Berita

Pesan Mahaguru Qira'at Asyrah dari Mesir dalam MTQ XXIX Tingkat Jawa Tengah

22 Jul 2022 10:24 WIB
211
.
Pesan Mahaguru Qira'at Asyrah dari Mesir dalam MTQ XXIX Tingkat Jawa Tengah Syekh Abdul Aziz al-Syahawi.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di kota Semarang pada Jumat 22 Juli 2022.

MTQ ke-29 yang digelar di Lapangan Pancasila atau Simpang Lima dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimun mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo.Indonesia

Musabaqah Tilawatil Quran yang diselenggarakan di kota Semarang ini mendapat keberkahan dengan kedatangan Syekh Abdul Aziz al-Syahawi Mahaguru Ulama Mazhab Syafi'i al-Azhar Mesir.

Selain dikenal sebagai fakih alim 'allamah, Syekh Abdul Aziz al-Syahawi juga merupakan seorang muqri', gelar yang disematkan kepada ahli al-Quran yang telah menguasai qiraat al-Quran dengan pelbagai macam jenisnya.

Dalam sambutannya, Syekh Abdul Aziz al-Syahawi menyampaikan bahwa al-Quran adalah kitab suci yang diberkahi diturunkan pada malam yang diberkahi kepada nabi yang diberkahi untuk umat yang diberkahi.

"Berbahagialah kalian, masyarakat dan provinsi Jawa Tengah karena sudah berkhidmat untuk kitab suci Al-Quran, " ujar pakar qira'at asyrah asal Mesir itu.

"Barang siapa belajar, mengajar dan menghafal Al-Quran, semua itu adalah ibadah." lanjut Mursyid tarekat Syahawiyah Burhamiyah itu.

Syekh Abdul Aziz al-Syahawi menyampaikan sambutannya dalam bahasa Arab dan diterjemahkan oleh DR. Ahmad Ginanjar Sya'ban, penulis Mahakarya Islam Nusantara yang mendampingi beliau duduk di panggung acara. 

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTP) Jawa Tengah Taj Yasin Maimun menyampaikan bahwa kegiatan MTQ ini diikuti oleh 35 kabupaten kota dan 850 peserta. Mereka akan berkompetisi dalam 16 cabang lomba termasuk tartil Quran dan tilawah tunanetra.

Syekh Abdul Aziz Al-Syahawi sedang berada di Indonesia dalam rangkaian kegiatan Safari Dakwah dan Ijazah Kubro yang diinisiasi oleh Sanad Media. Agenda bertaraf nasional ini melibatkan 17 lembaga dan pesantren di Indonesia.

Redaksi
Redaksi / 397 Artikel

Sanad Media adalah sebuah media Islam yang berusaha menghubungkan antara literasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Mengampanyekan gerakan pencerahan melalui slogan "membaca sebelum bicara". Kami hadir di website, youtube dan platform media sosial. 

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: