Berita

Grand Syeikh Al-Azhar Apresiasi Kunjungan Paus Fransiskus ke Irak

07 Mar 2021 12:53 WIB
256
.
Grand Syeikh Al-Azhar Apresiasi Kunjungan Paus Fransiskus ke Irak

Grand Syeikh al-Azhar mengapresiasi kunjungan Paus Fransiskus ke Irak. Syeikh Ahmed at-Tayeb menyebut lawatan Pemimpin Gereja Katolik itu sebagai kunjungan bersejarah dan penuh keberanian.

"Kunjungan Paus Fransiskus ke Irak mencerminkan kesempatan besar untuk meneguhkan perdamaian," kata Syeikh Ahmed at-Tayeb dikutip al-Bayan Jumat (5/3).

Ketua Umum Majelis Hukama Muslimin itu menulis dalam akun twitter, "Kunjungan saudara saya Paus Fransiskus yang bersejarah dan berani ke Irak, membawa pesan perdamaian, solidaritas, dan dukungan untuk semua masyarakat Irak. Saya berdoa kepada Allah untuk keberhasilannya sehingga perjalanan ini mencapai maksud dan tujuan yang diharapkan dalam sejarah perjalanan persaudaraan manusia."

Majelis Hukama Muslimin dalam pernyataannya menyampaikan bahwa kunjungan bersejarah Yang Mulia Paus Fransiskus bertujuan untuk menyembuhkan luka warga Irak setelah bertahun-tahun dilanda perang dan berupaya memberikan harapan untuk hari esok yang lebih baik.

"Meski banyak kendala dan tantangan, Paus Fransiskus bertekad menuntaskan kunjungannya karena ia percaya pada spirit persaudaraan antar umat manusia. Beliau mengajak seluruh elemen untuk bersatu dan menegakkan prinsip kewarganegaraan yang setara tanpa pandang etnik dan agama." tulis Majelis Hukama Muslimin dikutip al-Ain.

Paus Fransiskus tiba di Bandara Internasional Baghdad pada Jumat (5/3) dan disambut oleh Perdana Menteri Mustafa al-Kadhemi.

Rencananya, ia akan singgah selama empat hari dalam kunjungan kepausan pertama di negara tersebut dan bertemu dengan sejumlah pejabat pemerintah dan ulama tinggi.

Pada Sabtu (6/3), Paus Fransiskus bertemu dengan Ayatollah Ali Sistani, ulama terkemuka Syiah Irak. "Pertemuan penuh sejarah antara menara kubah dan lonceng gereja." demikian kalimat dalam spanduk yang terbentang di daerah Najaf.

Paus Fransiskus juga mengunjungi gereja Sayidat al-Nejat (Our Lady of Salvation) yang ada di Baghdad dan dijadwalkan akan berkunjung ke Niniwe. Minoritas Kristen tinggal di daerah itu dan pada 2014 lalu dipaksa oleh kelompok teroris ISIS untuk berpindah agama atau dibunuh.

Selain itu, Paus Fransiskus dijadwalkan akan memimpin kebaktian di sejumlah gereja.

Ini adalah perjalanan kedua Puas Fransiskus ke negara Timur Tengah sesudah dua tahun lalu, ia bersama bersama Imam Besar al-Azhar, Dr. Ahmed at-Tayeb melakukan kunjungan ke Uni Emirat Arab. Di sana mereka berdua menandatangani Dokumen Persaudaraan Manusia pada tanggal 4 Februari 2019.

Penandatanganan Dokumen Persaudaraan Manusia itu menghasilkan antara lain kerjasama bersama antara kedua institusi agama dalam banyak masalah kemanusiaan, dan pembentukan Komite Tertinggi Persaudaraan Kemanusiaan.


Abdul Majid
Abdul Majid / 73 Artikel

Guru ngaji, menerjemah kitab-kitab Arab Islam, penikmat musik klasik dan lantunan sholawat, tinggal di Majalengka.

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: