Ada yang menarik dari penjelasan Syekh Fathi Hijazi ketika menjelaskan firman Allah,
وإنك لعلى خلقٍ عظيم
Cobalah perhatikan bagaimana Allah memuji Nabi Muhammad saw. dengan redaksi yang menakjubkan!
Dalam ayat itu ada dua taukid (penguat): lafadz إن dan lafadz ل yang menunjukkan bahwa Rasulullah benar-benar memiliki akhlak yang amat tinggi.
Lafadz على biasanya bermakna di atas. Ibnu Malik mengatakan:على للاستعلا ومعنى في وعن
Seperti Anda mengatakan زيد على الكرسي (Zaid di atas kursi), خطيب على المنبر (Khatib di atas mimbar) dan lain-lain.
Tidak pas jika Anda mengatakan Rasulullah memiliki akhlak yang sangat agung! Yang benar adalah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berada lebih tinggi di atas akhlak yang agung. Beliau lebih agung daripada akhlak yang agung sekalipun!
Maka tidaklah benar mengatakan orang yang memuji Rasulullah adalah ghuluw, berlebihan. Sebab seberlebihan apapun pujian seseorang tidak akan mampu menyamai pujian Allah!
Alangkah memukau syair Ibnu Farid ketika “mengakui” kelemahan para penyair dalam memuji Rasulullah saw.
أرى كل مدح في النبي مقصرا
وإن بالغ المثني عليه وأكثرا
إذا الله أثنى بالذي هو أهله
عليه فما مقدار ما تمدح الورى
Aku lihat seluruh pujian kepada Kanjeng Nabi sangat kurang
Meski si pemuji mubalaghah dalam memuji dan memperbanyak pujian
Ketika Allah sudah memuji Rasulullah
Apalah arti pujian manusia?
Kemudian ada salah satu perkataan Syekh Ibrahim Khuli yang selalu saya renungkan. Beliau mengatakan, “Orang yang paling mentadzawwuqi (mencicipi dan merasakan) sebuah syair adalah Rasulullah saw sendiri!”
Saya diam sejenak ketika beliau mengatakan hal itu, lalu saya bertanya, “Maulana, bukankan Allah tidak mengajari Rasulullah saw. syair? وما علمناه الشعر وما ينبغي له“
Beliau menjawab, “Maksud ayat itu bukan demikian. Maksudnya di situ Allah tidak menjadikan Nabi seorang penyair!”
Baca juga: Syarah Kasidah Pujian “Kanjeng Nabi Muhammad”
Setelah pulang dars (ngaji), saya masih memikirkan perkataan itu. Setelah berhari-hari, saya menemukan pembenaran atas ucapan beliau.
Rasulullah saw. benar mentazawwuqi sebuah syair. Tak jarang beliau mengomentari syair-syair jahiliyah yang memiliki makna agung nan dalam. Jika tidak memiliki tazawwuq (cita rasa) itu, beliau tidak akan memuji beberapa syair yang beliau nilai bagus. Salah satu syair yang beliau puji dan beliau sifati sebagai perkataan paling jujur yang dikatakan orang Arab adalah syair gubahan Labid
ألا كل شيء ما خلا الله باطل # وكل نعيم لا محالة زائل
Beliau juga memuji syair Tharafah bin Abd yang berada di dalam Muallaqat
ستبدي لك الأيام ما كنت جاهلا # ويأتيك بالأخبار ما لم تزود
Salah satu dalil bahwa Rasulullah benar-benar mentazawwuqi sebuah syair, manakala beliau dipuji oleh Ka’ab Bin Zuhair dalam Qasidah Banat Suad,
إن الرسول لنور يستضاء به # مهند من سيوف الله مسلول
Rasulullah menangis ketika mendengar syair itu dan langsung memberikan burdah beliau kepada Ka’ab. Beliau benar-benar merasakan, mentazawwuqi satu bait syair itu!
Di situ, ada dua taukid: إن dan ل yang berfungsi memperkuat makna bait syair. Sungguh benar-benar Rasulullah adalah cahaya.
Baca juga: Kesalahan Membid’ahkan Perayaan Maulid Nabi
Zuhair tidak mengatakan رسول الله ذو النور (Rasulullah memiliki cahaya), tapi إن الرسول لنور (Rasulullah adalah cahaya). Hal itu serupa ketika Anda mengatakan عمر عدل (Sayyidina Umar adalah keadilan), tidak mengatakan عمر عادل (Sayyidina Umar orang yang adil). Seakan-akan keadilan adalah Sayyidina Umar dan Sayyidina Umar adalah keadilan. Seakan-akan keadilan di selain sayyidina Umar tidak apa-apanya dibanding keadilan beliau.
Demikian juga, dalam bait itu. Rasulullah adalah cahaya, dan cahaya adalah Rasulullah. Seakan-akan seluruh cahaya di alam raya tidak ada apa-apanya dibanding cahaya Rasulullah saw.
وكلهم من رسول الله ملتمس # غرفا من البحر أو رشفا من الديم
Allahumma Shalli ‘ala Sayyidina Muhammad
Denpasar, 19 Oktober 2020