Desa Nimrat Al Basal terletak di provinsi Al Gharbiyah, termasuk salah satu Kegubernuran di Mesir yang terletak di tengah delta sungai Nil. Wilayahnya berbatasan dengan Kafr Ash-Shaykh di Utara, Al-Minufiyah di Selatan, Al-Buhayrah di Barat, Al-Qalyubiyah, Ad-Daqahliyah di Timur.
Desa Nimrat Al Basal melahirkan banyak ulama mazhab Syafi’i dan juga ahlul Qur’an secara turun-temurun di Mesir dari keluarga Syahawi. Disemayamkan juga di dalamnya Syeikh Muhammad Syahawi, guru dari Imam Suyuthi, juga Syeikh Abdul Hamid Syahawi guru dari guru mulia Syeikh Abdul Aziz Syahawi.
Seperti halnya di desa-desa Indonesia yang mempunyai tradisi membaca shalawat dan juga taradhi yang diucapkan untuk mendoakan empat khalifah pengganti Rasulullah saw, di desa ini juga mempunyai tradisi yang sama seperti itu di sela shalat tarawih. Sudah ada sejak dahulu kala, diwariskan secara turun temurun. Dimulai dengan membaca secara berjamaah di awal sholat tarawih.
نبدأ بالصلاة والسلام على الهادي شفيع الأنام، صلوا يا حُضار، على النبي المختار، صاحب الأنوار وسيد الأبرار، القمرُ لأجله انتَصَفْ، عفا الله عما سلف
Lalu di shalat kedua bilal membaca:
ومَن بعده الصديق، الشفيق الرفيق، رفيق ونعم الرفيق، صاحب المختار، ومؤنسه في الغار، أمين الأسرار، خليفة ونعم الخلف، عفا الله عما سلف.
Di shalat keempat bilal membaca:
الأمير بعده، المولى فَارَضَ حُبَّهُ، زينة الأصحاب، حاكم بالكتاب، ناطق بالصواب، سيدنا عمر بن الخطاب، خليفة
ونعم الخلف، عفا الله عما سلف.
Di shalat keenam bilal membaca:
ثم نمدح ثالثَهم مَن بالخير جالسَهم، حبيب الرحمن، عدو الشيطان، جامع القرآن، سيدنا عثمان خليفة ونعمل الخلف، عفا الله عما سلف.
Di shalat kedelapan bilal membaca:
الرابع وصيه سيدنا علي، ولي ونعم الولي،صاحب القبول ناصر الرسول، وزوج البتول، سيف الله المسلول، مقامه في أرض النجف، عفا الله عما سلف.
Dan juga diselingi di antara dua rakaat tarawih dengan tiga kali shalawat kepada baginda Nabi Muhammad saw, secara berjamaah.
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد
Ada juga di beberapa desa di Mesir yang menambahkan membaca surat al-Ikhlas secara berjamaah di sela-sela rakaat tarawih. Lalu bagaimana hukumnya?
Guru besar al-Azhar mazhab Syafi’i Maualana Syeikh Abdul Aziz Syahawi memberikan jawaban dalam permasalahan ini. Beliau berkata:
” كل شيء إذا كان أصله في الشرع الاستحباب فلا يعد فعله بدعة كالمصافحة عقب الصلاة. والصلاة على سيدنا النبي صلى الله عليه وآله وسلم والترضي على الصحابة رضوان الله عليهم بين ركعات التراويح أمر جائز ومشروع لا حرج فيه، ومما يشهده أن الدعاء بعد السلام مشروع ومطلوب. والله سبحانه وتعالى أعلم.
Segala sesuatu yang asli hukumnya sunnah seperti halnya bersalam-salaman setiap selesai shalat maka tidak dikatakan bid’ah jika dilakukan (di waktu manapun). Bershalawat terhadap Nabi Muhammad Saw, dan taradhi (mendoakan empat khalifah arrasyidin) di sela-sela tarawih merupakan perkara yang boleh dan dianjurkan, tidak ada masalah di dalamnya. Dan dalil yang mendukungnya adalah disunnahkahnya berdoa setelah salam. Wallahu A’lam.
Hal ini diperkuat dengan hukum asli bershalawat dan mendoakan sahabat. Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw, dalam mazhab Syafi’i adalah wajib pada waktu duduk di akhir shalat (duduk tahiyyat akhir) antara ucapan tasyahud dan salam dan hukum ini yang dipilih oleh Imam Syafi’i.
Terlepas dari banyaknya pendapat tentang hukum bershalawat yang ada, hendaknya kita selalu membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw, sebagai ta’dzim kita sebagai umat beliau, dan agar mendaptkan syafa’atnya kelak di hari kiamat.
Taradhi (mendoakan) sahabat, tabi’in, tabi’ tabi’in dan ulama hukumnya adalah sunah seperti yang dikemukakan Imam Nawawi. Dan para guru-guru kita selalu mengajarkan untuk mendoakan para sahabat setiap kali nama-nama mulia itu disebut, khususnya ketika membaca nama para sahabat yang meriwayatkan hadist.
Hukum bershalawat berdasar pada perintah Allah di dalam al-Quran:
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya selalu membaca shalawat kepada Nabi.”
Ayat ini mengandung perintah secara mutlak dan tidak terikat dengan zaman, tempat, perorangan dan juga keadaan. Kecuali apabila ada sebuah perintah yang mengkhususkan untuk melakukan hal tersebut maka yang paling utama adalah suatu amalan yang warid dikhususkan di waktu tersebut.
Sebagaimana membaca al-Quran adalah wirid yang paling baik, namun menjadi kurang apabila dibaca usai shalat, karena adanya dalil wirid khusus setelah shalat, begitu juga bershalawat kepada Baginda Nabi Muhammad lebih afdhal dari pada membaca al-Quran di malam Jumat dan harinya, karena adanya perintah untuk memperbanyak amalan tersebut.
Juga diperkuat dengan perkataan Imam Syafi’i yang menganjurkan untuk memperbanyak shalawat kepada Baginda Nabi Muhammad Saw setiap hari dan lebih khusus di malam Jumat dan harinya.
قال الإمام الشافعي: «يستحب الإكثار من الصلاة على النبي -صلى الله عليه وسلم- في كل يوم، ويزداد الاستحباب أكثر في يوم الجمعة وليلتها
Amalan membaca shalawat dan mendoakan empat sahabat di sela-sela rakaat tarawih hukumnya boleh, dan bahkan dianjurkan. Adapun yang tidak melakukannya tidak apa-apa, dan yang melakukanya juga baik. Permasalahan seperti ini tidak harus dibesar-besarkan. Sudah selayaknya menjaga kerukunan lebih diprioritaskan, dan melestarikan tradisi selama itu baik. Wallahu a’lam bissowab.