Infografik

Biografi Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan

04 Jan 2022 12:13 WIB
2550
.
Biografi Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan

Syaikhona Muhammad Kholil adalah ulama Nusantara yang kharismatik dari Bangkalan Madura.

Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan lahir pada 9 Shafar 1252 H bertepatan dengan 25 Mei 1835 M dari pasangan KH. Abdul Lathif dan Syarifah Khodijah.

Latar belakang intelektual Syaikhona Kholil Bangkalan “berdarah-nasab” akademis kepada Sunan Gunung Jati Jawa Barat melalui jalur sang ayah KH. Abdul Lathif.  Ayah Abdul Lathif adalah Kiai Hamim putra dari Kiai Abdul Karim bin Kiai Muharram bin Kiai Asror Karomah bin Kiai Abdullah bin Sayyid Sulaiman yang merupakan cucu Sunan Gunung Jati. KH. Abdul Lathif mendambakan putranya kelak bisa mengikuti jejak Sunan Gunung Jati, karena memang masih terhitung keturunan.

Gelar Syaikhona yang bermakna guru kami, disematkan pada Kiai Kholil karena banyak muridnya menjadi ulama besar kemudian hari. KH Hasyim Asy'ari, pendiri organisasi Nahdlatul Ulama, salah satu muridnya yang paling masyhur.

Kiai Kholil Bangkalan menempuh proses pendidikan yang panjang dan berat. Beliau berpindah-pindah guru dari Madura hingga ke Mekkah. Dengan segala keterbatasan di zamannya, beliau bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu.

Saat ini sudah banyak manuskrip kitab karangan Syaikhona Kholil yang ditemukan. Ada sekitar 33 manuskrip kitab karangan beliau yang berhasil dilacak dan 8 kitab berhasil ditulis ulang dan diterbitkan dalam cetakan baru.

Syaikhona Kholil wafat di Martajasah Bangkalan pada Kamis 29 Ramadhan 1343 H bertepatan dengan 23 Apil 1925 M.

Redaksi
Redaksi / 402 Artikel

Sanad Media adalah sebuah media Islam yang berusaha menghubungkan antara literasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Mengampanyekan gerakan pencerahan melalui slogan "membaca sebelum bicara". Kami hadir di website, youtube dan platform media sosial. 

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: