Lebih dari 2.000 ekspatriat di Dubai memeluk agama Islam pada tahun ini. Mereka berasal dari berbagai negara.

Menurut statistik resmi yang dikeluarkan oleh Mohammed Bin Rashid Center for Islamic Culture (MRCIC), sebanyak 2.027 orang mengucapkan dua kalimat syahadat di kantor Pusat Kebudayaan Islam Mohammad bin Rashid itu dari Januari hingga Juni 2021.

Mohammed Bin Rashid Center for Islamic Culture yang berada di bawah naungan Departemen Urusan Islam dan Kegiatan Amal di Dubai (The Islamic Affairs and Charitable Activities Department, disingkat IACAD) memperkenalkan kepada mereka yang baru masuk Islam prinsip-prinsip Islam yang toleran serta memberikan dukungan sosial, pendidikan dan agama.

Lembaga kebudayaan Islam yang bermarkas di Al Barsha Dubai ini ingin menyebarkan budaya Islam dan ajaran toleran dengan membimbing dan mengajar mereka yang baru menjadi muslim serta menyebarkan prinsip-prinsip Islam kepada pengikut agama lain yang ingin mengetahui agama Islam yang benar.

 “Pusat Kebudayaan Islam Mohammad bin Rashid terus bekerja untuk menyebarkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam untuk meningkatkan tingkat kesadaran publik di antara pelbagai komunitas yang ada di Dubai dengan menggunakan semua sarana teknis dan sumber daya manusia untuk menjangkau berbagai lapisan kelompok,” kata Direktur Pusat Kebudayaan Islam Mohammad bin Rashid, Hind Muhammad Lootah, dilansir Khaleej Times.

Hana Al-Jallaf, Kepala Seksi Kesejahteraan Muslim Baru, menegaskan bahwa promosi nilai-nilai toleransi dan budaya Islam moderat yang dilakukan oleh MRCIC berhasil membuat 2027 orang-orang yang tinggal di Dubai masuk Islam.

Al-Jallaf menjelaskan bahwa jika ada yang ingin tahu lebih banyak tentang Islam atau menyatakan syahadat, maka MRCIC menyediakan berbagai cara, termasuk call center IACAD 800600, portal layanan pintar di www.iacad.gov.ae, dan aplikasi IACAD.

 “Seseorang juga dapat mengunjungi MRCIC untuk tujuan ini dan memanfaatkan gawai yang dapat membantu mereka mengucapkan syahadat atau memperoleh lebih banyak pengetahuan tentang Islam,” katanya.

Orang-orang juga dapat menggunakan aplikasi online seperti tim Microsoft dan Zoom untuk hal yang sama, tambahnya.

Dikutip dari situs worldmeters.info, jumlah penduduk Uni Emirat Arab per Sabtu (3/7/2021) sebanyak 10.012.702 orang. Mayoritas memeluk agama Islam (77 %), disusul Kristen Katolik (10 %) dan Hindu (8 %), Budha (3 %) lalu Kristen Protestan dan Ortodoks masing-masing (1 %).