Berita

Negara Arab dan Organisasi Islam Dunia Dukung Putusan Haji Arab Saudi

23 Jun 2020 09:55 WIB
1246
.
Negara Arab dan Organisasi Islam Dunia Dukung Putusan Haji Arab Saudi

Dilansir dari Skynews pada Selasa (23/6), negara-negara Arab dan organisasi Islam dunia menyambut baik keputusan Kerajaan Arab Saudi untuk mengatur haji tahun 2020 secara terbatas bagi mereka yang sedang berada di negara kerajaan itu.

Uni Emirat Arab memuji keputusan Raja Salman bin Abdul Aziz dalam rangka antisipasi penyebaran virus Covid-19 dan menjaga keselamatan banyak orang. Kantor Urusan Haji Emirat seperti dikutip Emirat News Agency, menyatakan, "Allah  mengaitkan ibadah haji dengan faktor kemampuan yang dalam kondisi darurat seperti sekarang tidak terpenuhi."

Organisasi Kerjasama Islam (OKI) juga mengapresiasi keputusan Kerajaan Arab Saudi terkait haji.

Sekretaris Jenderal OKI, Yusuf Al-Utsaimin mengatakan, "Keputusan Raja Salman sejalan dengan prosedur pencegahan yang sudah diterapkan pemerintah sejak kemunculan virus Covid-19 di negara  kerajaan itu."

Majlis Ulama Pakistan juga mendukung keputusan Riyadh. "Supaya syiar haji tidak menjadi sebab bertambahnya korban wabah berbahaya ini," ujarnya seperti dikutip Saudi Press Agency.

Al-Azhar Mesir juga mendukung keputusan Kerajaan Arab Saudi yang mengatur pelaksanaan haji dengan jumlah terbatas di tengah pandemi Covid-19.

Syekhul Azhar Prof Dr. Ahmad Ath-Thayeb mengatakan bahwa keputusan itu sudah tepat dan bijak. Kewajiban ibadah haji tidak digugurkan sekaligus keselamatan para jamaah diperhatikan.

Dalam laman Facebooknya, Darul Ifta Mesir menjelaskan bahwa barang siapa bertekad haji tetapi terhalang oleh kondisi tertentu (seperti wabah Covid-19), maka dia tetap mendapatkan pahala karena niat hajinya tetapi kewajiban haji tidak gugur. “Tidak ada kewajiban membayar dam karena dia belum menjalankan ihram,” jelasnya.

Darul Ifta menegaskan bahwa keputusan Kerajaan Arab Saudi sudah sejalan dengan tujuan asasi syariat Islam untuk menjaga keselamatan para tamu Allah.

Abdul Majid
Abdul Majid / 116 Artikel

Guru ngaji, menerjemah kitab-kitab Arab Islam, penikmat musik klasik dan lantunan sholawat, tinggal di Majalengka.

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: