Berita

Nol Kasus Covid-19, Arab Saudi Sukses Gelar Ibadah Haji

23 Jul 2021 08:44 WIB
149
.
Nol Kasus Covid-19, Arab Saudi Sukses Gelar Ibadah Haji

Rencana kesehatan haji tahun 2021 yang dijalankan pemerintah Arab Saudi telah berhasil, ditandai dengan tidak ditemukan kasus jemaah yang terpapar virus Covid-19.

Demikian Menteri Kesehatan Arab Saudi Dr. Tawfiq Ar-Rabiah mengumumkan pada Kamis (22/7).

 “Penyelenggaraan ibadah haji berhasil, tanpa ada kasus Covid-19 atau penyakit epidemi lainnya yang dilaporkan,” katanya dilansir Aawsat.

Awal pekan ini, Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, memuji Kerajaan Arab Saudi atas langkah-langkah pencegahan yang telah diambilnya untuk melindungi para jemaah.

 “Ketika orang-orang muslim berkumpul untuk menunaikan haji tahun ini, kami menyambut baik perencanaan kesehatan masyarakat dan langkah-langkah yang telah diambil Arab Saudi untuk memastikan keselamatan jemaah haji dan komunitas mereka selama pandemi," katanya dalam sebuah tweet.

Dr. Tawfiq mengatakan bahwa semua lembaga pemerintah yang melayani jemaah haji telah melakukan upaya besar dalam melaksanakan rencana kesehatan haji untuk mencegah terjadi infeksi dan penularan virus selama musim haji.

Dia juga berterima kasih kepada Khadimul Haramain Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman atas “dukungan tak terbatas” mereka berdua kepada Kementerian Kesehatan dan segenap staf pegawainya, serta semua lembaga pemerintah yang ambil bagian dalam penyelenggaraan haji.

Haji tahun 2021 dibatasi untuk 60.000 warga Saudi yang divaksinasi atau warga negara luar yang berada di Arab Saudi.

Sebelumnya, pada hari Selasa (20/7), Raja Salman bin Abdulaziz mengatakan bahwa kerjasama dunia Islam menyebabkan keberhasilan haji tahun ini.

Raja Salman menyoroti solidaritas dari pelbagai negara dan keputusan lembaga-lembaga keagamaan yang telah mendukung dan memuji langkah-langkah Arab Saudi dalam menyelenggarakan ibadah haji tahunan pada 2021 ini.

Dalam sebuah pernyataan pada hari raya Idul Adha lalu, dia menekankan bahwa sebagian besar upaya Kerajaan Arab Saudi telah berhasil membatasi dampak virus corona pada semua aspek kehidupan.

Dia memuji kesadaran besar jemaah haji dan kepatuhan mereka atas tindakan pencegahan kesehatan selama perjalanan suci mereka di tengah pandemi yang sedang berlangsung.

Arab Saudi telah berupaya meningkatkan kekebalan masyarakat dengan telah memberikan lebih dari 22 juta vaksin kepada warga dan warga asing yang tinggal di sana. "Langkah ini memungkinkan orang-orang untuk melaksanakan ibadah haji mereka dengan aman," terangnya.

Raja Salman menekankan bahwa Kerajaan telah mengambil sejumlah tindakan organisasi dan pencegahan untuk haji yang sejalan dengan standar kesehatan internasional.

Kerajaan Arab Saudi menerapkan sistem digital haji yang meningkatkan layanan teknologi kepada jemaah dan mengurangi jumlah karyawan dalam mengelola kerumunan di tempat-tempat suci untuk membatasi kemungkinan infeksi.


Redaksi
Redaksi / 284 Artikel

Membaca sebelum bicara

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: