Youtube

Rahasia Tersembunyi Al-Fatihah yang Jarang Orang Ketahui

18 Aug 2020 12:38 WIB
5549
.
Rahasia Tersembunyi Al-Fatihah yang Jarang Orang Ketahui

Sebuah rahasia tersembunyi di dalam surat Al-Fatihah yang sangat jarang orang ketahui. Rahasia ini begitu sederhana namun merupakan kunci pembuka dari terciptanya alam semesta.

Ia mengandung nama Allah yang ‘dengan-Nya’ sesuatu tercipta dan ‘dengan-Nya’ sesuatu akan tercipta.

Imam Nasafi, seorang cendikiawan Islam abad pertengahan dari Samarkand pernah berkata, “Semua rahasia Al-Qur’an ada dalam Al-Fatihah, dan semua rahasia Al-Fatihah, ada dalam 19 huruf…”

Setiap surat, ayat bahkan huruf dalam Al-Qur’an pasti memiliki rahasia, namun Al-Fatihah memang berbeda. Namanya mengandung makna pembuka, gelarnya adalah Asy-Syafiyah (Penyembuh) dan Al-Kafiyah (Yang Mencukupkan); Isyarat bahwa surat ini memang pelipur lara dan pencukup dari kekurangan yang melanda

Nabi Muhammad Saw mensabdakan bahwa Al-Fatihah adalah surat terbaik dalam Al-Qur’an dan bahkan ia merupakan sebuah surat yang tidak pernah diturunkan kepada umat para nabi sebelum Muhammad.

Al-Fatihah mengisyaratkan kandungan Al-Qur’an.  Setiap ayatnya menjabarkan tentang prinsip dan tujunan ajaran agama yang meliputi akidah, ibadah, syariah dan  keyakinan atas hari akhir.

Surat ini dinamakan Al-Fatihah karena letaknya yang berada di awal Al-Qur'an. Jika kita menganalogikan dengan sebuah buku, di dalam pembukaan sebuah buku, biasanya dijelaskan secara global mengenai isi buku tersebut.

Begitu juga dengan Al-Quran. Seluruh isi kandungan Al-Quran, secara garis besar dijelaskan dalam surat yang terdiri dari 7 ayat ini. Oleh karenanya, Al-Fatihah juga dinamakan sebagai ummu al-kitab, Induknya Quran.

Jika Al-Qur’an diibaratkan kota ilmu, maka Al-Fatihah tentu merupakan pintunya.

Selayaknya pintu, ia memiliki kunci sebagai wasilah untuk menyingkap semua kejadian di balik kota tersebut.

Lalu, apa kunci dari Al-Fatihah yang sekaligus kunci dari terbukanya rahasia-rahasia Al-Qur’an?

Simak penjelasan Syekh Solahuddin Fahkry, seorang ulama asal Lebanon yang akan menjabarkan rahasia penting dari Al-Qur’an disertai ijazah menghilangkan kegalauan dan kegundahan.

Hanya di Sanda Media, “Baca, Sebelum Bicara”

Redaksi
Redaksi / 438 Artikel

Sanad Media adalah sebuah media Islam yang berusaha menghubungkan antara literasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Mengampanyekan gerakan pencerahan melalui slogan "membaca sebelum bicara". Kami hadir di website, youtube dan platform media sosial. 

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: