Berita

Sambut Pesan Ibu Khofifah, PCI Muslimat NU Mesir jadikan kajian Fikih Peradaban sebagai program unggulan

13 Dec 2022 07:05 WIB
233
.
Sambut Pesan Ibu Khofifah, PCI Muslimat NU Mesir jadikan kajian Fikih Peradaban sebagai program unggulan Rapat Kerja Perdana PCI Muslimat NU Mesir.

Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) Muslimat NU Mesir menggelar rapat kerja perdana di Kairo pada Minggu, 11 Desember 2022.

Rapat PCI Muslimat NU Mesir mengambil tema “Optimalisasi Peran Muslimat Menyongsong Abad kedua NU” dan dihadiri oleh seluruh jajaran pengurus baik Dewan Penasehat, Dewan Pakar, Pimpinan Harian dan Pimpinan Bidang-bidang.

Dalam keterangannya, Ketua PCI Muslimat NU Mesir, Nayla Maghfiroh antara lain menegaskan bahwa salah satu program unggulan yang digodok dalam rapat kerja ini adalah penyelenggaraan kajian intensif tentang fikih peradaban dalam dua bulan pertama masa Khidmah kepengurusan periode pertama ini.

Program Ini, lanjut Nayla, sekaligus merupakan tindaklanjut dan melaksanakan salah satu pesan Ketua Umum PP Muslimat, Ibu Khofifah Indar Parawansa pada saat melantik PCI Muslimat NU Mesir, Selasa, 22 November 2022 yang baru lalu.

“Salah satu program unggulan yang kita bahas dalam raker kali ini adalah kajian fikih peradaban (fiqh el hadharah) disamping program-program lain yang merupakan focus Garapan para pengurus”, kata Nayla.

Selain itu, Nayla juga menambahkan bahwa banyak persoalan keperempuanan yang menjadi topik bahasan fikih peradaban yang perlu di gali secara lebih mendalam, dan kebetulan di Mesir ini banyak referensi serta pakar yang bisa menjadi narasumber untuk kajian topik-topik dimaksud.

Pada kesempatan peresmian dan pelantikan pengurus PCI Muslimat NU Mesir yang lalu, Ketua Umum PP Muslimat, Ibu Khofifah antara lain memberikan beberapa pesan khusus, salah satunya adalah terkait gawe akbar peringatan Satu Abad NU pada bulan Februari 2023 mendatang di Surabaya.

Wakil Ketua PCI Muslimat NU Mesir, Maramita Elfani, Lc., MA mengatakan bahwa Ibu Khofifah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengambil peran berkontribusi dalam momen bersejarah satu abad NU tersebut. Mita menambahkan bahwa Bu Khofifah berharap agar PCI Muslimat NU Mesir bisa menyusun abstrak untuk dirangkai dengan fikih peradaban yang memang sudah berseri-seri. Ini menjadi penting sebab PCI NU Mesir dekat narasumber-narasumber yang luar biasa. 

Maramita juga mengatakan bahwa selain fikih peradaban, PCI Muslimat juga mencanangkan beberapa program unggulan lain, seperti: pembinaan anggota, terutama Ibu-ibu Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Mesir disamping mendukung pengembangan TPQ yang telah didirikan dan dikelola oleh PCI Fatayat NU Mesir, dan merintis berdirinya PAUD Muslimat NU.

“Selain kajian fikih peradaban, Muslimat di Mesir ini juga punya garapan yang penting sebagai program unggulan, antara lain membina keislaman praktis para Muslimah khususnya ibu-ibu PMI, membina anak-anak usia dini putra-putri mahasiswa Indonesia atau masyarakat Indonesia secara umum di Mesir,” tandas Mita. 

Sumber: PCI Muslimat NU Mesir

Redaksi
Redaksi / 405 Artikel

Sanad Media adalah sebuah media Islam yang berusaha menghubungkan antara literasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Mengampanyekan gerakan pencerahan melalui slogan "membaca sebelum bicara". Kami hadir di website, youtube dan platform media sosial. 

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: