Scroll untuk baca artikel
SanadMedia
Pendaftaran Kampus Sanad
Tokoh

Syeikh Shalih Ja’fari, Cucu Nabi Pendiri Tarekat Ja’fariyah

Avatar photo
48
×

Syeikh Shalih Ja’fari, Cucu Nabi Pendiri Tarekat Ja’fariyah

Share this article

Syeikh Shalih bin Muhammad Shalih bin Muhammad Rifa’i al-Ja’fari adalah seorang wali besar yang menjadi Imam Masjid al-Azhar Kairo Mesir. Nasab beliau menyambung pada Imam Ja’far al-Shadiq bin Sayyid Muhammad al-Baqir bin Sayyid Ali Zainal Abidin bin Sayyid Husein bin Sayyid Ali bin Abi Thalib ra.

Syeikh Shalih Ja’fari lahir di Dongola, daerah Syamaliyah Sudan pada 15 Jumadil Akhir 1328 H. Di tanah kelahirannya ini, beliau menempuh pendidikan diniyah hingga hafal Al-Qur’an dengan baik. Di usia 19 tahun, beliau menuju ke keluarga besarnya kabilah al-Ja’afirah al-Alawiyah di kampung Salamiyah Qina Luxor Mesir, bermaksud meneruskan belajar di Azhar al-Syarif.

Di al-Azhar, beliau duduk di Kuliah Syariah hingga mendapatkan ijazah tertinggi setara doktor. Kemudian beliau dipercaya untuk menjadi Imam di Masjid al-Azhar dan mempunyai jadwal pengajian khusus di hari Jumat yang dihadiri oleh banyak orang dari berbagai kalangan

Syeikh Shalih Ja’fari merupakan pendiri dan Mursyid Tarekat Ja’fariyah Ahmadiyah Muhammadiyah, cabang dari Tarekat Sayyid Ahmad bin Idris. Guru futuh sekaligus Mursyid Syeikh Shalih Ja’fari adalah Sayyid Muhammad Abdul Ali; beliau dari ayahnya, Sayyid Abdul Ali; beliau dari Sayyid Muhammad Ali Sanusi; beliau dari al-Qutb Sayyid Ahmad bin Idris qaddasa Allah asrarahum.

Murid Syeikh Shalih Ja’fari terbilang cukup banyak. Terbukti acara haul beliau yang biasa diselenggarakan pada Kamis pertama bulan Rajab di Masjid Shalih Ja’fari daerah Darrasah Kairo, selalu dihadiri oleh banyak murid Tarekat Ja’fariyah dari berbagai penjuru wilayah Mesir bahkan dari Sudan serta negara-negara Afrika lainnya.

Syeikh Ali Jum’ah berkisah kenangan pribadi dengan guru tercintanya, Syeikh Shalih al-Ja’fari:

 

Majelis haul Syeikh Shalih Ja’fari diisi oleh para murid-murid beliau dengan pembacaan qasidah pujian untuk Baginda Nabi Muhammad saw. serta pengajian ilmiah. Hal ini sebab Syeikh Shalih pernah berwasiat pada para murid beliau:

ما عندنا لهو ولا غرور.. ولا خرافات ولا ظهور.. بل عندنا الله هو المقصود.. الواحد الموجود والمعبود

“Kami tidak memiliki suatu hiburan yang melalaikan zikir, atau kesombongan, atau takhayul, atau keinginan untuk dilihat, kami hanya memiliki Allah sebagai tujuan, Dzat yang Esa, Wujud dan Yang Disembah.”

Masjid Shalih Ja’fari

Kecintaan para salik Tarekat Ja’fariyah dan murid-murid Syeikh Shalih Ja’fari kepada guru mereka ini dibuktikan dengan pembangunan masjid di berbagai daerah dengan nama Masjid Shalih Ja’fari. Masjid-masjid itu didesain mirip seperti Masjid Shalih Ja’fari yang terletak di daerah Darrasah Kairo.

Tidak hanya itu, di masjid-masjid yang totalnya lebih dari 80 tersebut (laporan media elektronik al-Yawm al-Sābi’), juga ada makam yang posisinya mirip dengan makam Syeikh Shalih Ja’fari. Para murid yang mendirikan masjid tersebut ingin tafa’ulan secara totalitas pada guru mereka hingga tanah makamnya pun dibuat mirip makam sang guru.

Isyarat Meneruskan Belajar ke Al-Azhar

Ada sebuah isyarat kala sang Mursyid masih tinggal di tanah kelahiran. Saat itu ada penduduk desa yang membawa 1 jilid kitab Sahih Muslim yang disyarahi oleh Imam Nawawi. Syeikh Shalih meminjam kitab tersebut, dan dalam mimpi beliau melihat Sayyid Muhammad Abdul Ali sedang duduk di atas kursi dengan sebuah bekal bepergian di sampingnya.

Syeikh Shalih mendengar ada orang yang sedang berkata bahwa sesungguhnya Sayyid (Muhammad Abdul Ali) akan pergi ke al-Azhar Mesir. Maka Syeikh Shalih mendekati gurunya untuk musafahah mencium tangan. Saat Syeikh Shalih mendekat, gurunya itu berkata:

 العلم يؤخذ من صدور الرجال لا من الكتب

“Ilmu itu diperoleh dari belajar langsung dari ahlinya, bukan dari buku-buku.

Perkataan sang guru diulang-ulang hingga beliau terbangun dari mimpinya. Dari sini beliau sadar telah terilhami untuk meneruskan belajar ke Azhar Mesir.

Di al-Azhar beliau banyak bertalaqqi dengan Syeikh Muhammad Ibrahim al-Samaluti, Syeikh Muhammad Bakhit al-Muthi’i, Syeikh Yusuf al-Dajwi, Syeikh Habibullah al-Syanqithi (pengarang Zād Muslim).

Dari Syeikh Habibullah inilah Syeikh Shalih pertama kali mendapat lisensi mengajar di Masjid Sayyidina Husain menggantikan sang guru. Bahkan Syeikh Habibullah berkata:

أنت بركة هذا الدرس ، قد أجزتك بجميع إجازاتى ومؤلفاتى

“Engkau adalah berkahnya pengajian ini, saya sungguh telah mengijazahimu seluruh ijazah dan karyaku.”

Syeikh Shalih al-Ja’fari senantiasa ingat pesan sang guru untuk selalu membaca kitab Zād Muslim. Menurut sang guru, kitab tersebut telah disepakati oleh Imam Bukhari-Muslim, dan ditulis oleh Syeikh Habibullah dengan tidak membiarkan hal yang Syadz dan tidak berguna ada di kitab itu, oleh karena itu beliau gemar menyampaikan apa yang ada di kitab tersebut.

Kontributor

  • Bakhrul Huda

    Kord. Akademik Ma'had Jami'ah UINSA Surabaya dan Tim Aswaja Center Sidoarjo.