Berita

Mahaguru ulama mazhab Syafii al-Azhar di pusara Pendiri NU, panjatkan doa untuk Mbah Hasyim, Gus Dur dan Mbah Wahab Hasbullah

21 Jul 2022 11:18 WIB
482
.
Mahaguru ulama mazhab Syafii al-Azhar di pusara Pendiri NU, panjatkan doa untuk Mbah Hasyim, Gus Dur dan Mbah Wahab Hasbullah Syekh Abdul Aziz al-Syahawi di kompleks pemakaman keluarga Tebuireng Jombang.

Kompleks Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur selalu ramai pengunjung. Peziarah dari berbagai penjuru bersimpuh di pusara pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratusyaikh KH Hasyim Asy’ari.

Di kompleks pemakaman yang sama, Presiden Indonesia Keempat, Abdurrahman Wahid juga bersemayam. Gus Dur, sapaan akrabnya. Pusara Bapak Bangsa yang kerap disebut Wali Kesepuluh itu makin membuat kompleks pemakaman ini makin ramai.

Menjelang azan Magrib berkumandang, Selasa (20/7/2022), keramaian di tempat ini bertambah. Mahaguru Mazhab Syafii asal Mesir, Syekh Abul Aziz Al-Syahawi menziarahi tokoh-tokoh penting bangsa ini.

Kedatangan tokoh terkemuka mazhab Syafii Universitas Al-Azhar, Mesir itu mendapat sambutan gembira dari dzurriyah (keluarga) pondok. Tak ketinggalan para santri yang sejak awal mendengar kabar kedatangan Syekh, pun turut mengalap berkah.

Syekh Al-Syahawi merasa senang bisa berziarah ke pusara tokoh-tokoh penting Indonesia. “Saya senang bisa memanjatkan doa untuk mereka para tokoh besar Indonesia,” ungkap beliau.

Syekh Al-Syahawi punya kedekatan tersendiri dengan Gus Dur. Pasalnya, presiden yang terkenal dengan ‘joke-joke’nya yang penuh makna itu juga pernah mengenyam pendidikan di Al-Azhar.

Kemudian kunjungan Syekh Al-Syahawi di Jombang berlanjut dengan ziarah ke makam KH. Wahab Hasbullah, salah satu pendiri Nahdlatul Ulama yang dimakamkan di Tambakberas Jombang. 

Mbah Wahab diutus Mbah Hasyim Asy'ari menghadap raja Saudi Arabia agar jangan menghancurkan makam Rasulullah saw. dan mempertahankan pendidikan empat mazhab di Masjidil Haram.

Sebelumnya Syekh Abdul Aziz al-Syahawi menyampaikan muhadloroh ammah di PP Darul Ulum Rejoso Jombang pada Rabu pagi.

Kunjungan Syekh Al-Syahawi di Rejoso, Tebuireng dan Tambak Beras Jombang ini merupakan rangkaian dalam Safari Dakwah dan Ijazah Kubroh di sejumlah lembaga dan pesantren di Indonesia. Khusus di Jombang, Syekh dijadwalkan mengunjungi tiga pondok pesantren terbesar di kota santri itu.

Tiga pesantren Jombang itu adalah Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso; Pondok Pesantren Tebuireng, Cukir; Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras.

Redaksi
Redaksi / 404 Artikel

Sanad Media adalah sebuah media Islam yang berusaha menghubungkan antara literasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Mengampanyekan gerakan pencerahan melalui slogan "membaca sebelum bicara". Kami hadir di website, youtube dan platform media sosial. 

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: