Kisah

Di Balik Kecemerlangan Syekh Badiuzzaman Said An-Nursi

08 Nov 2021 11:44 WIB
1964
.
Di Balik Kecemerlangan Syekh Badiuzzaman Said An-Nursi Syekh Badiuzzaman Said an-Nursi, seorang cendikiawan muslim dan pakar ilmu kalam yang dikenal sebagai tokoh pembaharu Islam dari Turki.

Diceritakan tanda-tanda kecerdasan Syekh Badiuzzaman Said An-Nursi sudah tampak semenjak masih usia belia.

Ketika Said An-Nursi mulai masuk di Kuttab (tempat mengaji ), guru-gurunya sudah dibuat terheran-heran oleh daya ingatann, kecerdasannya, kedalaman dan ketelitiannya.

Hal inilah yang menjadikannya bisa mendapatkan ijazah di usia yang masih 14 tahun setelah mampu menguasai beragam ilmu aqliyah dan naqliyah.

Bahkan dikatakan, beliau hafal 80 kitab-kitab induk berbahasa Arab di luar kepala di umurnya yang masih terbilang muda, selain tentu sudah hafal Al-Qur’an sebelumnya. Termasuk dari kitab yang dihafalkannya adalah kitab buah karya Syekh Abdul Wahab Tajuddin As-Subki, Jam’ul Jawami’. Kitab tersebut mampu dihafal tidak lebih dari seminggu!

Dengan kehebatannya itu, kealiman Syekh Badiuzzaman Said An-Nursi mulai tersebar dan mengungguli para ulama sezamannya. Maka, terkenallah Syekh Said an-Nursi waktu itu dengan sebutan “Sa’id Al-Masyhur”.

Beliau lalu pergi ke sebuah kota bernama Tillo, dan tinggal beberapa saat di salah satu zawiyah. Di sana, beliau menghafal kamus yang besarnya tiga kali Al-Qur’an, Qamus Al-Muhith namanya, buah karya dari Syekh Fairuz Abadi. Beliau menghafalnya sampai Bab huruf Sin.

Baca juga: Pandangan Badiuzzaman Said An-Nursi tentang Tasawuf

Sa’id Al-Masyhur memang benar-benar kehausan akan ilmu pengetahuan. Setelah ilmu-ilmu agama sudah dia lahap, kini merambah ke Matematika, Astronomi, Kimia, Fisika, Geologi, Filsafat, dan Sejarah.

Sa’id An-Nursi tidak hanya sekedar kenal atau tahu kesemua ilmu itu. Dengan penguasaannya terhadap kesemua ilmu itu jika diperintahkan untuk mengarang, dia mampu untuk melakukannya. Dari sinilah, julukan “Badi’uzzaman” atau “Keajaiban Masa” tersemat di namanya. Sebagai pengakuan dari para ulama dan cendekiawan waktu itu akan kecerdasan dan ilmunya yang luas.

Dengan modal ilmu yang luas inilah, kiprah beliau berlanjut. Bahkan ada yang mengatakan, beliau adalah Tokoh Pembaharu atau Mujaddid di abad 13. Demikian yang termaktub dalam bukunya Syekh Ahmad Syukri, “Buhuts Al-I’Jaz Wa At-Tafsir Fii Rasaail An-Nur” dan bukunya Syekh Husaini Ashim, “Shirah Imam Mujaddid : Qabasaat Min Hayati Al-Imam Al-‘Allamah Badi’uzzaman Sa’id An-Nursi”.

Dengan kecerdasan, kecemerlangan, prestasi, kiprah, dan perjuangannya itu, ada yang penasaran bagaimana orang tua Syekh Badiuzzaman Said An-Nursi mendidik anaknya yang gemilang ini.

Dalam berbagai sumber, ayah dari Said an-Nursi yang bernama Mirza adalah orang yang sangat wirai, dan sangat berhati-hati dalam persoalan syubhat apalagi haram. Beliau tidak ingin ada sebiji gandum haram yang masuk di tubuhnya, apalagi di tubuh anak-anaknya. Sangking wira’inya, dikisahkan ketika beliau kembali dari menggembala, mulut hewan yang ia gembala diikat. Hal ini agar hewan-hewan gembalaannya tidak sembarangan makan rumput di tanah orang.

Sedangkan ketika ibunya yang bernama Nuriyah ditanya, menjawab, “Aku tidak pernah meninggalkan sholat Tahajud sepanjang hidupku, kecuali saat-saat udzur syar’i. Dan aku tidak pernah menyusui anakku (Said An-Nursi) kecuali dalam keadaan suci berwudhu.”

Dari kisah ini kita bisa melihat bahwa anak yang hebat, berasal dari orang tua yang hebat pula. Hebat dalam menjaga makanan untuknya dan untuk keluarganya, terlebih anak-anaknya.

Imam Syafi’i menjadi luar biasa seperti itu, pun juga bermula dari kehati-hatian ayahandanya dalam meminta halal buah yang terlanjur ia makan, padahal buah yang ia dapat dari arus aliran sungai.

Baca juga: Kisah Nuh bin Maryam Cari Menantu Hingga Lahir Abdullah bin Mubarak

Anak-anak Mbah Maimun Zubair menjadi orang saleh dan alim semua, pun juga bermula dari kehati-hatian beliau dalam mengelompokkan uang, agar untuk keluarga dan anak-anaknya mendapatkan makan dari hasil dagangnya. Dan masih banyak lagi contoh-contoh orang besar lainnya.

Bagaimana ingin mempunyai anak yang saleh dan punya kecerdasan yang luar biasa, kalau bapaknya saja sembarangan dalam makan, bahkan haram-haram pun di makan. Apalagi memberi nafkah keluarganya dengan hasil menipu, dengan hasil berbohong saat berdagang, dengan hasil mengurangi timbangan saat menimbang di pasar, dengan hasil rentenir, apalagi dengan hasil curian. Bagaimana bisa membuahkan anak yang serupa dengan Syekh Badiuzzaman An-Nursi?

Tidak hanya dari jalur bapak yang hebat. Pun ibunya juga harus ikut tirakat. Lihatlah sosok tirakat dari ibunda Said an-Nursi: mendoakan anaknya sepanjang hayat di pertengahan malam, menyusukan anak dengan keadaan suci lahir dan batin. Ibu-ibu sekarang boro-boro untuk berwudhu lebih dulu, menyusukan anaknya saja sembari main Hp dan IG. Bagaimana anaknya bisa hebat? Dari orang tuanya saja sudah tidak ada niat? Wallahu a’lam.

Kairo, 8 November 2021

Turoobul Aqdam
Turoobul Aqdam / 7 Artikel

Bernama asli Kamal Abdillah. Asal Pati Jawa Tengah. Belajar dan nyantri di Mathali’ul Falah Kajen, kemudian melanjutkan studi ke Universitas al-Azhar Kairo Mesir.

Deanne
11 November 2021
Hey there Do you have time to brush your dog's teeth every day? Let your dog clean his own teeth with our dog dental care brushing stick. Made of eco-friendly natural rubber, this toothbrush is sturdy. The soft design is safe for your dogs' gums and helps to clean their teeth and protect them from oral diseases and dental decay. Act Now And Receive A Special Discount! Click here: https://dogcare.center Cheers, Deanne
Adele
13 November 2021
Morning Meet your best Buds - True Wireless Earbuds with amazing sound, convenience, portability, & affordability! Order yours now at 50% OFF with FREE Shipping: https://musicontrol.shop The Best, Adele
Noo
14 November 2021
Nice biografi! Nice bung😁
Adriana
15 November 2021
Hey there CAREDOGBEST™ - Personalized Dog Harness. All sizes from XS to XXL. Easy ON/OFF in just 2 seconds. LIFETIME WARRANTY. Click here: https://caredogbest.com Regards, Adriana SANAD MEDIA : Membaca Sebelum Bicara
Tabatha Sample
09 May 2024
Hi there, I've just been on sanadmedia.com and wondered if you'd ever considered writing an eBook? Our software allows you to turn sanadmedia.com into a fully designed eBook. Just provide the content source, and the AI will do the rest. 1. Generate unique and human-like content, ensuring your eBook is engaging and informative. 2. Create stunning 3D eCovers to grab attention and make your book stand out. 3. Publish your eBook instantly on a built-in marketplace with potential buyers. 4. Distribute your book to over 50 publications to increase your reach and drive traffic. The price is just $16.95 but the price rises shortly. Learn more: https://furtherinfo.org/v2n0 Regards, Tabatha

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: