Ibadah

Doa Rasulullah Saw untuk Aisyah dan Umatnya

25 Oct 2021 12:13 WIB
8928
.
Doa Rasulullah Saw untuk Aisyah dan Umatnya Diriwayatkan Sayyidah Aisyah sampai bahagia mendengar redaksi doa yang dipanjatkan Nabi. Dan doa itu ternyata diperuntukkan juga bagi umatnya.

Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani, sebagai pentolan ulama ahli Hadits memiliki karya yang berjudul Al-Khishol Al Mukaffiroh Li Al-Dzunub Al-Mutaqoddimah wa Al-Mutaakhkhiroh yang kami terjemah sebagai Amalan Pelebur Dosa Lintas Waktu; yang lampau hingga yang akan datang.

Dalam mukadimah, Al-Hafidz Imam Ibnu Hajar menegaskan bahwa Allah Mahakuasa untuk memberikan keutamaan akan beberapa amalan yang dikehendaki-Nya sebagai pelantara bagi pelakunya guna melebur dosa-dosanya.

Di samping itu, memang terdapat riwayat dari Sayyidah Aisyah Ummul Mukminin yang ditulis oleh Imam Ibnu Hibban dalam Kitab Shahihnya bahwa suatu saat Sayyidah Aisyah menyaksikan Rasulullah dalam keadaan sangat menawan. Lalu beliau meminta Nabi untuk mendoakannya.

Kemudian Rasulullah saw. berdoa:

اللهم اغفر لعائشة ما تقدم من ذنبها وما تأخر وما أسرت وما أعلنت

“Ya Allah, ampunilah Aisyah atas semua dosa-dosanya, yang lampau hingga yang akan datang, yang ia lakukan secara sembunyi-sembunyi maupun secara terbuka.”

Al-Hafidz Ibnu Hajar mencukupkan dalam menyebutkan hadits di atas hingga pada redaksi doa tersebut. Sebagai tambahan keterangan bagi pembaca, Muhaqqiq menampilkan kejadian pasca Rasulullah saw. mendoakan Sang Istri tercinta.

Mendengar doa yang dipanjatkan oleh Nabi, Sayyidah Aisyah tertawa lalu Nabi bertanya, “Apakah doaku menggembirakanmu?”

Sayyidah Aisyah menjawab, “Tentulah aku gembira dengan doa Panjenengan.

Lalu Hadhrotur Rosul menegaskan:

والله إنها لدعوتي لأمتي في كل صلاة

“Demi Allah, itulah doaku untuk ummatku di setiap shalat.”

Inilah salah satu potret rahmat Rasulullah. Beliau selalu berusaha memberikan kebaikan kepada seluruh umatnya. Maka berbahagia akan kelahiran Rasulullah sebagai pembawa rahmat adalah keniscayaan bagi setiap makhluk, kecuali mereka yang telah tertutup mata hatinya.

اللهم صل وسلم أفضل الصلاة والتسليم على سيدنا ونبينا محمد الرءوف الرحيم

Ahmad Roziqi
Ahmad Roziqi / 32 Artikel

Alumni Al-Azhar Kairo Mesir Fakultas Syariah Islamiyah. Mudir Ma'had Ali Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang Jawa Timur.

Khaerul waro
25 October 2021
Merinding baca ini karena senang dan terharu. Allahumma Shalli alaih.
Muthmainnah
25 October 2021
Jariyah tak terbatas Smg istiqomah dan selalu produktif ya...
Muhammad Machbub M
26 October 2021
Masya allah, begitu hebatnya nabi kita sampai sampai memikirkan ummatnya begitu dasyat. semoga kita mendapatkan kesempatan dengan bertemu nabi walaupun dalam mimpi. aamiin
ANDI MUSTOPA
26 October 2021
Masya Allah Disni bisa di ambil pelajaran betapa sayangnya Rasul terhadap ummat nya lantas kenapa masih ada sebagian kelompok maupun org yg masih mengingkari bahkan mengharamkan perbuatan rasa gembira dengan kedatangan hadrotur rosul yg biasa kita sebut ( maulid nabi Muhammad Saw ).
Anwar
07 October 2022
Kenapa DOA tulisannya BERANTAKAN ??? Apa tidak dikoreksi ?
hermanto
06 January 2023
*MasyaAllah Tabaarokallah*
Hj Mustaffa Hj Hassan
21 February 2023
Artikel sungguh informatif.
Ika Meutia N
12 November 2023
mau tanya itu hadist ibn hibban yg nomor berapa ya?

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: