Bagi penikmat fikih pasti tak asing dengan sosok Imam Abdullah Asy-Syarqawi. Beliau Grand Syeikh al-Azhar pada zamanya, Asy’ari dalam akidah bermadzhab Syafi’i dalam fikih dan bertarikat Khalwatiyah.
Beliau adalah jalur kelima dari silsilah keilmuan (sanad) Maulana Syeikh Abdul Aziz Syahawi, dilahirkan di timur, daerah Bilbis, Provinsi Syarqiyah, bagian utara Mesir.
Imam Syarqawi kecil seperti halnya ulama-ulama al-Azhar lainnya, menghafal al-Quran sebelum mencari ilmu. Berawal kepada gurunya di sebuah kuttab yang sederhana di desanya, lalu melanjutkan menuntut ilmu di Masjid al-Azhar. Di sini beliau menimba ilmu dari beberapa guru, di antaranya Imam Ahmad al-Malawi, Imam Ahmad al-Jauhari, dan al Imam al-Hifni.
Banyak karangan yang telah beliau lahirkan. Di antaranya dalam fikih ada Hasiyah Syarqawi dan juga syarah dari Nadzam Imriti (Nihayah Tadrib), juga dalam akidah Hasyiyah Syarqawi terhadap al Hudhudi, dalam tasawuf beliau menulis Syarah Hikam Atha’iyyah, dalam hadits beliau mengarang Fath al-Mubdi Syarh Mukhtasar Az-Zabidi, juga Syarh Mukhtasar Syamail Muhammadiyah, dst.
Dalam karangan-karangan itu, terlihat bahwa beliau adalah seorang alim nan sufi. Salah satunya dalam penjelasan beliau atas salah satu hadits di Mukhtashar Asy-Syamail, ketika Allah membangkitkan ayah dari salah seorang sahabat mulia dan juga perawi hadits, Sayyiduna Jabir bin Abdullah.
Ayahnya (Abdullah bin Amr bin Haram al-Anshari) adalah salah satu syuhada Uhud. Diriwayatkan oleh sahabat Jabir bin Abdullah dalam sebuah hadits di dalam Sunan at-Tirmidzi:
Suatu hari Rasulullah saw menemuiku lalu berkata, “Ada apa gerangan, kenapa aku melihatmu bersedih?”
Aku (Jabir) menjawab, “Wahai Rasulullah, ayahku telah syahid dalam perang Uhud, dan meninggalkan keluarga dan juga hutang.”
Kemudian Rasulullah berkata sembari menghiburnya, “Apakah kamu tidak ingin aku berikan kabar gembira?”
“Tentu saja mau wahai Rasulullah.” jawabku.
Lalu Rasulullah bercerita kepadaku, “Allah telah menawarkan kepada ayahmu apa yang ia mau. Lalu dia menjawab: Aku ingin dihidupkan kedua kalinya, dan ingin syahid lagi di jalan-Mu.”
Dalam untaian hadits di atas, Syeikh Syarqawi menjelaskan bahwa ini adalah tingkatan yang lebih tinggi dari derajat pasrahnya seorang sufi besar Abu Yazid al-Bustami, yang dikenal masyhur lewat perkataannya, أريد أن لا أريد (aku ingin untuk tidak ingin).
Dari sekilas penjelasan hadits di atas kita dapat melihat, bagaimana Imam Syarqawi menggabungkan penjelasan hadits disajikan dengan keindahan tasawuf.
Begitu juga yang selalu kami dengarkan dari Guru mulia Maulana Syeikh Abdul Aziz Syahawi ketika menjelaskan fikih. Tidak pernah bosan beliau juga membubuhkan pemahaman tasawuf di dalamnya agar hati tidak keras, tidak selalu memandang tidak sah ibadah yang tidak sesuai dengan fikih mazhab. Begitulah yang beliau ajarkan kepada kami.
Hasyiyah Syarqawi ala Tahrir dalam fikih merupakan salah satu hasyiyah yang paling beliau cintai. Banyak ungkapan beliau dalam menjelaskan fikih merupakan intisari dari pemahaman beliau atas hasyiyah ini. Juga beliau selalu bertawasul dengan Imam Syarqawi dalam doa-doanya :
وبِبَابِ الهُدَى الشَّرْقَاوِي خيرِ امرئٍ سَرَى # لخَالقِه حتَّى رَأَى مَشْهَدَ الهَنَا
Kairo, 20 Maret 2022