Kisah

Sejarah Barhut (1): Sumur Terburuk di Muka Bumi yang Disebut Nabi

21 Aug 2021 09:28 WIB
12268
.
Sejarah Barhut (1): Sumur Terburuk di Muka Bumi yang Disebut Nabi

Hadramaut memendam berjuta khazanah Islam, Peninggalan-peninggalan dan tradisi-tradisi salaf masih dilestarikan. Sebut saja makam nabiyullah yang berada di padang pasir bawah gunung Ahgaf, atau terletak berdekatan dengan Sumur Barhut. Dinamakan demikian karena terletak di sebuah lembah bernama Barhut.

Keberadaan sumur Barhut telah diterangkan langsung oleh Rasulullah saw. dan para sahabat. Barhut sebagaimana dibuktikan juga oleh Syekh Ismail Haqqi, berada di daerah Ahgaf, sebuah perbukitan berpasir yang terbentang luas di provinsi Hadramaut Yaman.

Terdapat ciri-ciri yang membedakan sumur Barhut dengan sumur lainnya. Seperti munculnya asap berbau busuk, air yang kotor dan hitam pekat, dan lubang sumur yang amat dalam.

Syekh Muhammad bin Makram penyusun kitab Lisanul Arab menyatakan bahwa tidak ada satu pun orang yang mampu mencapai dasar sumurnya karena kedalamannya. Pada malam hari, suhu sumur terasa lebih panas dan terdengar suara teriakan orang-orang yang sedang disiksa, "Wahai Daumah, wahai Daumah!”

Di dalam kitab Ar-Ruh fi al-Kalam ala Arwah al-Amwat wa al-Ahya' miliki Ibnu al-Qayyim al-Jauziyah disebutkan bahwa Daumah adalah salah satu malaikat yang ditugaskan untuk menyiksa orang-orang kafir.

Disebutkan dalam kitab Al-Kabir bahwa sahabat Abdullah bin Abbas ra. meriwayatkan hadits dari Rasulullah Saw:

خير ماء على وجه الأرض ماء زمزم، فيه طعام الطعم وشفاء السقم، وشر ماء على وجه الأرض ماء بوادي برهوت بقية حضر موت كرجل الجراد من الهوام تصبح تتدفق وتمسي لا بلال فيها

"Sebaik-baik air di atas permukaan bumi ini adalah air zamzam, karena di dalamnya terdapat zat yang dapat mengenyangkan dan obat dari penyakit. Dan seburuk-buruk air di atas permukaan bumi adalah air dari sumur Barhut yang terletak di Hadramaut, seperti kumpulan belalang, yang pada pagi hari memancarkan air kemudian pada sore hari mengering hingga tidak terdapat berkas basah di atasnya." (HR. Thabrani)

Dalam riwayat lain, Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra. juga menuturkan tentang sumur Barhut:

شر وادٍ بين الناس وادي الأحقاف، هو واد بحضرموت يدعى برهوت، تلقى فيه أرواح الكفار، وخير واد وادي مكة، ووادٍ نزل به ادم بأرض الهند، وخير بئر في الناس بئر زمزم، وشر بئر في الناس بئر برهوت

"Sejelek-jelek lembah yang berada di tengah-tengah manusia ialah lembah Ahgaf, yaitu lembah yang terletak di Hadramaut dan sering disebut dengan nama Barhut. Di dalamnya arwah orang-orang kafir dikumpulkan. Sedangkan sebaik-baik lembah ialah lembah yang berada di Makkah, dan lembah yang ditempati Nabi Adam pertama kali (seusai turun ke dunia) di India. Dan sebaik-baik sumur di tengah-tengah manusia ialah sumur Zamzam, dan seburuk-buruk sumur di tengah-tengah manusia ialah sumur Barhut."

أبغض بقعة في الأرض إلى الله واد يقال له برهوت فيه أرواح الكفار.

"Tempat yang paling Allah benci di muka bumi adalah sebuah lembah yang disebut sebagai Barhut, di dalamnya arwah orang-orang kafir dikumpulkan."

Kemudian termasuk tanda kiamat antara lain kemunculan api dari Hadramaut yang akan menggiring manusia berkumpul ke suatu tempat. Para sahabat ra. bertanya kepada Rasulullah saw. perihal tempat yang harus dituju bila peristiwa itu terjadi. Beliau mengisyaratkan bahwa tempat yang paling aman adalah negeri Syam.

Selepas itu, Rasulullah saw. menerangkan lebih lanjut dengan mengatakan,

لَتَقْصِدَنَّكُمْ نَارٌ هِيَ الْيَوْمَ خَامِدَةٌ فِي وَادٍ يُقَالُ لَهُ: بَرْهُوتَ يَغْشَى النَّاسَ فِيهَا عَذَابٌ أَلِيمٌ تَأْكُلُ الْأَنْفُسَ وَالْأَمْوَالَ، تَدُورُ الدُّنْيَا كُلَّهَا فِي ثَمَانِيَةِ أَيَّامٍ، تَطِيرُ طَيْرَ الرِّيحِ وَالسَّحَابِ، حَرُّهَا بِاللَّيْلِ أَشَدُّ مِنْ حَرِّهَا بِالنَّهَارِ، وَلَهَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ دَوِيٌّ كَدَوِيِّ الرَّعْدِ الْقَاصِفِ. هِيَ مِنْ رُءُوسِ الْخَلَائِقِ أَدْنَى مِنَ الْعَرْشِ.

"Akan datang kepada kalian sebuah api yang saat ini masih padam, terletak di sebuah lembah yang disebut Barhut. Api itu akan menyelimuti  kalian dengan azab yang amat pedih, melenyapkan nyawa dan harta. Akan berkobar mengelilingi dunia selama delapan hari, menerbangkan burung-burung dan awan, suhunya akan terasa lebih panas pada malam hari dibanding siang hari, dan akan terdengar suara gemuruh petir serta halilintar di antara langit dan bumi. Ia berada di atas kepala para mahluk dan di bawah arasy." (HR. Ibnu Asakir dan Thabrani)

Faisal Zikri
Faisal Zikri / 69 Artikel

Pernah nyantri di Daarul 'Uulum Lido Bogor. Sekarang meneruskan belajar di Imam Shafie Collage Hadhramaut Yaman. Suka membaca, menulis dan sepakbola.

AHMAD FAQIH ALAWI
26 August 2022
Kak boleh kenalan
Fitri Hardiana Dewi
06 October 2022
MasyaAllah.. Sangat bermanfaat sekali. Syukron jazakallahu khairan khattsiiran

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: