Azhari mengatakan jika terjadi konfrontasi pemikiran antara kita dengan kelompok yang melenceng apapun nama dan slogan mereka, maka cara paling kuat dan bekal untuk menghadapinya adalah dengan keberanian menghadapi langsung, tidak takut dan jangan ragu-ragu.

Syekh Usamah al-Azhari kemudian mencontohkan bagaimana Khawarij sebagai kelompok menyimpang pertama dalam sejarah Islam dikonfrontasi secara berani oleh Abdullah ibnu Abbas sepupu Rasulullah saw.

Pertama kali Ibnu Abbas melihat kemunculan Khawarij, beliau memberikan pesan kepada kita tentang sikap cerdas, tegas dan berani dalam menghadapi langsung kelompok menyimpang itu.

Bekal ini penting karena di era modern seperti sekarang, kita menghadapi pemikiran Khawarij dengan berbagai nama dan slogannya seperti ISIS, Ikhwanul Muslimin, Al-Qaeda dan Boko Haram.

Ditegaskan Syekh Usamah, kita harus bisa lebih kuat supaya dapat membangun metode konfrontasi seperti yang telah ditempuh Ibnu Abbas saat mendebat Khawarij.

Keberanian Ibnu Abbas menguliti pemikiran Khawarij diceritakan oleh muridnya, Syekh Ibnu Walid al-Hanafi.

Di terik siang hari yang panas, saat tiba waktu shalat Zuhud Ibnu Abbas meminta kepada Khalifah Ali bin Abi Thalib untuk tidak lansung shalat Jamaah. Sepupunya itu meminta dia menunda sebentar. Tepat saat itulah, dia mengutarakan keinginan untuk menemui kelompok Khawarij.

Meski dilarang oleh Ali, namun Ibnu Abbas tetap bersikukuh. Di sinilah momen penting keberanian Ibnu Abbas mendebat pemikiran kelompok Khawarij hingga banyak dari mereka yang bertobat dan kembali ke barisan Ali.Kisah ini diceritakan oleh Syekh Usamah al-Azhari dalam video berikut:

Profil Singkat Syekh Usamah Sayyid Al-Azhari 

Beliau termasuk ulama muda al-Azhar asal kota Alexandria. Beliau gemar menyebarkan pemahaman yang digali dari turats untuk mengkontekstualisasikan dengan kenyataan zaman sekarang.

Syekh Usamah al-Azhari saat ini menjabat sebagai penasehat agama kepresidenan Mesir.

Beliau menulis banyak kitab termasuk Al-Haqq al-Mubin fi ar-Radd 'ala Man Tala'aba bi ad-Din dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Islam Radikal, Telaah Kritis Radikalisme dari Ikhwanul Muslimin hingga ISIS.

 

 

Redaksi
Redaksi / 440 Artikel

Sanad Media adalah sebuah media Islam yang berusaha menghubungkan antara literasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Mengampanyekan gerakan pencerahan melalui slogan "membaca sebelum bicara". Kami hadir di website, youtube dan platform media sosial. 

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: