Youtube

Hikmah penyebutan nama hari Jumat dan Sabtu dalam al-Quran

10 Aug 2023 10:06 WIB
1124
.
Hikmah penyebutan nama hari Jumat dan Sabtu dalam al-Quran Syekh Muhammad Mutawalli asy-Sya'rawi.

Saat membaca al-Quran, kita akan menemukan dua nama hari yang disebutkan langsung oleh Allah. Dua hari itu adalah Jumat dan Sabtu. 

Di antara keunikan penamaan dua hari ini adalah bahwa keduanya tidak masuk dalam urutan nama bilangan hari dalam seminggu. 

Kita tahu bahwa bilangan hari dalam seminggu berjumlah tujuh. Ahad berarti pertama, Senin berarti dua, Selasa berarti tiga, Rabu berarti empat, dan Kamis berarti lima. Berarti tersisa dua hari. 

Jika mengikuti urutan bilangan, maka hari selanjutnya adalah Sadis atau Sudas (enam) dan Sabi' atau Suba' (tujuh). Tapi dua hari ini tidak dinamakan demikian. Justru dua hari itu disebut Jumat dan Sabtu.

Apa hikmah di balik hari Jumat dan Sabtu? Mari simak penjelasan Syekh Muhammad Mutawalli asy-Sya'rawi dalam video berikut:

 

Redaksi
Redaksi / 439 Artikel

Sanad Media adalah sebuah media Islam yang berusaha menghubungkan antara literasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Mengampanyekan gerakan pencerahan melalui slogan "membaca sebelum bicara". Kami hadir di website, youtube dan platform media sosial. 

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: