Youtube

Dari Imam al-Bukhari hingga ar-Razi, testimoni ulama tentang cinta tanah air

25 Aug 2023 08:00 WIB
1480
.
Dari Imam al-Bukhari hingga ar-Razi, testimoni ulama tentang cinta tanah air Syekh Usamah Sayyid al-Azhari.

Agama Islam memposisikan tanah air sebagai sesuatu yang luhur dan berharga. Diisyaratkan dalam al-Quran bahwa meninggalkan tanah air sebanding dengan membunuh diri sendiri. 

Berikut beberapa testimoni ulama dari berbagai disiplin ilmu yang menerangkan tentang cinta tanah air sebagaimana dijelaskan Syekh Usamah Sayyid al-Azhari.

Imam Fakhruddin Razi dalam tafsir Mafatihul-Ghaib berkata, "Sungguh, penderitaan berpisah dari tanah air setara dengan penderitaan kehilangan nyawa."

Ibnu Hajar dalam syarah Fathul Bari, berkata, "Dalam hadis ini (saat Nabi bergegas menuju Madinah sepulang dari perjalanan) terdapat dalil atas keabsahan mencintai tanah air dan merindukannya."

Kemudian Imam Qarafi dalam kitab adz-Dzakhirah fil Fiqh, berkata, "Di antara tujuan (yang harus dicapai seorang mukalaf) dalam berhaji adalah menyempurnakan jiwa dengan menanggung penderitaan berpisah dari tanah air."

Selanjutnya Imam Abu Nu'aim dalam Hilyatul-Auliya menukil pernyataan Ibrahim bin Adham, "Aku tidak pernah merasa lebih menderita atas apa pun yang aku tinggalkan daripada berpisah dari tanah air."

Dari testimoni para ulama di atas, kita jadi lebih meyakini bahwa tanah air memiliki kedudukan yang sangat agung di mata syariat, dan mencintai tanah air merupakan manifestasi dari keimanan.

Simak selengkapnya penjelasan Syekh Usamah Sayyid al-Azhari dalam video berikut:

Redaksi
Redaksi / 440 Artikel

Sanad Media adalah sebuah media Islam yang berusaha menghubungkan antara literasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Mengampanyekan gerakan pencerahan melalui slogan "membaca sebelum bicara". Kami hadir di website, youtube dan platform media sosial. 

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: