Scroll untuk baca artikel
SanadMedia
Pendaftaran Kampus Sanad
Sanad Media

Khutbah Jumat: Beragama Islam dengan cinta

Avatar photo
75
×

Khutbah Jumat: Beragama Islam dengan cinta

Share this article

Tema khutbah kali ini akan mengangkat tema yang sangat penting dan relevan, yaitu “Beragama Islam dengan Cinta”. Dalam khutbah ini, akan dijelaskan bagaimana cinta menjadi inti dari ajaran Islam yang murni, mencakup hubungan kita dengan Allah SWT, Rasul-Nya, sesama manusia, bahkan seluruh makhluk di alam semesta.

Khutbah Pertama

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بسم الله الرّحمن الرّحيم، الحمد لله ربّ العالمين، والصلاة والسلام على سيّدنا ومولانا وشفيعنا وحبيبنا محمّد صلّى الله عليه وسلّم  أفضل الأنبياء وخاتم المرسلين وعلى  آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان مِن يومنا هذا إلى يوم النّهضة والدّين. اَمَّا بَعْد، فَيَا عِبَادَ اللهِ اِتَّقُوا للهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

فقد قال الله تعالى  في كتابه  الكريم  وهو أصدق القائلين : اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ :  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا وقال تعالى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

كُلُّنا على بركة الله، كُلُنا مِن أصحابِ الشَّفاعةِ رسول الله صلى الله عليه وسلّم.

Sidang Jum’at yang Dirahmati oleh Allah SWT

Izinkan Kami menyampaikan khutbah singkat dengan tema Konsep Beragama Islam Dengan Cinta.

Penjelasan tema Konsep Beragama Islam Dengan Cinta ini akan dapat dipahami melalui 3 (dua bagian), yaitu:

Bagian Pertama, Islam Agama Cinta dan Kedamaian.

Bagian Kedua, Sang Pembawa Risalah: Nabi Muhammad SAW Sang Juru Kedamaian.

Bagian KetigaSumber Hukum Islam dan Maqashid Syari’ah Sebagai Pesan Islam yang Damai.

 

 

  1. Islam Agama Cinta dan Kedamaian.

Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Musa al-Asy’ari sekaligus bertanya tentang kepada baginda Nabi SAW tentang agama Islam, dikutip dalam kitab Shahih al-Bukhari  karya Imam Abu Abdullah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim Mughiroh bin Bardizbah al-Ju’fi al-Bukhari (W 256 H) dan ditahqiq oleh Imam Muhammad Deeb al-Bugho, juz 1, halaman 13, nomor hadits ke 11 yang berbunyi:

قالوا يا رَسولَ اللَّهِ، أيُّ الإسْلامِ أفْضَلُ؟قالَمَن سَلِمَ المُسْلِمُونَ مِن لِسانِهِ، ويَدِهِ

شرح الحديث: هذا الحديثُ مِن جَوامعِ كَلِمِه صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ، وفيه يُرشِدُنا النبيُّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ إلى التَّحَلِّي بالآدابِ والأخْلاقِ الإسلاميَّةِ، الَّتي تَزيدُ الأُلفةَ والموَدَّةَ بيْن المُسلِمينَ. ومعْناه: أنَّ المسلِمَ الكامِلَ الجامعَ لخِصالِ الإسلامِ: هو مَن لم يُؤْذِ مُسلِمًا بقَولٍ ولا فِعلٍ، وخصَّ اللِّسانَ واليدَ؛ لكَثرةِ أخطائِهما وأضرارِهما.

  1. Sang Pembawa Risalah: Nabi Muhammad SAW Sang Juru Kedamaian.

Hal ini selaras dengan firman Allah SWT dalam QS. Al-Anbiya ayat 107:

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ

Artinya: Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.

Imam Wahbah Zuhaili (w. 2015) menuliskan sebuah kitab dalam disiplin ilmu tafsir yang berjudul Al-Tafsir al-Munir Fii al-‘Aqidah Wa al-Syari’ah wa al-Manhaj, juz 17, halaman 144 dikatakan:

{وَما أَرْسَلْناكَ.}. أي وما أرسلناك يا محمد بشريعة القرآن وهديه وأحكامه إلا لرحمة جميع العالم من الإنس والجن في الدنيا والآخرة، فمن قبل هذه الرحمة، وشكر هذه النعمة، سعد في الدنيا والآخرة، ومن ردّها وجحدها، خسر الدنيا والآخرة. وقيل: كونه رحمة للكفار: أنهم أمنوا به من الخسف والمسخ وعذاب الاستئصال

Misi Islam diantaranya terbagi menjadi 7 bagian:

Yang Pertama, Mengeluarkan Kebodohan Menuju Terang Benderang

يخرِجُ النّاسَ مِنَ الظّلمات إلى النّور

Yang Kedua, Memberantas Kebodohan/ Jahiliah

Yang Ketiga, Menjaga Persatuan Dan Kesatuan

وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖ

Artinya: Dan berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai. (QS. Ali Imran: 103)

Yang Keempat, Pencerahan Batin

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا

Artinya: Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian. (QS. Al-Isra: 82).

Yang Kelima, Memperbaiki Akhlak Mulia

إِنّما بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ (الحديث)

Yang Keenam, Mencegah Bencana Dan Kerusakan

وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا

Artinya: Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan. (QS. AL-A’raf: 85).

Yang Ketujuh, Mengangkat Harkat Dan Martabat Manusia

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِيْٓ اٰدَمَ

Artinya: Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam(QS. Al-Baqarah: 195)

 

  1. Sumber Hukum Islam dan Maqashid Syari’ah Sebagai Pesan Islam yang Damai.

Sumber hukum Islam terbagi menjadi dua yaitu: PertamaSumber Hukum Primer yang terdiri dari Al-Qur’an Dan Sunnah KeduaSumber Hukum Sekunder terdiri dari Qiyas, ‘Urf, Al-Maslahatul Mursalah, Istihsan, Qoul Shahabat, Ijma’ Ulama, Syar’u Man Qablana.

Tujuan Islam terangkum dalam Maqashidu asy Syari’ah yang dinarasikan oleh Imam Syathibi dengan istilah Kulliyah al-Khamsah yaitu:

Tujuan PertamaHifdzu Al-Din (Menjaga Agama)

كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ على الفِطْرَةِ، فأبَواهُ يُهَوِّدانِهِ، أوْ يُنَصِّرانِهِ، أوْ يُمَجِّسانِهِ (الحديث)

Tujuan Kedua, Hifdzu Al-’Aql (Menjaga Akal)

قِوامُ المرءِ عقلُهُ، ولادينَ لمن لا عقلَ لَهُ (الحديث)

Tujuan KetigaHifdzu Al-Nafs (Menjaga Jiwa)

وَاَنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَاَحْسِنُوْا ۛ

Artinya: Dan infakkanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuatbaiklah. (QS. Al-Baqarah: 195)

Tujuan KeempatHifdzu Al-Mal (Menjaga Harta)

وَّتُحِبُّوْنَ الْمَالَ حُبًّا جَمًّاۗ

Artinya: Dan kamu mencintai harta dengan kecintaan yang berlebihan.

Tujuan KelimaHifdzu Al-Nasl (Menjaga Keturunan)

وَلْيَخْشَ الَّذِيْنَ لَوْ تَرَكُوْا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعٰفًا خَافُوْا عَلَيْهِمْۖ فَلْيَتَّقُوا اللّٰهَ وَلْيَقُوْلُوْا قَوْلًا سَدِيْدًا

Artinya: Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar. (QS. An-Nisa: 9)

بَارَكَ اللهُ  لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ  بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والمؤمنين والمؤمنات فَاسْتَغْفِرُوْهُ  إِنّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرّحِيْم

Khutbah Kedua

اْلحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ

أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ ِ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.

اَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ ااِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْن، فقد قال الله تعالى  في كتابه  الكريم  وهو أصدق القائلين : اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ  بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ :

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ، بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

عِبَادَاللهِ إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِيْ الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ. يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُو االلهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْأَلُوهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِيْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ، أَقِيْمُوا الصَّلاَةِ.

Kontributor

  • Muhamad Reja Najib

    Mahasiswa di Universitas Hassan II Ain Chock Casablanca Maroko, Jurusan Ilmu Akidah dan perbandingan Agama.