Berita

Media Barat Paparkan Ajaran Nabi Cegah Pandemi

05 Apr 2020 10:14 WIB
1877
.
Media Barat Paparkan Ajaran Nabi Cegah Pandemi

Sementara dunia berjuang keras mengendalikan pandemi Covid-19, media-media internasional meliput beberapa ajaran mendasar Nabi Muhammad SAW tentang kebersihan dan kesehatan. Demikian bunyi laporan dari surat kabar moroccoworldnews.com pada Sabtu (4/4/2020).

Paragraf pertama laporan berjudul Covid 19: Global Media Feature Prophet Muhammad’s Hygiene Teachings itu menuliskan, "Perkataan Nabi Muhammad yang berusia 14 abad, yang menganjurkan tindakan sanitasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, telah menarik perhatian media internasional di tengah krisis virus baru Corona."

Sering mencuci tangan, mengisolasi diri, dan menghindari kontak fisik, yang sekarang banyak direkomendasikan sebagai tindakan pencegahan terhadap virus Corona merupakan beberapa prinsip asasi agama Islam.

Surat kabar Spanyol, ABC pada Jumat (3/4) mempublikasikan artikel dengan tajuk Prophet Muhammad’s Incredible Tips for Surviving a Pandemic.

Di dalam artikel itu, disajikan rekomendasi dari para pakar kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan membandingkannya dengan ajaran Islam Nabi Muhammad.

“Sungguh luar biasa untuk berpikir bahwa 1.300 tahun yang lalu," tulis artikel itu, "seorang buta huruf tanpa pelatihan ilmiah apapun, menyampaikan apa yang harus dilakukan pada saat pandemi mewabah. Nama orang itu adalah Muhammad."

Dalam artikel lain yang diterbitkan oleh majalah Amerika, Newsweek pada 17 Maret lalu, sarjana Amerika, Craig Considine memaparkan perintah-perintah Nabi Muhammad SAW untuk menghindari penularan.

Considine menulis, "Meskipun bukan ahli di bidang penyakit mematikan, Muhammad memiliki saran yang bagus untuk mencegah dan memerangi penularan penyakit seperti Covid-19.”

Dia mengutip sabda Nabi, “Jika kalian mendengar wabah penyakit di suatu negeri, janganlah memasukinya dan jika wabah itu muncul di suatu tempat sementara kalian berada di dalamnya, maka jangan tinggalkan tempat itu." Pesan ini dinilai Considine  mencerminkan metode karantina yang banyak diterapkan sekarang.

Kebersihan juga elemen fundamental dalam ritual Islam. Considine menjelaskan bagaimana umat Islam harus melakukan wudhu sebelum menunaikan shalat. "Kebersihan adalah sebagian dari iman." hadits kedua yang dikutip olehnya.

Considine mengkritik sebagian kalangan yang percaya bahwa iman dan doa cukup untuk melindungi mereka dari penyakit. Padahal Nabi Muhammad SAW selalu menganjurkan orang-orang untuk mencari perawatan medis dan pengobatan. Dia menyitir hadits Nabi, "Pergunakan perawatan medis, karena Allah tidak membuat penyakit tanpa menunjuk obatnya, dengan pengecualian satu penyakit, yakni usia tua."

"Nabi Muhammad berharap orang-orang akan menggunakan akal sehat mereka." simpul profesor yang mengajar di Fakultas Sosiologi, Universitas Rice, Houston, Texas, Amerika Serikat.

Redaksi
Redaksi / 440 Artikel

Sanad Media adalah sebuah media Islam yang berusaha menghubungkan antara literasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Mengampanyekan gerakan pencerahan melalui slogan "membaca sebelum bicara". Kami hadir di website, youtube dan platform media sosial. 

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: