Berita

Serial webinar perempuan AKTA dan Sanad Media, berikut rangkaian acaranya

27 Mar 2022 01:15 WIB
523
.
Serial webinar perempuan AKTA dan Sanad Media, berikut rangkaian acaranya Webinar Perempuan AKTA dan Sanad Media.

Aliansi Keputrian Timur Tengah dan Afrika (AKTA) bekerja sama dengan Sanad Media mengadakan Serial Webinar Perempuan mengangkat isu-isu yang berkaitan dengan perempuan. 

AKTA merupakan Badan Otonom atau Organisasi Keputrian di bawah naungan Persatuan Pelajar Indonesia Kawasan Timur Tengah dan Afrika (PPIDK TIMTENGKA).

Acara webinar perempuan ini diselenggarakan dalam rangka merefleksikan Hari Perempuan Dunia pada tanggal 8 Maret lalu. 

Dalam press releasenya, disebutkan bahwa Webinar Perempuan AKTA dan Sanad Media ini dibagi menjadi dua tema besar. 

Pertama: Memahami 14 Pernyataan Imam Besar Al Azhar tentang Perempuan.
Kedua: Menyoal Perempuan dalam Perspektif Islam.

Kedua tema ini terbagi menjadi lima sesi webinar, dan mengundang para narasumber yang kompeten dalam setiap topik pembahasan. 

Tema pertama, Memahami 14 Pernyataan Imam Besar Al-Azhar tentang Perempuan, kami mengundang para alumni Al-Azhar untuk menafsirkan dan menyampaikan pesan-pesan dari 14 pernyataan yang disampaikan oleh Imam Besar Al-Azhar, Syekh Ahmad Thayyib. Di antara narasumber yang kami undang dalam tema pertama ini adalah; Dr. Ilham Syaheen, Lc. 
MA. (Guru Besar Fakultas Ushuluddin Universitas Al Azhar Mesir dan Asisten Sekretaris Jendral Akademi Riset Islam Al-Azhar), Prof. DR. KH. Quraish Shihab, Lc. MA (Cendekiawan Muslim Indonesia dan 500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia), TGB. DR. H.M. Zainul Majdi, Lc. MA (Ketua Umum Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Cabang Indonesia), dan Prof. Amany Burhanuddin Lubis, Lc. MA (Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta). 

Webinar Perempuan dalam tema pertama, AKTA dan Sanad Media menggandeng 14 Keputrian Timur Tengah dan Afrika, di antaranya; Wihdah PPMI Mesir, Raidah PPMI Saudi, PPPI Sudan, PPMI Pakistan, HPMI Yordania, PPI Maroko, PPI Tunisia, IPI Iran, PPI Qatar, KKMI Libya, PPI Suriah, Emirah PPI UAE, PPI Lebanon, dan PPI 
Yaman.

Adapun tema kedua, Menyoal Perempuan dalam Perspektif Islam, kami mengundang Nyai Hj. Badriah Fayumi (Pengasuh Pondok Pesantren Mahasina Dar al-Qur’an wa al-Hadist, Kota Bekasi),  Andy Yentriyani (Ketua Komnas Perempuan), Dr. Nur Rofi’ah Bil.Uzm (Dosen Pascasarjana Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an, Jakarta), Habib HUsein Ja’far AL-Hadar (Pendakwah dan Penulis Indonesia), KH. Husein Muhammad (Pendiri Yayasan Fahmina Institute dan Pengasuh Pondok Pesantren Dar al-Tauhid, Cirebon), Nyai Hj. Masriyah Amva (Pengasuh Pondok Pesantren Kebon Jambu Al Islamy, Cirebon).

Webinar Perempuan sedianya dimulai pada tanggal 26 Maret 2022 sampai 31 Maret 2022 dan diadakan secara daring melalui Zoom Meeting dan juga Live Streaming di Youtube Sanad Media dan AKTA Chanel. Namun karena Dr. Ilham Syahin berhalangan karena tugas dari Al-Azhar, akhirnya ditunda pada 1 April (grand closing).

Acara ini didukung penuh oleh beberapa media dan komunitas perempuan di Indonesia di antaranya Kajian Gender Islam, Mubadalah.id, Perempuan Membaca, Perempuan Mengaji, Neswa.id dan juga PPMI Mesir. 

Webinar ini gratis tidak dipungut biaya dan teman-teman yang ingin mengikuti serial webinar ini silakan daftar ke sini link berikut dan masuk ke grup peserta (di sini).

Rangkaian acara webinar perempuan

 

1. Webinar Pertama

Pemateri: dan TGB. Dr. Zainul Majdi, Lc. M.A

Tema: Membumikan Pesan-pesan Imam Besar Al-Azhar untuk Perempuan Indonesia

Penanggap: Hj. Muhim Nailul Ulya, M.Ud

Hari/Tanggal: Ahad, 27 Maret 2022

Waktu: 19.00 WIB—selesai

2. Webinar Kedua

Pemateri: Habib Husein Ja'far Al-Hadar dan Nur Rofi'ah, Bil.Uzm

Penanggap: Maria Fauzi, Lc. dan Mei Rachmawati

Tema: Menyoal Kekerasan terhadap Perempuan

Hari/Tanggal: Senin, 28 Maret 2022

Waktu: 19.00 WIB—selesai

3. Webinar Ketiga

Pemateri: KH. Husein Muhammad dan Nyai Hj. Masriyah Amva

Tema: Praktek Syariat, Tradisi Perempuan yang Dirugikan

Penanggap: Iffah Hannah

Hari/Tanggal: Kamis, 31 Maret 2022

Waktu: 19.00 WIB—selesai

4. Webinar Keempat (Grand Closing)

Pemateri: Dr. Ilham Syaheen

Tema: Memahami 14 Pernyataan Imam Besar Al-Azhar tentang Perempuan

Penerjemah: Zulfah Nur Alimah, Lc. M.A

Penanggap: Hamidatul Hasanah, Lc

Hari/Tanggal: Jumat, 1 April 2022

Waktu: 21.00 WIB—selesai

Redaksi
Redaksi / 404 Artikel

Sanad Media adalah sebuah media Islam yang berusaha menghubungkan antara literasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Mengampanyekan gerakan pencerahan melalui slogan "membaca sebelum bicara". Kami hadir di website, youtube dan platform media sosial. 

HJ FAHRIYAH
01 April 2022
Alhamdulillah bisa mngikuti dan mnyimak, Kajiannya sangat mnginspirasi mmperluas wawasan & pengetahuan. Smg terus dpt mngikuti kajian2 selanjutnya. Aamiin ya Robbal Aalamiin
HJ FAHRIYAH
01 April 2022
Alhamdulillah bisa mngikuti dan mnyimak, Kajiannya sangat mnginspirasi mmperluas wawasan & pengetahuan. Smg terus dpt mngikuti kajian2 selanjutnya. Aamiin ya Robbal Aalamiin
Gumilar Surya Ramadhan
01 April 2022
Adakah link absensi untuk webinar seri ke 4 min?

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: