Berita

Mufti Mesir Jelaskan Peran Darul Ifta kepada Dubes Baru Kanada

26 Mar 2021 04:41 WIB
241
.
Mufti Mesir Jelaskan Peran Darul Ifta kepada Dubes Baru Kanada

Syeikh Syauqi Allam, mufti Republik Mesir dan Sekjen Lembaga Fatwa Internasional, menemui Duta Besar Kanada di Kairo. Mereka membahas konsolidasi kerjasama antara Darul Ifta Mesir  dengan Kanada, paska dilantiknya Louis Dumas sebagai Dubes baru Kanada di Mesir.

Dalam pertemuan tersebut, Syeikh Syauqi menekankan warisan sejarah Darul Ifta sebagai Lembaga strategis yang dalm bidang fatwa, pengajaran dan penyebarannya. Syeikh juga menjelaskan peran Darul Ifta dalam menghadapi perang ideologi dan ajaran ekstremisme yang bersliweran di dunia maya serta upayanya dalam mengembalikan citra Islam terhadap aksi persekusi agama yang kerape terjadi.

Seperti dilansir dari Youm7, Mufti Agung juga menjelaskan peran Darul Ifta dalam memantau fatwa-fatwa abnormal yang dinilai menebarkan ajaran ekstrimisme. 

Darul Ifta telah mengompilasi kurang lebih sebanyak 500 laporan fatwa ‘berbahaya’, menanggapinya secara objektif dan ilmiah serta menerjemahkannya ke berbagai Bahasa dalam kurun waktu tujuh tahun sejak 2014.

Mufti Republik Mesir juga menjelaskan tentang mekanisme pengolahan fatwa oleh Darul Ifta Mesir yang meliputi fatwa lisan, telepon, elektronik, siaran langsung ataupun melalui media cetak, serta lembaga dan afiliasi lain yang bekerjasama dengan Darul Ifta.

Syeikh Syauqi melanjutkan, Darul Ifta menerima kurang lebih 3500 sampai 4000 fatwa setiap harinya. Pertanyaan yang diterima tidak hanya diperoleh dari koresponden Mesir, melainkan dari koresponden luar negeri juga.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut kemudian dipilah sesuai urgensi dan relevansinya dengan kondisi sosial, kemudian diterjemahkan ke dalam dua belas Bahasa.

“Kurang lebih ada 1000 fatwa yang berasal dari koresponden luar negeri, terutama kawasan Eropa, yang kemudian diterjemahkan ke dalam tiga Bahasa utama, yaitu: Inggris, Perancis dan Jerman,” tutur Syeikh Syauqi kembali.

Syeikh juga menerangkan, fatwa-fatwa untuk para koresponden luar negeri selalu dikaji terlebih dahulu oleh tim ulama Darul Ifta dari berbagai aspek, khususnya dari segi sosial dan hukum. Hal tersebut bertujuan agar hasil dari fatwa teresbut mampu membantu para saudara Muslim di Eropa dalam berinteraksi secara positif dengan masyarakat non-Muslim di sana.

Peran Darul Ifta di hadapan Lembaga Fatwa Internasional juga turut dijelaskan dalam pertemuan tersebut. Lembaga Fatwa Internasional yang didirikan pada tahun 2015 di bawah naungan Darul Ifta Mesir, bertujuan untuk mempererat hubungan para mufti dari berbagai negara dan para anggota-anggotanya. 

Selain itu, fungsi dari Lembaga Fatwa Internasional sendiri adalah untuk mengajarkan tata cara ditayangkannya sebuah fatwa di sebuah negara agar masyarakat mampu menerimanya dengan baik dan memperkuat hubungan antara masyarakat dengan para ulamanya.

Para ulama yang tergabung dalam lembaga tersebut mengacu kepada sumber hukum yang telah ditetapkan bersama pada konferensi Internasional yang pernah dilaksanakan Bersama. Salah satunya, konferensi internasional bertajuk, “Peran Fatwa sebagai Konsolidasi Umat” yang pernah diadakan pada tahun 2017 silam.

Syeikh juga menyinggung hubungan bilateral Mesir dengan Kanada dan menyatakan kesanggupan Darul Ifta dalam memberikan segala bentuk dukungan moril dan ilmiah, terutama bantuan memberikan fatwa untuk masyarakat Muslim di Kanada.

Sementara itu, Louis selaku Duta Besar Kanada baru, selalu memuji upaya Mufti dan peran Darul Ifta dalam menghadapi ideologi ekstremis. 

Louis juga memberikan apresiasi penuh terkait peran Darul Ifta dalam berintegrasi ke masyarakat mereka memperkenalkan hakikat Islam yang sebenarnya kepada dunia. Dia mengucapkan terima kasih kepada Mufti dan Darul Ifta atas nama lebih dari satu juta Muslim di Kanada dan menyatakan kesungguhannya untuk lebih banyak menjalin komunikasi dan kerja sama di masa mendatang.

Umar Abdulloh
Umar Abdulloh / 27 Artikel

Santri Al-Azhar alumni Fakultas Hukum yang senang menertawakan dunia dan seisinya.

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: