Youtube

Habib Ali al-Jufri jelaskan alasan Tahun Baru Hijriyah diperingati pada bulan Muharram

18 Jul 2023 04:09 WIB
1190
.
Habib Ali al-Jufri jelaskan alasan Tahun Baru Hijriyah diperingati pada bulan Muharram Habib Ali al-Jufri.

Tahun Baru Hijriyah merupakan peristiwa yang penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Pergantian Tahun Baru Hijriyah ditandai dari tanggal 1 Muharram dan terhitung dari peristiwa hijrah Nabi ke Madinah.

Habib Ali al-Jufri antara lain mengatakan ada hikmah luar biasa di balik pemilihan hijrah Nabi sebagai awal penanda dalam penanggalan tahun hijriyah, sekaligus pemilihan bulan Muharram menjadi awal tahun Hijriyah.

Seperti diketahui, terdapat beberapa perdebatan mengenai pemilihan bulan awal tahun dalam sistem penanggalan Hijriyah. Meskipun begitu, Muharram tetap menjadi pilihan yang akhirnya diterima dan digunakan oleh umat Muslim hingga saat ini.

Resapi hikmah luar biasa di balik penanggalan Tahun Baru Hijriyah dalam ceramah Habib Ali al-Jufri yang telah diterjemahkan oleh tim Youtube Sanad Media:

Redaksi
Redaksi / 440 Artikel

Sanad Media adalah sebuah media Islam yang berusaha menghubungkan antara literasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Mengampanyekan gerakan pencerahan melalui slogan "membaca sebelum bicara". Kami hadir di website, youtube dan platform media sosial. 

Murtawa
26 March 2024
Subhanallah

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: