Scroll untuk baca artikel
SanadMedia
Pendaftaran Kampus Sanad
Kisah

Kisah Ibnu Hajar melakukan sesuatu yang dia makruhkan

Avatar photo
39
×

Kisah Ibnu Hajar melakukan sesuatu yang dia makruhkan

Share this article

Ibnu Hajar al-Haitami seorang fakih yang terpandang, baik di dalam dan luar lingkungan mazhab Syafi’i. Beliau menjadi pemfilter dalam menjaga konstitusi hukum fikih syafi’i.

Ibnu Hajar dan Ar-Ramli diberi otoritatif untuk menyeleksi dan menstatuta pendapat yang beredar di kalangan Syafi’iyyah.

Karyanya yang paling monumental adalah Tuhfat al-Muhtaj, yaitu kitab yang mengomentari kitab indukan fikih Syafi’i, Minhaj at-Thalibin karya an-Nawawi..

Kitab Minhaj at-Thalibin dianotasi oleh beberapa akademisi fikih, seperti ar-Ramli dengan Nihayat al-Muhtaj, Khatib Syarbini dengan Mughni al-Muhtaj, Taqiyuddin as-Subki dengan l-Ibtihaj, Kamaluddin ad-Damiri dengan An-Najm al-Wahhaj, Syamsuddin az-Zabidi dengan Siraj al-Wahhaj, Jalaluddin al-Mahalli dengan judul Kanzur Raghibin. Dari kesemua judul tersebut, yang paling diunggulkan adalah karya Ibnu Hajar. Maka cukuplah hal ini menjadi bukti, bahwa beliau mempunya posisi khusus dalam bidang fikih.

Namun, Ibnu Hajar al-Haitami mempunyai pandangan yang cukup unik. Bahkan, beliau kadang tidak sejalan dengan pendapatnya sendiri. Dikisahkan dalam Tadzkir An-Nas:

رؤي الشيخ ابن حجر يصلي خلف الحنفي. فقيل له: كيف تقول بكراهة الصلاة خلفه، ثم تصلي معه؟ فقال: ذاك القول وهذا العمل.

Terlihat Ibnu Hajar bermakmun pada imam yang bermazhab Hanafi. Lantas beliau ditanya, “Mengapa engkau bermakmun padanya, bukankah kau menghukumi makruh?”

Ibnu Hajar menjawab, “Itu adalah pendapat dan  ini adalah perbuatan.” (Habib Ahmad bin Hasan al-Atthas, Tadzkir An-nas halaman 11)

Demikianlah bijaknya Ibnu Hajar, mungkin sekilas terlihat beliau orang yang tidak konsisten. Figur yang berbeda perkataan dan perbuatannya, namun jika diamati dengan seksama, inilah kebijaksanaan beliau.

Justru dengan tetap bermakmum pada imam yang bermazhab Hanafi, meski menurut beliau hukumnya makruh, sebab beda madzhab, yang demikian adalah dalam rangka menjaga keharmonisan dan kestabilan beragama dan bermazhab. Memanglah benar dihukumi makruh, tapi tidak lantas kita enggan bermakmum kepada mereka. Mengesampingkan masalah furu’iyah fikih demi menjaga keharmonisan sosial itu lebih didahulukan, yang demikian adalah salah sekian sifat bijak yang harus dimiliki elit agama, agar tidak terjadi chaos dalam internal agama, serta internal mazhab.

Sungguh tokoh yang sangat bijak. Mari kita kirimkan hadiah fatihah kepada Ibnu Hajar, agar beliau mendapat balasan yang terbaik dari Allah Azza wa jalla. Al-Fatihah.

Kontributor

  • Ahmad Hidhir Adib

    Asal dari Pasuruan. Sekarang menempuh studi program Double degree di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada program studi PAI dan Fikih Muqaran dan tinggal Wisma Ma’had Aly UIN Malang.