Scroll untuk baca artikel
SanadMedia
Pendaftaran Kampus Sanad
Ibadah

Bolehkah Membatalkan Puasa Sunnah karena Disuguhi Makanan?

Avatar photo
38
×

Bolehkah Membatalkan Puasa Sunnah karena Disuguhi Makanan?

Share this article

Tidak jarang ketika sedang berpuasa sunnah, baik puasa sunnah apapun, kita kebetulan sedang ada acara atau sedang berkunjung ke rumah tetangga, lalu disuguhi makanan dan minuman.

Kira-kira bagaimana sikap kita, meneruskan puasa sunnah atau membatalkannya?

Jawabannya ditafsil (diperinci). Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz Al-Malibari menjelaskan:

فروع يندب الأكل في صوم نفل ولو مؤكدا لإرضاء ذي الطعام بأن شق عليه إمساكه ولو آخر النهار. للأمر بالفطر ويثاب على ما مضى وقضى ندبا يوما مكانه فإن لم يشق عليه إمساكه لم يندب الإفطار بل الإمساك أولى قال الغزالي: يندب أن ينوي بفطره إدخال السرور عليه ويجوز للضيف أن يأكل مما قدم له بلا لفظ من المضيف نعم إن انتظر غيره لم يجز قبل حضوره إلا بلفظ منه.

  1. Jika tuan rumah akan merasa keberatan jika kita tidak memakan suguhannya, maka disunnahkan membatalkan puasa demi membahagiakan tuan rumah. Meskipun puasanya sunnah muakkad dan sudah berada di penghujung waktu puasa, sebab adanya perintah untuk membatalkannya. Namun ia disunnahkan untuk menggantinya di hari lain. Mengenai batalnya puasa, ia tetap mendapat pahala atas puasanya. Imam Al-Ghazali memerintahkan bagi yang berbuka, untuk berniat membahagiakan hati tuan rumah.
  2. Kemudian jika tuan rumah tidak merasa keberatan atau ia memaklumi kita, maka tidak disunnahkan untuk membatalkan puasa, bahkan meneruskan puasanya itu lebih utama. (Fath al-Mu’in bi Syarh Qurrat al-‘Ain bi Muhimmat ad-Din, hal. 493)

Yang demikian adalah dalam konteks puasa sunnah. Maka komentator kitab ini, Syekh Abu Bakar Syatha’ ad-Dimyathi mengatakan:

وقوله في صوم نفل: خرج به الفرض كنذر مطلق وقضاء ما فات من رمضان فيحرم الخروج منه ولو توسع وقته

Dikecualikan dari permasalahan ini, yaitu ketika yang bertamu itu berpuasa wajib. Seperti halnya sedang menjalani puasa nazar dan qadha’ dari puasa bulan Ramadhan, maka diharamkan membatalkan puasa, meskipun masa untuk mengganti kedua puasa tersebut masih lama. (I’anah at-Thalibin ala Hall Alfadz Fath al-Mu’in, 3/416)

Jadi harus dilihat konteksnya dulu. Tidak boleh membatalkan puasa jika puasanya wajib dan tuan rumah tidak merasa keberatan atau kecewa. Namun jika terlihat ada kekecewaan dari tuan rumah, maka disunnahkan untuk membatalkan puasa, jika itu puasa sunnah, dengan tujuan membahagiakannya.

Mengenai indikator kecewa atau keberatan dari tuan rumah, bisa dikira-kirakan sendiri, gestur tubuhnya pasti merepresentasikan suatu perasaan tertentu. Wallahu a’lam.

Kontributor

  • Ahmad Hidhir Adib

    Asal dari Pasuruan. Sekarang menempuh studi program Double degree di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada program studi PAI dan Fikih Muqaran dan tinggal Wisma Ma’had Aly UIN Malang.