Youtube

Ulama al-Azhar kisahkan kesetiaan Rasulullah kepada Khadijah

18 Apr 2022 02:46 WIB
762
.
Ulama al-Azhar kisahkan kesetiaan Rasulullah kepada Khadijah Syekh Ahmad Umar Hasyim, salah satu anggota di Dewan Ulama Senior al-Azhar dan disebut-sebut sebagai Amirul mukminin dalam bidang hadits zaman sekarang.

Khadijah istri pertama Rasulullah wafat pada tanggal 10 Ramadhan. Beliau dinikahi Nabi dalam usia 40 tahun. Khadijah adalah putri Khuwailid salah satu pembesar Mekkah. 

Bagi umat Islam, Sayyidah Khadijah adalah Ummul Mukminin pertama. Beliau adalah ibu dari seluruh putra-putri Rasulullah kecuali Ibrahim. 

Khadijah merupakan orang pertama yang mengimani dakwah Islam dan orang pertama yang wudhu dan shalat setelah Rasulullah.

Pernikahan Rasulullah dengan Khadijah berlangsung selama 24 tahun 6 bulan hingga wafatnya. Selama Khadijah hidup, Nabi tidak menikah dengan wanita lain.

Rasulullah pernah menyebut Khadijah sebagai sosok pemimpin kaum wanita di surga. Nabi bersabda, "Sebaik-baik wanita ahli surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fathimah binti Muhammad, Asiyah binti Muzahim (istri Fir'aun) dan Maryam binti Imran."

Sayyidah Khadijah wafat pada tanggal 10 Ramadhan tiga tahun sebelum Nabi hijrah dalam usia 65 tahun.

Wafatnya Khadijah meninggalkan kesedihan amat mendalam di hati Rasulullah. Sampai-sampai tahun wafatnya disebut dengan 'Amul Huzn (Tahun Kesedihan). Pada tahun itu pula Nabi ditinggal Abu Thalib paman yang merawat dan melindunginya sedari keci.

Sepanjang hidupnya, Sayyidah Khadijah merupakan sosok istri shalehah yang selalu membantu Nabi berbuat kebaikan bahkan sebelum diutus menjadi rasul. Khadijah istri yang menyokong dan  menguatkan perjuangan dakwah Nabi dan menjadi pelipur lara yang meringankan beban dan kesedihan suaminya usai mendapat penolakan dari orang-orang kafir Quraisy.

Dalam riwayat disebutkan bahwa Khadijah meyakinkan Nabi usai menerima wahyu, "Demi Allah, tidak akan mungkin Allah mengecewakanmu."

Salah seorang ulama besar al-Azhar Syekh Ahmad Umar Hasyim mengisahkan kesetiaan Rasulullah saw. dan Sayyidah Khadijah selama mengarungi bahtera rumah tangga. 

Videonya telah diterjemahkan oleh tim Youtube Sanad Media dan dapat disimak di link berikut:

Redaksi
Redaksi / 404 Artikel

Sanad Media adalah sebuah media Islam yang berusaha menghubungkan antara literasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Mengampanyekan gerakan pencerahan melalui slogan "membaca sebelum bicara". Kami hadir di website, youtube dan platform media sosial. 

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: