Artikel

Melihat malaikat menyebabkan buta

03 Aug 2022 12:00 WIB
901
.
Melihat malaikat menyebabkan buta Malaikat termasuk makhluk gaib yang tak bisa dilihat kasat mata.

Makhluk Allah jenisnya banyak sekali, ada yang terlihat secara kasat mata dan ada yang tidak.

Dalam dunia dimensi lain,  terdapat makhluk astral, hanya beberapa orang bisa melihatnya. Biasanya anak indigo mampu melihat jin, dan bahkan ada yang bisa memvisualisasikannya. Mungkin saja memang benar adanya, jin dan sebangsanya bisa dilihat.

Namun, kira-kira makhluk halus lainnya semisal malaikat, apakah bisa dilihat?

Ibnu Hajar Al-haitami dalam al-Fatawa menyebutkan pendapat Al-Ghazali. Dijelaskan bahwa melihat malaikat menyebabkan buta.

ذكر الْغَزالِيّ وَآخَرُونَ: أَن رُؤْيَة الْمَلَائِكَة مُمكنَة الْآن كَرَامَة يكرم الله بهَا من أوليائه من شَاءَ، وَوَقع ذَلِك لجَماعَة من الصَّحَابَة. وَلما رأى ابْن عَبَّاس جِبْرِيل قَالَ النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم: (لن يرَاهُ خلق إِلَّا عمي إِلَّا أَن يكون نَبيا، وَلَكِن يكون ذَلِك آخر عمرك) رَوَاهُ الْحَاكِم وَكَذَا رَأَتْهُ عَائِشَة رَضِي الله عَنْهَا وَزيد بن أَرقم.

Imam al-Ghazali dan elit agama lainnya berpendapat bahwa melihat malaikat merupakan hal yang memungkinkan, sebagai bentuk karamah yang diberikan Allah kepada para wali (kekasih) yang dikehendaki. Kejadian ini pernah dialami oleh beberapa sahabat. Di antaranya adalah Abdullah bin Abbas (biasa dikenal dengan Ibnu Abbas), ketika ia melihat Jibril As,  Rasulullah bersabda, "Makhluk yang melihat malaikat (Jibril As) itu akan buta, kecuali jika ia seorang Nabi. Namun ini akan terjadi di penghujung umur sessorang." HR Al-Hakim. Sebegitu juga, Aisyah dan Zaid bin Arqam yang pernah mengalami kejadian ini juga. (Ibnu Hajar Al-Haitami, Al-Fatawa al-Haditsiyyah, https://al-maktaba.org/book/1922 hlm 47)

Hal senada juga dijelaskan oleh Al-Habib Zein Bin Ibrahim Smith. Beliau mengatakan:

يجور رؤية الملك في الدنيا على صورته الأصلية، لكن من رأه على صورته الأصلية صار أعمى قبل موته كما وقع ذلك لابن عباس رضي الله عنهما، أو ما هذا معناه.

Melihat malaikat dalam bentuk wujud aslinya di dunia itu adalah hal yang mungkin, namun sesiapa yang melihatnya, niscaya ia akan buta di penghujung akhir hayatnya. Seperti yang dialami oleh Ibnu Abbas.(Al-Fawaid Al-mukhtarah li salik tariq al-akhirahhttps://archive.org/details/nasai_yopmail_20180205_0257 hlm 108)

Melalui keterangan di atas, diketahui bahwa melihat malaikat merupakan hal yang tidak mustahil, bahkan dalam bentuk aslinya.

Tentu kita tahu, bahwa malaikat itu diberi kuasa oleh Allah untuk menjadi apapun. Hanya saja perlu digarisbawahi, jika orang biasa yang melihatnya, maka ia akan menjadi buta saat di akhir hayatnya.

Ahmad Hidhir Adib
Ahmad Hidhir Adib / 63 Artikel

Asal dari Pasuruan. Sekarang menempuh studi program Double degree di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada program studi PAI dan Fikih Muqaran dan tinggal Wisma Ma’had Aly UIN Malang. 

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: