Scroll untuk baca artikel
SanadMedia
Pendaftaran Kampus Sanad
Artikel

Burdah Akhir Zaman Syeikh Salih Ja’fari, Imam Masjid al-Azhar pada masanya

Avatar photo
50
×

Burdah Akhir Zaman Syeikh Salih Ja’fari, Imam Masjid al-Azhar pada masanya

Share this article

Cinta pada baginda Nabi saw. merupakan pokok dari pada iman sebab tidaklah sempurna iman seseorang hingga menempatkan baginda Nabi saw. sebagai figur yang paling dicintai melebihi orang tua, anak, keluarga dan seluruh manusia lainnya.

Sebagaimana sabda beliau:

 لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى أَكُونَ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ وَلَدِهِ وَوَالِدِهِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ. متفق عليه

Tidak seorang pun di antara kalian beriman (dengan iman yang sempurna) sampai aku (Nabi Muhammad ) lebih dicintainya melebihi cinta pada anaknya, orangtuanya, dan seluruh umat manusia. HR. Bukhari-Muslim

QS. al-Tawbah ayat 24 juga menyatakan dan bahkan dalam ayat tersebut Allah swt. mengancam kepada setiap orang Mukmin yang tidak mendahulukan Allah swt. dan baginda Nabi saw. sebab lebih memilih orang tua, anak, saudara, istri, dan hartanya dengan ancaman serius.

Dua dalil ṣarīḥ (jelas) di atas mengisyaratkan bahwa mencintai baginda saw. adalah bentuk nyata mencintai Allah swt. Seseorang yang mencintai Tuhannya mesti mencintai Rasul-Nya, sebab baginda saw. adalah makhluk terkasih-Nya.

Memuji baginda Nabi saw. adalah perbuatan sunnah sebab ada taqrīr (ketetapan) baginda saw. Hal demikian pernah dilakukan oleh paman Nabi saw., yaitu sayyiduna Abbas bin Abdul Muthalib ra. hingga beliau mendapat doa baginda Nabi saw.: لا يَفْضُضِ اللهُ فَاكَ(Allah swt. tidak akan menanggalkan gigimu). Saat itu sayyiduna  Abbas ra. mengungkapkan syair:

وَأَنْتَ لَمَّا وُلِدْتَ أَشْرَقَتِ الْأَرْ ضُ وَضَاءَتْ بِنُورِكَ الْأُفُقُ

Di kala engkau dilahirkan, Bumi bersinar dan cakrawala berkilauan sebab cahayamu

وَنَحْنُ فِي ذَلِكَ الضِّيَاءِ وَفِي سُبْلِ الْهُدَى وَالرَّشَادِ نَخْتَرِقُ

Dan kami dalam gemerlap cahaya itu melebur di jalan tuntutan dan petunjuk

Sebuah syair pujian yang panjang, juga disampaikan oleh sahabat Ka’ab bin Zuhair ra. di hadapan baginda saw. yang masyhur sebagai qasidah Bint Su‘ād (بانت سعاد). Akibat lantunan sya’irnya ini, baginda saw. memberikan Burdah beliau pada sahabat Ka’ab ra. Qasidah Bint Su‘ād ini merupakan qasidah Burdah pertama sebelum masyhurnya qasidah Burdah milik Imam Busyiri qs.

Banyak ulama mengikuti sayyiduna Abbas ra. dan sahabat Ka’ab ra. yang merangkai bait-bait pujian, cinta dan kerinduan pada baginda saw. Dalam majelis-majelis ilmu tidak jarang bait-bait syair pujian itu dilantunkan oleh para murid bersama syeikh mereka untuk menghadirkan dalam hati figur tercinta, makhluk termulia, yaitu baginda Nabi saw.

Tidak hanya pada baginda saw., bait-bait syair pujian dan kecintaan juga terlantunkan pada kerabat, keluarga dan sahabat baginda saw. Hal ini merupakan sebuah keniscayaan sebab baginda saw. sendiri memuji dan mencintai sahabat-sahabat beliau itu. Semisal pada sayyiduna Abu Bakar ra., beliau bersabda:

 لو كنتُ متخذًا خليلاً (غير ربي) لاتَّخذتُ أبا بكر خليلاً، ولكنه أخي وصاحبي. رواه البخاري

“Seandainya saya dapat mengangkat figur yang terkasih (selain Tuhanku), niscaya saya akan memilih Abu Bakar, namun dia saudaraku dan juga sahabatku”. HR. Bukhari

Pada sayyiduna Ali bin Abi Thalib ra., Nabi saw. bersabda:

أَنْتَ مِنِّي بمَنْزِلَةِ هَارُونَ مِن مُوسَى، إِلَّا أنَّهُ لا نَبِيَّ بَعْدِي. رواه مسلم

“Kedudukanmu denganku itu layaknya Harun dan Musa, hanya saja bahwa tidak ada Nabi setelahku”. HR. Muslim

Pada keluarga beliau saw., seperti pada sayyiduna Hasan ra. (cucu beliau saw.) beliau bersabda:

اللَّهُمَّ إنِّي أُحِبُّهُ فأحِبَّهُ، وأَحِبَّ مَن يُحِبُّهُ. وقَالَ أبو هُرَيْرَةَ: فَما كانَ أحَدٌ أحَبَّ إلَيَّ مِنَ الحَسَنِ بنِ عَلِيٍّ بَعْدَ ما قَالَ رَسولُ اللَّهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم ما قَالَ. رواه البخاري

“Ya Allah, sungguh saya mencintai Hasan maka cintailah dia dan juga orang yang mencintai Hasan” Sahabat Abu Hurairah ra. berkata; “sejak sabda baginda ini, tidak ada orang yang paling saya cintai melebihi Hasan bin Ali”. HR. Bukhari

Hal yang sama juga disabdakan oleh baginda saw. mengenai sayyiduna Husain ra.:

حُسَيْنٌ منِّي ، وأَنا مِن حُسَيْنٍ ، أحبَّ اللَّهُ من أحبَّ حُسَيْنًا ، حُسَيْنٌ سبطٌ منَ الأسباطِ. رواه ابن ماجه

“Husain itu bagian dariku dan saya bagian dari Husain, Allah swt. mencintai orang yang mencintai Husain, Husain adalah salah satu cucu (baginda Nabi saw.)” HR. Ibn Majah

Dan berbagai riwayat akan banyak kita temui di dalam kitab-kitab Hadis tentang bagaimana keutamaan, pujian dan kecintaan baginda Nabi saw. pada para sahabat dan utamanya pada keluarga beliau (ahli bayt). Sebab itu, para perindu baginda saw. tidak hanya membuat syair Burdah memuji baginda saw. namun juga pada Ahli Bayt beliau saw. Sebagaimana Syeikh Salih Ja’fari al-Husaini qs., Imam Masjid Azhar menyusun Qasidah Burdah yang memuji sayyiduna Hasan-Husain ra.

Disampaikan oleh Mawlana Syeikh Fathi Hijazi al-Hasani al-Husaini ḥafiẓa Allāh ta‘ālā wa ra‘āh (Profesor Fakultas Bhs. Arab Univ. Al-Azhar, murid daripada Syeikh Salih, di mana beliau telah membersamainya 10 tahun),bahwa awalnya Syeikh Salih membuat bait syair pujian pada sayyiduna Husain ra. Hal ini dilakukan oleh beliau sebab ingin memuji kakek buyutnya.

Sebelum syair itu tuntas seluruhnya, beliau tertidur dan bermimpi sayyiduna Husain ra. yang sedang bersama sayyiduna Hasan ra. Dalam mimpi tersebut, sayyiduna Hasan ra. berkata: “Salih, engkau membuat pujian pada Husain tapi tidak membuatkan juga untukku?”

Syeikh Salih Ja’fari qs. menjawab; “wahai kakekku, tentu saja saat saya memuji kakekku Husain, engkau juga termasuk di situ”. Selepas mimpi itu, beliau menyelesaikan syair Qasidah itu dengan menyebut juga sayyiduna Hasan ra. dan juga hampir seluruh Ahli Bayt yang ada di Mesir.

Qasidah Syeikh Salih ini oleh Mawlana Syeikh Fathi dalam majelis pembacaan Burdah -di kediaman Gus Barra Pacet, tanggal 13 Oktober 2022- layak disebut sebagai Burdah Akhir Zaman. Sebab susunannya memiliki kaidah ‘ilm ‘arūḍ, aṣwāt, qawāfī selevel Burdah Imam Busyiri. Oleh Syeikh Salih Ja’fari, Qasidah ini diberi nama: al-Burdah al-Ḥasaniyyah al-Ḥusainiyyah.

Dalam Muqaddimah Burdah tersebut, Syeikh Salih bercerita bahwa beliau telah menyusunnya 45 tahun yang lalu. Namun baru dicetak dan disebarkan sebab perintah daripada sayyiduna Husain ra. Burdah ini (dawuh Syeikh Salih) akan menjadi sebab, futūḥ dan ittiṣāl. Berikut link kitab Burdah tersebut. Rabbunā Yaḥshurunā bi al-Nabī wa Ahli Baytihi wa Aṣḥābihi, Āmīn.

Kontributor

  • Bakhrul Huda

    Kord. Akademik Ma'had Jami'ah UINSA Surabaya dan Tim Aswaja Center Sidoarjo.