Tokoh

Menziarahi Makam Sayyid Hasan Shadaqah Zaini Dahlan di Kendal

07 Mar 2021 09:52 WIB
2485
.
Menziarahi Makam Sayyid Hasan Shadaqah Zaini Dahlan di Kendal

Risalah Rihlah Kendal Jawa Tengah (3): Makam Sayyid Hasan b. Shadaqah b. Zaini Dahlan, Ulama Makkah dan Pengajar Shaulatiyah yang Wafat di Kendal (w. 1922)

Sayyid Ahmad b. Zainî Dahlân (w. 1885) adalah seorang ulama besar Makkah dan Grand Mufti Madzhab Syafi’i yang menjadi mahaguru ulama besar Nusantara generasi akhir abad ke-19 M. Di antara murid dari Sayyid Ahmad b. Zainî Dahlân adalah Syaikh Nawawi Banten (w. 1897), Sayyid Usman b. Yahya (w. 1913), Syaikh Ahmad Khatib Minangkabau (w. 1916), Syaikh Mahfuzh Tremas (w. 1920), Syaikh Khalil Bangkalan (w. 1925) dan lain-lain.

Sayyid Ahmad b. Zainî Dahlân ini memiliki sejumlah keponakan yang juga menjadi ulama besar yang mengajar di Masjidil Haram di kota suci Makkah. Di antaranya adalah Sayyid Hasan b. Shadaqah b. Zainî Dahlân dan adiknya, Sayyid ‘Abdullâh b. Shadaqah b. Zainî Dahlân. Dua ulama terakhir ini di kemudian hari berhijrah dari Makkah ke Nusantara. Sayyid Hasan b. Shadaqah b. Zainî Dahlân berhijrah dan menetap di Kendal (Jawa Tengah) hingga wafat di sana pada tahun 1922, sementara adiknya Sayyid ‘Abdullâh b. Shadaqah b. Zainî Dahlân berhijrah, menetap dan wafat di Garut (Jawa Barat) pada tahun 1941.

Terkait sosok Sayyid ‘Abdullâh b. Shadaqah b. Zainî Dahlân pernah saya singgung dalam catatan perjalanan “Risalah Rihlah Jaringan Murid Syaikhona Kholil Bangkalan di Tatar Sunda”.

Adapun sosok saudara beliau, yaitu Sayyid Hasan b. Shadaqah b. Zainî Dahlân yang wafat di Kendal, maka belum banyak yang menulis tentang beliau.

Nama Sayyid Hasan b. Shadaqah b. Zainî Dahlân sempat disebut dalam kitab “Târîkh Makkah” karya Syaikh Ahmad al-Sibâ’î. Tertulis di sana:

واشتهر بيت الدحلان ومنهم السيد احمد زيني دحلان وكان من العلماء في القرن الثالث عشر وله مؤلفات أهمها تاريخه عن أمراء مكة كما عرف منهم السيد حسن بن صدقه دحلان وعبد الله بن صدقه دحلان

(Keluarga Dahlân dikenal melalui beberapa tokohnya yang menjadi ulama di Makkah, di antaranya adalah Sayyid Ahmad Zainî Dahlân. Beliau adalah seorang ulama abad ketiga belas [Hijri] dan memiliki banyak karya tulis, di antaranya adalah kitab tentang “Sejarah Para Penguasa Makkah”. Di antaranya lagi adalah Sayyid Hasan b. Shadaqah Dahlân dan ‘Abdullâh b. Shadaqah Dahlân).

Jejak Sayyid Hasan b. Shadaqah b. Zainî Dahlân juga terekam dalam kitab karangan sang paman, yaitu Sayyid Ahmad b. Zainî Dahlân, yang berjudul “al-Âtsâr fî al-Istimthâr”. Kitab tersebut dicetak oleh Mathba’ah Madrasah Wâlidah ‘Abbâs di Kairo (Mesir) pada tahun 1329 Hijri (1911 Masehi). Di sana, nama Hasan b. Shadaqah b. Zainî Dahlân tercatat sebagai penyunting naskah (al-mu’tanî).

Dalam artikel berbahasa Arab berjudul “Utsnainiyyah ‘Abd al-Maqshûd Khûjah Tukarrim Madrasah al-Udabâ wa al-‘Allâmah” yang ditulis oleh Sa‘d Khalîf dan dimuat dalam laman Aljazirah, disebutkan nama Sayyid Hasan b. Shadaqah b. Zainî Dahlân sebagai salah satu ulama yang mengajar di Madrasah al-Shaulatiyyah, salah satu institusi pendidikan Islam yang legendaris yang terdapat di Makkah.

Belum ditemukan angka tahun yang pasti kapan Sayyid Hasan b. Shadaqah b. Zainî Dahlân berhijrah dari Makkah dan menetap di kota Kendal, Jawa Tengah. Tetapi hal tersebut terjadi pada permulaan abad ke-20 M. Di Kendal, Sayyid Hasan Dahlân menetap di Kaliwungu yang terkenal sebagai kawasan santri dan tempat banyak ulama besar. Di Kaliwungu juga pada masa tersebut tinggal Sayyid Bakûr b. Ahmad b. Abû Bakar Syathâ al-Dimyathî al-Makkî (w. 1965), seorang ulama besar Makkah yang juga cucu dari Sayyid Abû Bakar Syathâ sang pengarang kitab “I’ânah al-Thâlibîn ‘alâ Fath al-Mu’în”.

Di Kaliwungu Sayyid Hasan Dahlân menghabiskan waktunya dengan mengajar. KH. Abul Choir Kaliwungu, salah satu murid Sayyid Hasan Dahlân, dalam catatan manuskrip beliau (Minhah al-Hannân), mengatakan bahwa Sayyid Hasan Dahlân sempat membangun sebuah madrasah di kawasan Pungkuran, Kaliwungu, Kendal.

Sayyid Hasan Dahlân menikah dengan Nyai Siti Zahrah bt. KH. Umar Kendal. Dari pernikahan ini, terlahir putra beliau yang bernama Sayyid Chaidar b. Hasan b. Shadaqah b. Zainî Dahlân (Sayyid Chaidar Dahlan). Sayyid Chaidar sempat belajar kepada Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ma’shum b. Ahmad Lasem (Mbah Maksum Lasem). Sayyid Chaidar Dahlan juga tercatat sebagai penulis biografi Syaikh Nawawi Banten pertama dalam bahasa Indonesia (berjudul Sejarah Pujangga Islam: Syech Nawawi Albanteni Indonesia, diterbitkan tahun 1978 oleh CV. Sarana Utama Jakarta).

Salah seorang murid dari Sayyid Hasan Dahlân yang lainnya, yaitu KH. Abdul Hamid Kendal, mengabadikan sosok sang guru dalam sebuah puisi berbahasa Arab (nazham). Beliau menulis:

وقال أيضا في تاريخ وفاة الحافظ العلامة السيد حسن دحلان بن صدقة المكي منشأ والقندلي إقامة ووفاة من بحر الطويل:

توفى حبيبي سيدي هو دحلان # إمام لبيب كل علم به سكن

جواد مهيب لم بخف لوم لائم # يحب لمولاه ويقلى لذي المنن

جليل جميل الذات في الحسن كامل # مليح السجايا حامل الحق والسنن

لقد ساد أقرانا وأبدى مآثرا # وأشدى هبات بالخفاء وبالعلن

فإني وإن بلغت في المدح والثنا # لأعجزني في المدح جهلي واللحن

خليلي قوما وابكيا لوفاته # لست وعشر شهر ست فيا حزن

وإذا طار طير النسر قلت مؤرخا # بمقعد صدق فزت شيبا أيا حسن

وسامح إلهي ما جده وجازه # بخير جزاء أنت ذا هبة ومن

وقائله عبد الحميد خويدمه # لعل به في القبر والموت يؤتمن

Sebagaimana keterangan yang ditulis oleh KH. Abdul Hamid Kendal, disebutkan jika Sayyid Hasan Dahlân wafat pada 16 Jumadil Akhir tahun 1340 Hijri (12 Februari 1922).

Pada hari Selasa (24/2) yang lalu, saya dan beberapa kawan (Gus Syafiq Ainurridho, Gus Tubagus Bakri, Ustadz Mabda Dzikara dll) menziarahi makam Sayyid Hasan Dahlân, sang ulama besar Masjidil Haram dan pengajar di Madrasah Shaulatiyyah Makkah yang wafat di Kendal itu. Makam beliau berada di kompleks pemakaman umum di Kampung Grabag, Desa Langen Harjo, Kendal.


Makam Sayyid Hasan Dahlân tampak sangat sederhana sekali. Di dekat beliau juga dimakamkan beberapa ulama besar Kendal, di antaranya adalah KH. Abdul Mannan (pengarang “Nazham al-Hikam al-‘Athâiyyah”), KH. Abdul Hamid dan putranya KH. Ahmad Abdul Hamid (penerjemah Qanun Asasi NU dalam bahasa Jawa Pegon [Ihyâ A’mâl al-Fudhalâ fî Tarjamah al-Qânûn al-Asâsî li Jam’iyyah Nahdlatul Ulamâ], penjaga arsip dan dokumen kesejarahan NU sekaligus inisiator pembangunan gedung PBNU Jakarta), KH. Abdurrahman b. Husain (pengarang kitab Khairât al-Hisân li Fahdâil ‘Ulûm al-Qur’ân) dan lain-lain.

Wallahu A’lam
Buitenzorg, Rajab 1442 Hijri/Maret 2021 Masehi
Alfaqir A. Ginanjar Sya’ban


A. Ginanjar Syaban
A. Ginanjar Syaban / 75 Artikel

Nama lengkapnya Dr. Ahmad Ginanjar Sya'ban, MA. Filolog Muda NU ini adalah pakar naskah Islam Nusantara. Sehari-hari menjadi dosen di UNU Jakarta, dan aktif menulis juga menerjemah buku-buku berbahasa Arab.

Khanifah chaidar dahlan
02 October 2021
Subhanallah, terima kasih anda telah menziarahi maqam datuk/jid saya. Perkenalkan, saya putri terakhir dari chaidar hasan sadaqa zaini ahmad Dahlan. Tinggal di semarang. Dan bekerja di universitas wahid hasyim semarang
uajipigalakuy
08 March 2023
[url=http://slkjfdf.net/]Teugob[/url] <a href="http://slkjfdf.net/">Eetifurox</a> fev.ucog.sanadmedia.com.xnx.wl http://slkjfdf.net/

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: