Home Artikel Rumah Keluarga Syaikh Yasin Padang di Pariaman Sumatera Barat

Rumah Keluarga Syaikh Yasin Padang di Pariaman Sumatera Barat

Syaikh Yasin b. Isa al-Fadani al-Jawi al-Makki atau (w. 1991) yang dikenal dengan nama Syaikh Yasin Padang adalah sesosok nama yang menjadi ikon besar dalam tradisi keilmuan Ahlus Sunnah wal Jama’ah (Aswaja) dunia Islam masa kontemporer ini.

Sosok Syaikh Yasin padang dikenal sebagai ulama besar hadits dunia Islam, guru besar di Masjidil Haram, rektor institut Madrasah Dar al-Ulum al-Diniyyah Makkah, pemegang mata rantai periwayatan (sanad) ilmu-ilmu keislaman, dan mahaguru para ulama besar Sunni dunia Islam yang hidup pada masa sekarang ini.

Oleh karena itu jualah, Syaikh Yasin Padang pun menyandang gelar jejuluk setinggi langit, yaitu “Musnid al-Dunya“.

Baca juga: Mengenal Tengku Fachruddin Serdang, Ulama Nusantara dari Medan

Ulama-ulama besar di Al-Azhar (Mesir), seperti Syaikh Ali Jum’ah, Syaikh Ahmad al-Thayyib—Grand Syekh Al-Azhar sekarang, Syaikh Hasan al-Syafi’i, Syaikh ‘Abd al-Ba’its al-Kattani, dan yang lainnya, tercatat mengambil jalur transmisi keilmuan (sanad) dari Syaikh Yasin Padang.

Pun demikian halnya para ulama besar dari Hijaz, Suriah, Palestina, Maroko, India, dan tentu saja dari Nusantara (utamanya dari Indonesia, Malaya dan Pattani).

Syaikh Yasin Padang lahir, besar dan wafat di Makkah. Ayahnya, Syaikh Isa b. Udik al-Fadani, adalah seorang ulama asal Kayutaman, Pariaman (Sumatera Barat) yang kemudian berhijrah Makkah hingga wafat di kota suci itu.

Syaikh Isa b. Udik pergi serta ke Makkah bersama saudaranya yang bernama Syaikh Mahmud b. Udik (dikenal dengan Engku Hitam). Di Makkah pula Syaikh Yasin b. Isa dilahirkan pada tahun 1916.

Sore hari Kamis (19/11) ini saya bersama Kiyai Ma’ruf Khozin dan Buya Shafwatul Bari berkesempatan menziarahi kampung halaman asal orang tua Syaikh Yasin yang terletak di Desa Kayutanam, 2 X 11 (Duakali Sebelas) Enam Lingkung, Padang Pariaman.

Baca juga: Menziarahi Masjid Tua Mapane: “Titik Nol” Islam di Tanah Poso

Di kampung Kayutanam ini masih dijumpai masjid, surau dan rumah pusaka keluarga besar Ibu Syaikh Yasin (istri Syaikh Isa).

Ibu Syaikh Yasin ternyata masih kerabat dari Dr. Moehammad Djamil (w. 1962), seorang negarawan dan dokter kebanggaan masyarakat Minangkabau.

Rumah pusaka Ibunda Syaikh Yasin ini berarsitektur Belanda. Syaikh Yasin pun pernah berkunjung ke rumah pusaka Ibundanya itu pada tahun 1970/80-an.

Konon, anak dan cucu Syaikh Yasin yang sudah berkewarganegaraan Saudi Arabia pun masih rutin mengunjungi rumah ini. Wallahu A’lam.

Kayutanam, Rabi’ul Tsani 1442 Hijri

A. Ginanjar Syaban
A. Ginanjar Syaban
Nama lengkapnya Dr. Ahmad Ginanjar Sya'ban, MA. Filolog Muda NU ini adalah pakar naskah Islam Nusantara. Sehari-hari menjadi dosen di UNU Jakarta, dan aktif menulis juga menerjemah buku-buku berbahasa Arab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Zain Al-Wadud Syarah Nazham Al-Maqshud Karya Santri Sarang yang Kuliah di Al-Azhar

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang digunakan oleh jutaan umat manusia. Bahkan dijadikan sebagai bahasa resmi di beberapa negara, terutama negara...

Hukum Melewati Orang Shalat dan Pandangan Ulama Tentang Sutrah

Tidak jarang ketika seseorang menunaikan shalat baik sendiri atau berjamaah, tiba-tiba ada orang melintas di depannya. Bisa jadi orang yang berjalan tadi...

Kisah Nabi Adam Saat Pertama Kali Turun ke Bumi

Menurut Imam Ibnu Abbas, Nabi Adam dan Hawa berada di surga selama setengah hari saja, menurut hitungan akhirat. Kalau menurut hitungan dunia...

Mengenal Istilah Amrad dalam Fikih dan Hukum Melihatnya

Para ulama fikih memiliki kaidah-kaidah universal yang menjadi patokan mereka dalam menetapkan sebuah hukum. Salah satunya: Adh-Dhararu Yuzalu, "marabahaya harus dihilangkan".

Kisah Cinta Abdullah bin Salam dan Akhlak Mulia Cucu Rasulullah, Husain bin Ali

Yazid bin Muawiyah mendengar kabar kecantikan Zainab binti Ishaq, istri Abdullah bin Salam al-Qurasyi. Zainab merupakan sosok perempuan paling cantik, paling berakhlak,...