Youtube

Hukum menggunakan pengeras suara saat shalat

02 Apr 2022 12:18 WIB
3253
.
Hukum menggunakan pengeras suara saat shalat Syekh Athiyah Shaqar, ulama besar al-Azhar Mesir.

Pengeras suara umum dipakai oleh masjid untuk menjadi media kumandang suara azan. Hampir tidak ada masjid, musholla dan tempat ibadah pada zaman sekarang yang tidak memasang pengeras suara.

Selain itu, terkadang pengeras suara juga digunakan untuk shalat. Sehingga suara orang shalat di dalam masjid dapat terdengar sampai di luar.

Azan adalah pengumuman atas tibanya waktu shalat. Pengeras suara membantu azan menjangkau masyarakat luas. Di samping itu, ada keutamaan besar yang didapatkan oleh muazin dari tiap azan yang dikumandangkannya.

Penggunaan pengeras suara di dalam masjid atau secara umum tempat ibadah seyogianya perlu memperhatikan aspek maslahat dan manfaat. 

Berikut penjelasan dari ulama Mesir Syekh Athiyah Shaqar, saat ditanya tentang bagaimana hukum menggunakan pengeras suara saat shalat.

Syekh Athiyah Shaqar merupakan salah satu ulama besar al-Azhar. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Fatwa Al-Azhar. Beliau juga tercatat sebagai anggota Akademi Riset Islam Al-Azhar yang biasanya diisi oleh ulama-ulama dan guru besar Universitas al-Azhar.

Redaksi
Redaksi / 439 Artikel

Sanad Media adalah sebuah media Islam yang berusaha menghubungkan antara literasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Mengampanyekan gerakan pencerahan melalui slogan "membaca sebelum bicara". Kami hadir di website, youtube dan platform media sosial. 

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: