Scroll untuk baca artikel
SanadMedia
Pendaftaran Kampus Sanad
Artikel

Zakat Fitrah dengan Uang dalam Mazhab Maliki

Avatar photo
42
×

Zakat Fitrah dengan Uang dalam Mazhab Maliki

Share this article

Cukup masyhur bahwa di
antara mazhab fikih yang empat, mazhab Hanafilah yang membolehkan membayarkan
zakat dengan uang. Sementara jumhur ulama menolaknya. Namun sebetulnya bukan
hanya mazhab Hanafi saja yang membolehkan membayarkan zakat dengan uang. Dalam
mazhab Malik juga ada pendapat yang membolehkan

Mengenai membayarkan
zakat fitrah dengan uang ini
, dalam mazhab Malik ada 2 hikayat mazhab. Satu hikayat
mengatakan tidak sah sama sekali. Hikayat lain mengatakan boleh dibayarkan
dengan uang, hukumnya sah tetapi makruh.

Yang mengatakan tidak
sah adalah hikayatnya Ibnu Basyir dan Ibnul Hajib. Dan yang mengatakan sah
adalah hikayatnya al-Baji dan Ibnu Abdis Salam al-Maliki. Para ulama yang
mengatakan mazhab Malik tidak membolehkan membayarkan zakat dengan uang
berpedoman kepada hikayat yang pertama.

Namun sebetulnya juga
ada hikayat kedua yang membolehkan membayarkan zakat dengan uang. Hikayat ini
tidak kalah kuatnya karena dipedomani oleh ulama besar dalam mazhab Malik,
seperti imam Dardir dan murid beliau as-Shawi

Dalam Hasyiah Shawi
atas Syarah
Shaghir
:

قال في حاشية الأصل بل
الموجود في المذهب طريقتان: عدم إجزاء القيمة مطلقا وإجزاؤها مطلقا، فعدم الإجزاء
لابن الحاجب وابن بشير، وقد اعترضه في التوضيح بأنه خلاف ما في المدونة، ومثله
لابن عبد السلام والباجي من أن المشهور فيه الإجزاء مع الكراهة، هذا زبدة ما في
حاشية الأصل، وفي تقرير المؤلف ما يوافقه؛ فما تقدم أول باب الزكاة من عدم إجزاء
القيمة بدل الشيء الواجب في المواشي وغيرها مبني على إحدى الطريقتين هنا فليحفظ
هذا المقام

Dalam Syarah Shaghir
karangan
Imam Dardir:

(أو)
دفع (جنسا) مما فيه الزكاة (عن غيره) مما فيه زكاة؛ لم تجزئه، كأن دفع ماشية عن
حرث أو عكسه. ومراده بالجنس: ما يشمل الصنف؛ فلا يجزئ تمر عن زبيب ولا عكسه ولا
شيء من القطاني عن آخر ولا زيت ذي زيت عن آخر ولا شعير عن قمح أو سلت أو ذرة أو
أرز (إلا العين) ذهبا أو فضة يخرجها (عن حرث وماشية) بالقيمة (فتجزئ بكره) أي مع
كراهة، وهذا شامل لزكاة الفطر

Juga dalam Syarah
Shaghir
pada pembahasan zakat fitrah:

(من
أغلب قوت أهل المحل من) أصناف تسعة: (قمح أو شعير أو سلت أو ذرة أو دخن أو أرز أو
تمر أو زبيب أو أقط) وهو يابس اللبن المخرج زبده. وقوله: (فقط): إشارة لرد قول ابن
حبيب بزيادة العلس على التسعة المذكورة، فعلى قوله تكون الأصناف عشرة. فيتعين
الإخراج مما غلب الاقتيات منه من هذه الأصناف التسعة، فلا يجزئ الإخراج من غيرها

Kemudian komentar
as-Shawi:

قوله:[فلا يجزئ الإخراج
من غيرها]: أي إذا لم يكن ذلك الغير عينا وإلا فالأظهر الإجزاء لأنه يسهل بالعين
سد خلته في ذلك اليوم (اهـ. تقرير مؤلفين
)

Dari sini bisa
disimpulkan membayarkan zakat dengan uang dalam mazhab Malik juga sah, termasuk
zakat fitrah. Namun dibandingkan dengan mazhab Hanafi yang juga membolehkan
membayarkan zakat dengan uang, setidaknya ada 3 perbedaan:

1. Dalam mazhab Malik
meskipun sah tapi hukumnya makruh. Sementara dalam mazhab Hanafi malah lebih
afd
al dibayarkan uang.

2. Mazhab Malik tidak
mensyaratkan kepemilikan nishab dalam syarat wajib zakat fitrah. Orang yang
memiliki sha’ lebih dari kebutuhan pokoknya dan keluarganya pada hari raya
sudah kena kewajiban zakat fitrah. Maka kita bisa terhindar dari isykal nishab
yang ada kalau kita mengikut rincian zakat fitrah mazhab Hanafi yang
mensyaratkan kepemilikan nishab

3. Jika ingin
membayarkan dengan uang, mazhab Hanafi mensyaratkan patokan harga yang dipakai
adalah harga dari salah satu barang yang empat; yaitu gandum, jelai, kurma dan
kismis. Bukan harga beras. Sementara mazhab Malik tidak mensyaratkan demikian.
Dalam mazhab Malik zakat fitrah yang dibayarkan adalah makanan pokok yang
dominan di kawasan masing-masing. Termasuklah di sana beras bagi yang makanan
pokoknya adalah beras. Beras merupakan salah satu dari sembilan makanan pokok
yang dinashkan dalam mazhab Malik. Maka zahirnya, berpatokan dengan harga beras
pun juga boleh.

Tetapi mengikut mazhab
Malik dalam hal ini juga memiliki konsekuensi:

1. Dalam mazhab Malik,
mustahik zakat fitrah hanya fakir miskin saja, bukan ashnaf yang delapan. Orang
yang membayarkan zakat fitrah kepada amil, muallafah, budak, ibnu sabil, fi
sabilillah, atau gharim, bukan dengan status mereka sebagai fakir miskin, maka
zakat fitrahnya tidak sah. Malikiyah berpendapat ashnaf yang delapan itu
ditujukan untuk zakat mal, bukan zakat fitrah
.

2. Dalam mazhab Malik,
waktu wujub zakat fitrah adalah dengan tenggelamnya matahari pada hari terakhir
Ramadhan, atau dengan terbitnya fajar hari pertama Syawal, ada 2 pendapat.
Kalau ingin dibayarkan lebih cepat maka juga boleh. Ini yang diistilahkan
dengan ta’jil zakat. Tapi yang jadi catatan Malikiyah hanya membolehkan ta’jil
zakat 2 hari sebelum waktu wajibnya saja. Berbeda dengan mazhab Syafi’i yang
membolehkan ta’jil dari awal Ramadhan. Maka jika kita mengikuti mazhab Malik,
panitia yang membagikan zakat fitrah harus berhati-hati dan memastikan zakat
itu disalurkan paling cepat 2 hari sebelum lebaran
.

Catatan:

1. Bagi warga Indonesia
yang tinggal di Mesir, kalau ingin membayarkan zakat fitrah dengan uang
mengikut rincian mazhab Malik maka standar harga yang harus dipakai adalah
harga gandum, bukan harga beras, meskipun makanan pokok orang Indonesia adalah
beras. Karena zakat fitrah yang wajib dikeluarkan adalah makanan pokok yang
ghalib/dominan di kawasan itu, bukan makanan pokoknya muzakki. Ini harus
menjadi perhatian. Makanan pokok yang ghalib/dominan di Mesir adalah gandum.
Harga gandum di Mesir biasanya lebih murah dibandingkan beras

2. Selain mazhab Hanafi
dan Maliki, juga ada beberapa ulama mujtahid yang dinukilkan membolehkan
membayarkan zakat fitrah dengan uang. Namun masalahnya setau saya belum ada
yang bisa mendatangkan rincian pembayaran zakatnya menurut ulama-ulama mujtahid
tersebut. Padahal dari satu mazhab ke mazhab lain rinciannya bisa sangat
berbeda, meskipun sama-sama membolehkan uang. Orang yang membolehkan
membayarkan zakat fitrah dengan uang, berpedoman kepada ulama-ulama mujtahid
tersebut, tapi tidak menjelaskan rinciannya dalam mazhab mereka, saya kira ini
tasahul dan kurang bertanggung jawab. Sebisa mungkin kita tetap berada dalam
koridor mazhab fikih yang empat, mazhab yang telah ditahrir secara utuh
pendapat-pendapat para imamnya dengan sangat baik
.
Semoga bermanfaat.

Wallahu ta’ala a’la wa
a’lam
.

 

Kontributor

  • Khalilul Rahman

    Khalilur Rahman, Lc. Dipl. Mengenyam pendidikan Madrasah Sumatera Thawalib Parabek dan Universitas Al-Azhar.