Artikel

Mereka yang Terakhir Wafat dari Kalangan Sahabat dan Tabi'in

21 Nov 2020 03:31 WIB
5069
.
Mereka yang Terakhir Wafat dari Kalangan Sahabat dan Tabi'in Kurun sahabat hidup adalah 99 tahun, dimulai dari wafatnya Rasulullah pada tahun ke 11 H dan berakhir dengan wafatnya Abul Thufail pada tahun 110 H.

Sahabat yang wafat terakhir dari sepuluh sahabat yang mendapatkan kabar gembira berupa surga (Al-Asyaroh Al-Mubasyarina Bil Jannah) adalah Sa'ad bin Abi Waqqash. Beliau wafat di Madinah tahun 55 H.

Sahabat yang wafat terakhir dan dulunya mengikuti perang Badar adalah Abul Yasar Ka'ab bin Amr Al-Anshari. Beliau wafat di Madinah tahun 55 H.

Istri Rasulullah yang wafat terakhir adalah Ummu Salamah Al-Makhzumiyyah. Beliau wafat di Madinah tahun 62 H.

Sahabat yang wafat terakhir dan dulunya mengikuti Bai'at Aqabah adalah Jabir bin Abdillah Al-Anshori. Beliau wafat pada tahun 78 H.

Sahabat yang wafat terakhir dan dulunya mengikuti Bai'at Ridlwan adalah Amr bin Huraist. Beliau wafat di Makkah pada tahun 86 H.

Sahabat yang wafat terakhir dan dulunya mengikuti shalat di dua kiblat, Makkah dan Baitul Maqdis adalah Abdullah bin Busr Al-Mazini. Beliau wafat di Syam pada tahun 88 H.

Baca juga: Momen-momen Spesial Baginda Rasulullah Mendidik Sahabat

Sahabat yang wafat terakhir dan mempunyai riwayat yang banyak dari Nabi adalah Sahl bin Sa'ad Al-Sa'idi. Beliau wafat pada tahun 88 H.

Sahabat yang wafat terakhir dari kalangan sahabat yang memiliki hadist banyak adalah Anas bin Malik, khadim atau pelayan Rasulullah. Beliau wafat di Bashrah pada tahun 93 H.

Sahabat yang wafat terakhir di Madinah dan sewaktu kecilnya melihat Nabi Muhammad adalah Mahmud bin Ar-Rabi' Al-Khazraji. Beliau wafat pada tahun 99 H.

Sahabat terakhir yang wafat menurut kesepakatan ahli sejarah adalah Abul Thufail 'Amir bin Watsilah Al-Laitsi. Belum wafat di Makkah pada tahun 110 H.

Dari keterangan ini bisa kita ketahui bahwa kurun sahabat adalah 99 tahun, dimulai dari wafatnya Rasulullah pada tahun ke 11 H dan berakhir dengan wafatnya Abul Thufail pada tahun 110 H.

Tabi'in yang wafat terakhir serta banyak meriwayatkan hadist dan pernah berguru kepada Sayyidina Ali bin Abi Thalib adalah Abu Ishaq Al-Sabi'i Al-Hamadani. Beliau wafat di Kufah tahun 129 H pada masa-masa akhir pemerintahan Bani Umayyah.

Tabi'in yang wafat terakhir dan menjadi murid Sayyidina Ali bin Abi Thalib adalah Abdul Malik bin Umair Al-Kufi. Beliau wafat pada tahun 136 H pada masa pemerintahan Bani Abbas.

Tabi'in yang wafat terakhir dan termasuk salah satu tabi'in yang mempunyai riwayat hadits yang banyak adalah Sulaiman bin Mihran Al-A'masy. Beliau wafat pada tahun 148 H.

Baca juga: Kisah Seorang sahabat Masuk Islam di Tangan Tabi’in

Sedangkan tabi'in yang wafat terakhir adalah Khalaf bin Khalifah Al-Kufi. Umur beliau lebih dari seratus tahun. Beliau mengatakan bahwa saat berumur tujuh tahun melihat Amr bin Huraist, salah seorang sahabat Nabi. Beliau wafat pada tahun 181 H.

Sampai sini dapat kita ketahui bahwa antara wafatnya sahabat terakhir (110 H) dengan wafatnya tabi'in terakhir (181 H) memiliki selisih 71 tahun.

Bila kita hitung mulai tahun kelahiran Nabi, maka tahun terakhir hidupnya sahabat adalah 163.

Disarikan dari beberapa kitab Tarikh.

Ibnu Zen@
Ibnu Zen@ / 21 Artikel

Pernah nyantri di Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang di bawah asuhan KH. Maemun Zubair, Allahu Yarhamuh. Sekarang mengajar di di Pondok Pesantren An-Nasihun Kedungwuni Pekalongan.

Rusdi Abdullah Bashabih
13 May 2022
Bagaimana menentukan dari definisi final terkait tahun tabaqat tabi'en karena Ibnu Hajar, Imam Muslim, Imam Hakim dan Ibnu Sa'ad memiliki defenisi masing masing berbeda? adakah Ulama salaf belakangan terkait hal ini yg menjadi imam dalam pendapatnya? Terima kasih Jazakumullahu Khoiran. Mohon agar disempatkan menuliskan referensinya.
Berkah
08 January 2024
Ulasan mengenai para sahabat Rasul, terus tabi in terus tabi it thabi in kurang tepat ustadz. Yg namanya sahabat Rasul mereka yg melihat rosul dari kalangan Islam Yg melihat rosul, berarti sebelum rosululloh wafat , ketika rosululloh wafat abad 11 h umur seorang sahabat itu kira2 5 tahun berati klu umur sahabat itu hingga 100 tahun masa para sahabat Rasul berarti sampai tahun 106 h Catatan jika ada seorang sahabat Rasul yg terakhir wafat umur nya 100 THN berarti kurun masa sahabat cuma sampai 106 h , Begitu jg yg namanya tabi in ialah mereka dari kalangan Islam yg melihat sahabat Rasul. Kurang lebih berumur 5 THN . Nah jika seorang tabiin terakakhir itu berumur hingga 100 tahun , berarti kurun tabiin hingga tahun 200 h . Nah kita mengenal imam Syafi'i beliau termasuk dlm jajaran tabi it tabiin , karena iman Syafi'i lahir tidak melihat para sahabat Rasul

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: