Artikel

Sejarah Tarim Hingga Berjuluk Kota Seribu Wali

10 Dec 2020 05:00 WIB
17610
.
Sejarah Tarim Hingga Berjuluk Kota Seribu Wali Kota Tarim merupakan kota dengan aura yang teduh. Hal tersebut terpancar dari kereligiusan masyarakat yang sangat taat perintah agama dan mengikuti ajaran Rasulullah Saw.

Tarim adalah sebuah kota di negeri hadramaut yang terletak kurang lebih 500 km dari ibukota Sanaa, Yaman. Kota ini tergolong kota tandus dengan curah hujan yang sangat rendah.

Meskipun demikian, kebutuhan air di kota Tarim tercukupi dengan banyak pepohonan yang tumbuh di sepanjang jalan.

Kota Tarim merupakan kota dengan aura yang teduh. Hal tersebut terpancar dari kereligiusan masyarakat yang sangat taat perintah agama dan mengikuti ajaran Rasulullah Saw.

Tarim dijuluki Tarim al-Ghanna, sebuah kota yang rindang karena banyaknya pepohonan.

Kota ini juga dijuluki Kota as-Shiddiq, sebab saat gubernur Tarim, Ziyad bin Labid, menyeru penduduknya untuk membaiat Sayidina Abu Bakar sebagai khalifah, dengan serentak mereka melakukannya dengan ikhlas.

Melihat hal seperti ini, Sayidina Abu Bakar terharu kemudian mendoakan kota ini dengan tiga macam doa: pertama, agar Tarim menjadi kota yang makmur, kedua, air kota ini berkah, ketiga, semoga kota ini dihuni oleh banyak orang shaleh dan para wali Allah.

Dan Allah Swt pun mengabulkan doa Abu Bakar. Pada akhirnya, kota ini menjadi kota persinggahan para Ahlul Bait dari keturunan Sayidina Husain Ra dan melahirkan wali-wali yang dekat dengan Allah dan Rasul-Nya.

Baca juga: Al-Faqih Al-Muqaddam, Penggagas Tarekat Alawiyah dan Jejak Apolitiknya

Nama Tarim konon diambil dari nama putra Raja Hadramaut, yaitu Tarim bin Hadramaut. Kota ini mempunyai eksotika dan nilai sejarah yang sangat tinggi. Hal tersebut bisa dilihat dari arsitektur bangunan dan rumah masyarakat yang terbuat dari tanah. Bahkan sebagian rumah penduduk ada yang berumur sampai 100-200 tahun.

Kota ini juga memiliki sebuah menara tanah tertinggi sedunia. Menara Masjid al-Muhdlar namanya. Sebuah menara kuno yang pada akhirnya menjadi simbol kota ini.

Di samping itu, Tarim banyak menyimpan khazanah keislaman yang sangat murni dan kental. Di dalam kota ini terdapat 365 masjid, sekitar 5000 manuskrip dari berbagai disiplin ilmu, dan peninggalan-peninggalan Islam lainnya yang sangat berharga. Tak salah jika pada tahun 2010, Tarim dinobatkan sebagai Kota Pusat Kebudayaan Islam dunia oleh Organisasi Konferensi Islam dunia.

Rasulullah Saw bersabda:

أتاكم أهل اليمن هم أرق أفئدة وألين قلوبا، الإيمان يمان والحكمة يمانية

"Telah tiba kepada kalian penduduk Yaman. Mereka adalah orang-orang lembut hatinya, keimanan itu ada dalam penduduk Yaman, dan hikmah juga ada dalam penduduk Yaman." (HR. Imam al-Bukhari)

Baca juga: 9 Syarah Safinatun Najah Karya Ulama Yaman yang Wafat di Indonesia

Rasulullah Saw sendiri telah memberikan persaksian bahwa penduduk Yaman adalah orang-orang yang baik, orang-orang yang kuat keimanannya, dan orang-orang yang mempunyai hikmah terhadap orang lain.

Persaksian Rasulullah tersebut terbukti menjadi kenyataan. Menurut ensiklopedia Islam, para ulama dan Ahlul Bait yang berasal dari Kota Tarim merupakan dai-dai Islam yang menyebarkan Islam ke seluruh dunia, khususnya Benua Asia dan terlebih khususnya negara kita, Indonesia.

Para ulama Tarim banyak yang melanglang buana ke berbagai tempat untuk dan berdakwah. Mereka menyebarkan agama Islam dengan metode luhur yang tertanam sejak turun-temurun. Yaitu dengan dan nasehat hikmah yang baik (bil hikmah wal mau'idzatil hasanah).

Selain dijuluki Kota ash-Shiddiq, Tarim juga dijuluki Kota Seribu Wali. Di kota ini ada tiga pemakaman yang sangat masyhur dan menjadi tempat sentral peziarahan, baik penduduk Tarim sendiri maupun orang-orang luar Tarim, yaitu Maqbarak Zanbal, Maqbarah Furaith, dan Maqbarah Basyar.

Di antara keistimewaan kota Tarim lainnya, ia juga termasuk kota ilmu dan kota religius. Para penduduk kota ini sejak dulu mendalami ilmu fikih mazhab Syafii yang sangat kental.

Baca juga: Kisah Inspiratif dan Ketawadhuan Syekh Mutawalli Asy-Sya’rawi

Selain itu, mereka juga mengimbanginya dengan tasawuf, ilmu yang mengajarkan penyucian hati, sampai-sampai orang yang boleh menempati shaf pertama di masjid jami' hanyalah para mufti dan orang-orang shaleh.

Saking banyaknya wali dan ulama di Tarim, kota ini juga menjadi mulia dan membuat lingkungan sekelilingnya positif. Salah seorang ulama sampai mengatakan, "Syawari' Tarim syaikhun li man la syaikha lahu (jalan-jalan kota Tarim adalah guru bagi orang-orang yang tidak mempunyai guru).” 

Imam Ahmad bin Hasan al-Atthas (w. 1330 H) mengatakan, ada tiga hal yang diwajibkan bagi orang-orang yang berkeinginan tinggal di kota Tarim: tawadhu, adab, dan hidup sederhana.

Faisal Zikri
Faisal Zikri / 69 Artikel

Pernah nyantri di Daarul 'Uulum Lido Bogor. Sekarang meneruskan belajar di Imam Shafie Collage Hadhramaut Yaman. Suka membaca, menulis dan sepakbola.

suryati binti M.dia
13 October 2021
masya allah, ya tarim ingin kaki ku melangkah kesan, sahabat panggil nama saya dalam doa mu agar saya bisa kesana, negeri ulama dan negeri 1000 keberkahan.🤲
Fajar arip hamdani
15 October 2021
Ya allah semoga saya bisa melangkah kesana bisa menginjakan kaki disana,saya suka cari tau tentang kota ini dan suka cerita kepada teman dan orang tuaku tentang kota ini kota seribu wali.
Dzikri Fdz
28 November 2021
Amiin. . . Semoga Allah menjawab do'a kita semua dan mengabulkan apa yang menjadi hajat kita.
Mumtaz binti yusof
01 December 2021
Doa kan suatu hari nanti saya dapat sampai ke sini ... rindunya nak dtg ke sini ... moga Allah makbulkan doa saya ameen ... 013-2833144
salman sosiawan
08 December 2021
smoga anak keturunan saya bisa menimbah ilmu fiqih dan ilmu tasawuf di sana...agar lebih mengenal Allah...aamiin ya rabbal alamin
Inayah
15 December 2021
Masyaallah 🥰
ASFURI
23 December 2021
Saya manusia yang tidak suci , ingin sekali belajar agama 😭😭😭
Hidayatulloh sidik
23 January 2022
Semoga Alloh SWT taqdir ana dan klrg bisa sampai ke tanah seribu wali ..aamiin
M Robi Maulana
09 February 2022
Pengen Rasanya kesana
Rafidah Harahap
22 February 2022
Bismillah ya allah semoga bisa ke kota tarim bersama keluarga aamiin
LISA MELY NENGSIH
19 May 2022
Saya pengen mondok ditarimhadramaut Yaman karena nilai regilusnya begitu tinggi sekali masyaallah tabarakallah kota yg diberkahi Allah dan Muhammad Saw
Mista aceh
10 July 2022
Semoga anak saya bisa menuntut ilmu ke kota tarim...
Robiah Achmad
08 September 2022
Masya Alloh 🤗🤲
Cahya Rahma tilla
12 November 2022
Bagaimana kalau mendaftar mondok di tarim
Mohammad romadlon
18 November 2022
Masya alloh panggil saya ya tarim cita citaku bisa berziarah kekota tarim dikota 1000 wali para zduriah rosul...dimaqbarah zanbal,basyar,furaith...
Mohammad romadlon
18 November 2022
Masya alloh panggil saya ya tarim cita citaku bisa berziarah kekota tarim dikota 1000 wali para zduriah rosul...dimaqbarah zanbal,basyar,furaith...dan semoga anak turun saya bisa mondok dikota tarim...
Mohammad romadlon
18 November 2022
Masya alloh panggil saya ya tarim cita citaku bisa berziarah kekota tarim dikota 1000 wali para zduriah rosul...dimaqbarah zanbal,basyar,furaith...dan semoga anak turun saya bisa mondok dikota tarim...
Mohammad romadlon
18 November 2022
Masya alloh panggil saya ya tarim cita citaku bisa berziarah kekota tarim dikota 1000 wali para zduriah rosul...dimaqbarah zanbal,basyar,furaith...dan semoga anak turun saya bisa mondok dikota tarim...
Syafril Aniq Nuuruzaman
20 November 2022
sangat membantu saya yang ingin tau dengan kota tarim yang hati saya selalu bertanya tanya kenapa kog banyak lahir ulama besar dikota ini daripada di madinah dan makkah. Ternyata dzuriyat Rasulullah singgah dikota ini
Gita amalia
28 January 2023
Syukron jiddan, semoga bisa menulis dengan cerita² tarim lainya, ceritanya membuat orang lain yg tidak tau menjadi tau, dan aku salah seorang dri bnyknya orng yg menginginkan ke negri seribu wali. Yaa tarim waaHlaHa... Barakallaahu fiik :)🙏
Ummu Rakan Raihan
30 January 2023
Maasyaa Allah tabarokalloh Sukses selalu Ustdz Nitip doa untuk kami agar Allah SWT ijinkan anak cucu kami kelak bisa juga menuntut ilmu di kota Tarim seperti Ustdz. Jazakallah khoiran.
ACHMADI
18 March 2023
Langkah yang tepat, bila ingin ke TARIM, dan kemana dulu yg harus didatangi ( sekaligus untuk menginap ).
ACHMADI
18 March 2023
Langkah yang tepat, bila ingin ke TARIM, dan kemana dulu yg harus didatangi ( sekaligus untuk menginap ).
Hilmi
19 March 2023
Langkahkan kaki untuk ziarah dan mendapat ilmu di tarim aamiin ya robbal alamin
Elviana
12 June 2023
Semoga anak anakku bisa mengenyam pendidikan di kota Tarim aamiin ya Allah

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: