Berita

Pesan Imam Besar al-Azhar di tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H

30 Jul 2022 10:44 WIB
577
.
Pesan Imam Besar al-Azhar di tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H Imam Besar al-Azhar asy-Syarif Syekh Ahmad at-Tayeb.

Imam Besar al-Azhar Syekh Ahmad at-Tayeb mengucapkan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H kepada segenap umat Islam di dunia. Beliau mendoakan agar kaum muslimin dan umat manusia di dunia senantiasa dilimpahi kebaikan, keselamatan dan kesejahteraan.

Grand Syekh al-Azhar menyampaikan bahwa hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah terjadi karena ada perintah dari Allah. 

"Perjalanan hijrah Rasulullah saw. telah mengubah alur sejarah Islam," ujar Syekh Ahmad at-Tayeb dikutip dari akun Twitter al-Azhar pada Jumat (29/7).

Imam Besar al-Azhar mengajak umat Islam dalam rangka peringatan hijrah Nabi agar memperjuangkan Islam dengan amal ketaatan dan ibadah.

Al-Azhar mengingatkan bahwa perjalanan hijrah Rasulullah saw. tidak mungkin terjadi bila tidak ada perintah dari Allah swt. Di kemudian hari hijrah Nabi itu menjadi babak peristiwa penting yang mengubah jalan sejarah umat manusia. Negara Islam kemudian berdiri di Madinah setelah kebenaran dibedakan dari kebatilan oleh hijrah Nabi.

Al-Azhar mengajak segenap umat Islam agar merenungkan dan mengambil pelajaran dari setiap peristiwa yang terjadi selama perjalanan hijrah Nabi dari Makkah menuju Madinah, dan meneladani Rasulullah saw. dalam setiap perkataan dan perbuatan.

Al-Azhar juga menyerukan kaum muslimin agar di manapun berada selalu memperjuangkan agama Islam dengan beribadah, beramal dengan baik, mencintai tanah air dan memajukannya.

Pergantian kalender hijriah jatuh pada tanggal 1 Muharram. Negara-negara Islam termasuk Mesir, Arab Saudi dan Indonesia merayakan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H pada hari yang sama, yaitu Jumat malam Sabtu 29 Juli 2022 M. Dalam penanggalan Islam, pergantian tahun terhitung sejak terbenam matahari pada hari terakhir bulan Dzulhijah.

Redaksi
Redaksi / 404 Artikel

Sanad Media adalah sebuah media Islam yang berusaha menghubungkan antara literasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Mengampanyekan gerakan pencerahan melalui slogan "membaca sebelum bicara". Kami hadir di website, youtube dan platform media sosial. 

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: