Tokoh

Ketawadluan Syeikh Abdullah Al-Harari

13 Apr 2021 10:32 WIB
1762
.
Ketawadluan Syeikh Abdullah Al-Harari

Suatu ketika Syeikh Abdullah mengisi mengisi majelis taklim umum yang di hadiri oleh bapak-bapak dan ibu-ibu. Beberapa keluarga mengajak juga anak-anaknya. Ruangan majelis pun penuh akan hadirin. Dan Syeikh Abdullah menyampaikan ilmu agama kepada masyarakat dengan sabar dan telaten. Seringkali beliau mengulang suatu permasalahan beberapa kali agar hadirin mudah dalam memahami dars yang beliau sampaikan.

Tak terasa, satu jam sudah berlalu. Dan selama itu pula Syeikh Abdullah tidak merubah posisi duduknya apalagi beranjak darinya. Beliau pun ingin merenggangkan saraf-saraf otot agar tidak mengencang dan keram. Dengan lirih beliau berkata kepada anak kecil yang berada di hadapan beliau

“Nak, apakah kamu mengizinkan saya untuk menjulurkan kaki?”

Dengan polos anak kecil itu menganggukkan kepala sebagai tanda setuju. Setelah itu ia kembali bermain dengan mainannya. Iya, bermain sambil mendengarkan curahan ilmu dan nasihat dari Syeikh Abdullah Al-Harari.

Mendapat izin dari anak kecil itu, Syeikh Abdullah terlihat begitu sumringah. Bahagia seolah mendapat kabar yang menggembirakan. Barulah setelah itu beliau mulai merenggangkan kedua kakinya agar tidak mengencang saraf ototnya dan tidak keram.

Kisah ini saya dengar langsung dari Syeikh Jamil Halim Al-Husaini, kemudian beliau menyampaikan pesan tersirat dari cerita tersebut:

“Lihatlah ketawadluan Syeikh Abdullah Al-Harari, bagaimana beliau yang sudah lanjut usia, mengisi dars yang tidak sebentar, lalu hanya untuk merenggangkan kaki, beliau terlebih dahulu meminta izin kepada seorang anak kecil. Tidak ada beliau menyepelekan anak kecil, bahkan beliau menyayangi dan memuliakannya. Alangkah indahnya akhlak guru kita. Tidaklah kita malu untuk membanggakan diri dihadapan orang lain, padahal ilmu kita tidak ada apa-apanya dibandingkan Syeikh Abdullah Al-Harari. Dan beliau dengan keluasan ilmunya, tetap berlaku rendah hati kepada seseorang yang jauh lebih muda darinya bahkan yang belum baligh sekalipun. Semoga kita bisa meneladani ketawadluan guru kita, Syeikh Abdullah Al-Harari.”

2 Ramadlan merupakan tanggal wafatnya Syeikh Abdullah Al-Harari. Beliau dimakamkan di Beirut Lebanon, samping Masjid Burj Abu Haidar. Dengan gigih beliau ajarkan ilmu agama kepada masyarakat Lebanon. Beliau hidupkan kembali semarak ilmu agama di daratan Negeri Syam ini. Tak hanya mengajarkan akidah Ahlussunnah Wal Jama'ah, akidah Rasulullah dan para shahabat bahwa Allah ada tidak serupa dengan makhluk-Nya dan ada tanpa tempat, beliau juga mengajarkan akhlak mulia, salah satunya tawadlu'. Beliau senantiasa berlaku rendah hati baik kepada orang yang lebih tua maupun yang lebih muda, bahkan anak kecil sekalipun. Tidak hanya secara lisan namun juga melalui perbuatan langsung. beliau nasihati orang lain dengan keteladanannya sebelum perkataannya.

Mari kita hadiahkan bacaan surah al-Fatihah untuk Syeikh Abdullah Al-Harari. Lahul Fatihah.

Beirut, 12 April 2020 / 30 Sya'ban 1442

 


Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: